Ismail, Wahid (2015) Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) dalam pembelajaran PKn di SMPN Satap 1 Tambelangan kelas VII Kecamatan Tambelangan Kabupaten Sumenep / Wahid Ismail. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ismail Wahid. 2014 Pendekatan Aktif Inovatif Kreatif dan Menyenangkan (PAIKEM) dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Satap 1 Tambelangan Kelas VII Kecamatan Tambelangan Kabupaten Sampang. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Arbaiyah Prantiasih M.Si (2) HJ. Yuni Astuti SH M.Pd Kata Kunci Pendekatan PAIKEM mapel PPKn. Upaya untuk dapat menghasilkan mutu pendidikan yang baik maka Pendekatan Aktif Inovatif Kreatif dan Menyenangkan (PAIKEM) dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMPN Satap 1 Birem Kelas VII Kecamatan Tambelangan Kabupaten Sampang menjadikan penulis ingin meneliti apakah pembelajaran PPKn dengan Pendekatan PAIKEM benar-benar dapat menumbuhkan keaktifan siswa untuk belajar menyenangkan sehingga kelas menjadi hidup tidak hanya sebagai pendengar yang pasif. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah Pendekatan PAIKEM dalam pembelajaran PPKn di SMPN 1 atap Birem Kelas VII Kecamatan Tambelangan Kabupaten Sampang (2) Apakah kendala atau hambatan dalam melaksanakan Pendekatan PAIKEM dalam pembelajaran PPKn di SMP 1 atap Birem Kelas VII Kecamatan Tambelangan Kabupaten Sampang (3) Bagaimanakah solusi dalam mengatasi kendala dalam Pendekatan PAIKEM di SMPN 1 atap Birem Kelas VII Kecamatan Tambelangan Kabupaten Sampang Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Deskriptif kualitaif yaitu teknik analisa data berupa narasi pada data yang bersifat naratif. Sedangkan metode yang digunakan untuk pengumpulan data terdiri dari metode wawancara dokumentasi dan observasi. Subjek dari penelitian ini adalah Siswa kelas VII SMPN Satap 1 Tambelangan. Berdasarkan temuan penelitian diperoleh hasil (1) penerapan PAIKEM berjalan dengan baik walaupun tidak sempurna (2) kendala penerapan PAIKEM di SMPN Satap 1 Tambelangan terdapat pada pengadaan buku paket dan sarana IT (3) solusi kendala PAIKEM dilakukan dengan menggunakan sarana dan media apa adanya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/51907 |
Actions (login required)
View Item |