Penerapan prinsip-prinsip good governance oleh pemerintah desa dalam pelayanan publik di Desa Wonomulyo Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang / Evi Mayang Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan prinsip-prinsip good governance oleh pemerintah desa dalam pelayanan publik di Desa Wonomulyo Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang / Evi Mayang Sari

Sari, Evi Mayang (2015) Penerapan prinsip-prinsip good governance oleh pemerintah desa dalam pelayanan publik di Desa Wonomulyo Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang / Evi Mayang Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sari Evi Mayang. 2014. Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance oleh Pemerintah Desa dalam Pelayanan Publik di Desa Wonomulyo Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Moh. Yuhdi Batubara SH MH (2) Dr. Sri Untari M.Si Kata Kunci prinsip-prinsip good governance pelayaan publik Mewujudkan good governance dalam pelayanan publik merupakan komitmen pemerintah desa dalam pelaksanaan pemerintahan di Desa Wonomulyo. Penerapan good governance dalam pelayanan publik diharapkan dapat dijadikan sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk melaksanakan asas-asas demokrasi yang menjunjung tinggi aspek pemenuhan hak-hak rakyat oleh penguasa ditegakannya nilai-nilai keadilan dan solidaritas sosial serta adanya penegakan HAM dalam berbagai aspek kehidupan Negara. Dengan demikian untuk mewujudkan terciptanya good governance dalam pelayanan publik maka aparatur pemerintahan desa harus selalu menerapkan prinsip-prinsip good governance dalam setiap pelayanan publik Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan prinsip-prinsip good governance yang dilakukan oleh aparatur pemerintahan Desa Wonomulyo dalam melaksanakan pelayanan publik yang meliputi (1) bentuk-bentuk pelayanan publik di Desa Wonomulyo (2) penerapan prinsip-prinsip good governance oleh pemerntah Desa Wonomulyo dalam pelayanan publik (3) phambatan pelaksanaan prinsip-prinsip good governance dalam pelayanan publik (4) upaya yang dilakukan pemerintah desa wonomulyo untuk mengatsi hambatan penerapan prinsip good governance dalam pelayanan publik. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti dalam melakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya deskriptif. Informan dalam penelitian ini yaitu Kepala Desa Wonomulyo Sekretaris Desa Wonomulyo Ketua BPD Desa Wonomulyo dan masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi wawancara dan menelaah dokumen yang ada. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Untuk menjamin keabsahan data yang diperoleh peneliti melakukan (a) uji kredibilitas yaitu dengan cara meningkatkan ketekunan pengamatan triangulasi dan menggunakan bahan referensi. (b) uji depenability yaitu dengan cara dengan cara meminta pembimbing untuk melakukan audit terhadap keseluruhan aktivitas peneliti dalam melakukan penelitian. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut pertama pelaayanan publik yang ada di Desa Wonomulyo meliputi pelayanan publik administrasi dan pembangunan desa. Kdua prinsip-prinsip good governance yang diterapkan oleh Pemerintah Desa Wonomulyo dalam pelayanan publik antara lain (1) keterbukaan (2) akuntabilitas (3) supremasi hukum. Ketiga hambatan pelaksanaan prinsip-prinsip good governance pada pelayanan publik di Desa Wonomulyo antara lain (a) kurangnya profesionalitas aparatur pemerintah Desa (b) kurangnya fasilitas untuk menunjang pelayanan publik (c) masalah pendanaan dalam pembangunan infrastruktur desa. Keempat upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Wonomulyo untuk mengatasi hambatan pelaksanaan prinsip-prinsip good governance pada pelayanan publik di Desa Wonomulyo antara lain (1) untuk meningkatkan profesionalitas maka dilakukan peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) aparatur pemerintah desa Wonomulyo dengan cara dianjurkan kepada aparat pemerintah desa wonomulyo untuk menempuh pendidikan minimal S1 demi menambah pengasaannya dibidang pemerintahan. (2) untuk meningkatkan fasilitas pelayanan publik pemerintah Desa Wonomulyo berupaya untuk meningkatkan pembangunan guna menunjang kegiatan pelayanan publik. (3) untuk mengatasi masalah pendanaan dalam pembangunan infrastruktur desa maka pemerintah berencana untuk menjalin mitra dengan sektor swasta dengan cara membentuk BUMDes (Badan Usaha Milik Desa). Berikut ini saran yang diberikan peneliti setelah melakukan penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya (1) pemerintah Desa Wonomulyo sebaiknya lebihme ningkatkan sarana dan prasarana demi menunjang pelayanan publik yang lebih baik lagi. (2) pemerintah Desa Wonomulyo perlu meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia) untuk meningkatkan profesionalitas kerja dan lebih disiplin dalam mengemban tugasnya. (3) pemerintah Desa Wonomulyo sebaiknya menjalin kemitraan dengan masyarakat untuk terciptanya good governance. (4) penelitian ini diharapkan bisa memberi tambahan pengetahuan informasi dan referensi kepada seluruh warga jurusan Hukum dan Kewarganegaraan khususnya mahasiswa Hukum dan Kewarganegaraan (5) penelitian ini diharapkan bisa memberi inspirasi kepada para calon peneliti lain untuk mengadakan penelitian di bidang pemerintahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51885

Actions (login required)

View Item View Item