Implementasi German Goes To School terhadap psikologi perkembangan peserta didik di SMP Negeri 2 Malang / Ardina Rendrasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi German Goes To School terhadap psikologi perkembangan peserta didik di SMP Negeri 2 Malang / Ardina Rendrasari

Rendrasari, Ardina (2015) Implementasi German Goes To School terhadap psikologi perkembangan peserta didik di SMP Negeri 2 Malang / Ardina Rendrasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendrasari Ardina. 2014. Implementasi German Goes to School terhadap 12288 12288 12288 12288 Psikologi Perkembangan Peserta Didik di SMP Negeri 2 Malang. Skripsi 12288 12288 12288 12288 Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan 12288 12288 12288 12288 Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri 12288 12288 12288 12288 Malang. Pembimbing (1) Drs. I Ketut Diara Astawa S.H. M.Si. (2) Dr. 12288 12288 12288 12288 Sri Untari M. Si. 12288 12288 12288 12288 Kata kunci UKM GERMAN Remaja Psikologi Perkembangan Peserta Didik 12288 12288 12288 12288 Penyuluhan Bahaya Narkoba. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Masa remaja adalah masa yang sangat baik untuk mengembangkan segala potensi positif yang dimiliki oleh remaja. Pada masa ini sebaiknya mereka diberi bimbingan yang positif agar tidak terjerumus kepada hal-hal yang berdampak negatif. Remaja dan Narkoba menjadi pusat perhatian pemerintah orang tua kalangan pendidik dan masyarakat pada umumnya. Salah satu tindakan nyata yang dilakukan oleh UKM GERMAN adalah dengan diselenggarakan suatu kegiatan penyuluhan bahaya penyalahgunaan Narkoba bernama GERMAN Goes to School yang bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan untuk remaja tentang Narkoba dan bahaya yang ditimbulkan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Program UKM GERMAN Universitas Negeri Malang (2). Pelaksanaan kegiatan GERMAN Goes to School di SMP Negeri 2 Malang (3). Kendala dari pelaksanaan kegiatan GERMAN Goes to School di SMP Negeri 2 Malang (4). Manfaat dari kegiatan GERMAN Goes to School terhadap psikologi perkembangan peserta didik di SMP Negeri 2 Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Pendekatan deskriptif kualitatif ini didasarkan bahwa peneliti ingin memahami Implementasi GERMAN Goes to School terhadap Psikologi Perkembangan Peserta Didik di SMP Negeri 2 Malang. Sumber data primer yang dijadikan informan oleh peneliti adalah hasil observasi kegiatan wawancara dengan Pendamping UKM GERMAN Ketua Umum UKM GERMAN Ketua Pelaksana GERMAN Goes to School Observer dan penyuluh GERMAN Goes to School di SMP Negeri 2 Malang Anggota UKM GERMAN dan Guru SMP Negeri 2 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dan dokumentasi. 12288 12288 12288 12288 UKM GERMAN Univesitas Negeri Malang terdiri dari empat bidang dan masing-masing bidang memiliki program kerja. Empat bidang tersebut antara lain (1) bidang kesejahteraan (2) bidang jaringan (3) bidang penalaran dan (4) bidang penelitian dan pengembangan. Tindakan preventif UKM GERMAN dalam upaya pencegahan penyalahgunaan Narkoba di lingkungan masyarakat Kota/Kabupaten Malang khususnya remaja atau pelajar di lingkungan sekolah diwujudkan dalam sebuah program kerja bernama GERMAN Goes to School yang dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan bahaya penyalahgunaan Narkoba bagi remaja atau pelajar. GERMAN Goes to School merupakan salah satu program dari bidang penalaran subbidang penyuluhan UKM GERMAN. 12288 12288 12288 12288 Pelaksanaan kegiatan GERMAN Goes to School di SMP Negeri 2 Malang dilakukan pada hari rabu tanggal 16 Juli 2014. Kegiatan ini berlangsung selama 90 menit dengan alokasi 60 menit untuk penyampaian materi dan 30 menit untuk sesi tanya jawab. Peserta dari kegiatan ini ditujukan untuk siswa kelas VII dan berlangsung di aula SMP Negeri 2 Malang. Kegiatan ini masuk dalam salah satu rangkaian acara Masa Orientasi Siswa Baru (MOSB) di SMP Negeri 2 Malang. Kegiatan tersebut terdiri dari tiga bagian antara lain (1) kegiatan awal (2) kegiatan inti dan (3) kegiatan penutup. 12288 12288 12288 12288 Kendala yang timbul dari kegiatan GERMAN Goes to School di SMP Negeri 2 Malang ada dua yaitu (a) Sarana prasarana yang kurang luas (b) Jumlah peserta yang sangat banyak. Sehingga dikhawatirkan materi yag disampaikan oleh penyuluh tidak dipahami dengan baik oleh para siswa. Manfaat kegiatan GERMAN Goes to School terhadap Psikologi Perkembangan Peserta Didik di SMP Negeri 2 Malang di SMP Negeri 2 Malang sangat banyak antara lain (1) peningkatan pemahahaman peserta didik mengenai bahaya penyalahgunaan Narkoba (2) perasaan takut yang timbul dalam diri peserta didik (3) sikap anti Narkoba yang muncul dalam peserta didik. Hanya saja diperlukan tindak lanjut dari kegiatan ini seperti kegiatan pendampingan dan pengkaderan satgas anti Narkoba di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51874

Actions (login required)

View Item View Item