Profil dan model keterlibatan orang tua peserta didik di lembaga PAUD Palm Kids Araya Kota Malang / Anny Zahra Mahfudhoh - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil dan model keterlibatan orang tua peserta didik di lembaga PAUD Palm Kids Araya Kota Malang / Anny Zahra Mahfudhoh

Mahfudhoh, Anny Zahra (2016) Profil dan model keterlibatan orang tua peserta didik di lembaga PAUD Palm Kids Araya Kota Malang / Anny Zahra Mahfudhoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahfudhoh Anny Zahra. 2016. Profil dan Model Keterlibatan Orangtua Peserta Didik di Lembaga PAUD Palm Kids Araya Kota Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Supriyono M.Pd (II) Drs. H. M.A. Prawoto M.Pd Kata Kunci pembiayaan pendidikan keterlibatan orangtua PAUD eksekutif Kecenderungan pendidikan saat ini memunculkan kelompok lembaga pendidikan yang mengedepankan ekslusifitas dan menawarkan keunggulan tertentu. Kemunculan tren pendidikan ini merambah layanan pendidikan anak usia dini (PAUD) yang dalam penelitian ini disebut sebagai lembaga PAUD eksekutif. PAUD eksekutif merupakan lembaga PAUD yang menyelenggarakan kegiatan pembelajaran bagi anak usia 3 sampai dengan 6 tahun sesuai dengan ketentuan penyelenggaraan PAUD dengan tambahan nilai berupa pembelajaran bilingual pembelajaran bahasa asing penyelenggaraan kegiatan pengembangan diri (ekstrakurikuler) dan/atau berupa PAUD terpadu PAUD berbasis alam atau PAUD berbasis agama dengan biaya pendidikan yang dibebankan kepada orangtua diatas Rp. 300.000 setiap bulannya. PAUD eksekutif diminati oleh kalangan tertentu yang kurang terlihat keterlibatannya sehingga menarik untuk mengetahui profil dan model keterlibatan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil gambaran pembiayaan alasan memilih sekolah dan keterlibatan orangtua peserta didik PAUD eksekutif di kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif. Responden penelitian ini merupakan orangtua peserta didik Palm Kids Preschool and Kindergarten Kota Malang sebanyak 86 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) orangtua peserta didik PAUD eksekutif merupakan kalangan terdidik dan berstatus sosial-ekonomi tinggi (2) biaya pendidikan yang dikeluarkan oleh orangtua berkisar anatara Rp.500.000 hingga Rp.1.000.000 (3) orangtua memilih PAUD eksekutif karena lokasi dan fasititas kurikulum dan harapan lembaga PAUD dapat mengakomodasi pendidikan lanjutan di sekolah dasar unggulan (4) orangtua terlibat dalam pendidikan di rumah namun kurang terlibat dalam program sekolah (5) model keterlibatan yang terjadi adalah model school-to-home transmission model dimana sekolah lebih banyak berperan dalam pembelajaran anak (6) komunikasi orangtua dan sekolah sebagain besar berlangsung melalui buku penghubung yang masih berfungsi satu arah. Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk meningkatkan keterlibatan orangtua melalui (1) memberikan pemahaman mengenai pentingnya terlibat dalam pendidikan anak melalui parenting education dengan media cetak (2) sekolah membuat kelompok pertemuan orangtua untuk meningkatkan komunikasi dan kerjasama antara orangtua dan sekolah (3) pengelola lembaga dapat membuat program dan kegiatan yang lebih banyak melibatkan orangtua (4) dinas pendidikan dapat membuat kebijakan terkait pelaksanaan kegiatan parenting education di lembaga PAUD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5187

Actions (login required)

View Item View Item