Upaya Polisi dalam memberikan pendidikan berlalulintas kepada pelajar SMP di Kabupaten Kediri / Suhada' Abadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya Polisi dalam memberikan pendidikan berlalulintas kepada pelajar SMP di Kabupaten Kediri / Suhada' Abadi

Abadi, Suhada' (2015) Upaya Polisi dalam memberikan pendidikan berlalulintas kepada pelajar SMP di Kabupaten Kediri / Suhada' Abadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Abadi Suhada . 2015. Upaya Polisi Dalam Memberikan Pendidikan Berlalu Lintas Kepada Pelajar SMP di Kabupaten Kediri. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Suko Wiyono S.H M.Hum (II) Nuruddin Hady S.H M.H. Kata Kunci Polisi Pendidikan Berlalu Lintas Belakangan ini tidak sedikit bisa ditemukan pelajar Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Kediri yang oleh hukum belum diperkenankan mengendarai sepeda motor karena mereka belum memiliki Surat Izin Mengemudi sudah mengendarai sepeda motor. Adanya peristiwa pelajar SMP di Kabupaten Kediri yang mengendarai sepeda motor menunjukkan adanya ketidaktertiban dalam lalu lintas. Sesuai dalam Pasal 2 Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia disebutkan bahwa fungsi kepolisian adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat penegakan hukum perlindungan pengayoman dan pelayanan pada masyarakat. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pembahasan mengenai upaya polisi dalam memberikan pendidikan berlalu lintas kepada Pelajar SMP di Kabupaten Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui upaya yang dilakukan polisi dalam memberikan pendidikan lalu lintas (2) manfaat pemberian pendidikan berlalu lintas (3) kendala-kendala yang dialami Polisi serta cara mengatasi kendala dalam memberikan pendidikan berlalu lintas kepada pelajar SMP di Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif dipilih oleh peneliti karena peneliti ingin memahami gambaran Upaya Polisi Dalam Memberikan Pendidikan Berlalu Lintas Kepada Pelajar SMP di Kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan melalui proses reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini sebagai berikut. Pertama upaya polisi dalam memberikan pendidikan berlalu lintas kepada pelajar SMP di Kabupaten Kediri dilakukan melalui beberapa kegiatan yaitu (1) Kegiatan patroli keamanan sekolah (2) Kegiatan cara aman ke sekolah (3) Kegiatan pramuka saka bhayangkara (4) Kegiatan sosialisasi tentang lalu lintas (5) Sosialisasi integrasi pendidikan lalu lintas kedalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dan (6) penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas. Kedua manfaat dari keseluruhan kegiatan yang dilakukan oleh kepolisian kepada pelajar sekolah menengah pertama di Kabupaten Kediri dalam rangka pemberian pendidikan berlalu lintas yaitu (a) Menambah wawasan pelajar SMP tentang aturan lalu lintas (b) Pelajar SMP lebih tahu tentang penggunaan sarana lalu lintas (c) Pelajar SMP lebih tertib dan disiplin berlalu lintas (d) Pelajar SMP bisa ikut serta membantu pengaturan lalu lintas (e) Memperbaiki tingkah laku dan perbuatan pelajar SMP dalam berlalu lintas (f) Menambah tingkat keselamatan dan keamaan pelajar SMP di jalan (g) Menurunkan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas dikalangan pelajar SMP. Ketiga kendala yang dihadapi polisi dalam memberikan pendidikan berlalu lintas kepada pelajar SMP di Kabupaten Kediri dan cara mengatasi kendala tersebut yaitu (1) Kendala terbatasnya jumlah personil polisi khusunya personil Satuan lalu lintas Polres Kediri dalam melakukan pendidikan berlalu lintas kepada pelajar SMP di Kabupaten Kediri untuk mengatasi kendala tersebut kepala satuan lalu lintas menerbitkan surat perintah tugas untuk melakukan sosialisasi yang ditunjukkan kepada anggota Satlantas dari unit-unit lain di lingkungan Satlantas serta berkoordinasi dengan polisi sektor setempat untuk membantu memberikan kegiatan-kegiatan (2) Kendala waktu untuk pelaksanaan sosialisasi lalu lintas yang berbenturan dengan jam pelajaran sekolah pihak kepolisian mengatasi kendala tersebut dengan cara ketika pihak kepolisian memberikan sosialisasi lalu lintas mereka memberikan pada waktu upacara bendera hal ini dinilai efektif dan efisien karena pada saat upacara bendera semua pelajaran berada pada satu waktu dan tempat sehingga tidak menganggu jam pelajaran dan (3) Kendala sarana prasarana dan Fasilitas dalam melakukan penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas cara mengatasi kendala tersebut anggota telah menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan lain diluar standar Polisi Republik Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51904

Actions (login required)

View Item View Item