Hubungan antara kelompok teman sebaya (peer group) dengan motifasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK Negeri 12 Malang / Pretty Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kelompok teman sebaya (peer group) dengan motifasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK Negeri 12 Malang / Pretty Wijaya

Wijaya, Pretty (2015) Hubungan antara kelompok teman sebaya (peer group) dengan motifasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK Negeri 12 Malang / Pretty Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wijaya Pretty. 2014. Hubungan antara Kelompok Teman Sebaya (Peer Group) dengan Motivasi Belajar Siswa pada Matapelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK Negeri 12 Malang. Skripsi Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Ketut Diara Astawa S.H M.si (II) Siti Awaliyah S.Pd S.H M.Hum. Kata kunci Hubungan Kelompok Teman Sebaya (Peer Group) Motivasi Belajar Siswa 12288 12288 12288 12288 Kelompok teman sebaya merupakan sekumpulan dua orang atau lebih yang saling berinteraksi yang mengakibatkan hubungan timbal balik dalam kelompok tersebut dimana kelompok tersebut terbentuk dalam masa remaja anggotanya adalah individu yang sebaya memiliki kesamaan sosial memiliki kesamaan ciri-ciri kesamaan tingkat usia yang mengajarkan inividu tentang kebudayaan yang luas. Hubungan merupakan suatu keterkaitan antara dua variabel atau lebih yang saling mempengaruhi dan melibatkan kelompok teman sebaya dengan motivasi belajar siswa. Motivasi belajar adalah dorongan pengerak dari dalam diri sendiri maupun dari luar diri sendiri untuk melakukan kegiatan belajar. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) yang bertujuan untuk mendeskripsikan (1) interaksi kelompok teman sebaya (peer group) pada jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMKN 12 Malang (2) motivasi belajar siswa pada jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMKN 12 Malang (3) hubungan antara kelompok teman sebaya (peer group) dengan motivasi belajar siswa pada matapelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK Negeri 12 Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik angket sebagai instrumen pengambilan data. Penelitian ini menggunakan analisis statistik yaitu korelasi product moment rumus persentase dan analisis korelasional yaitu uji normalitas uji linieritas uji hipotesis menggunakan rumus product moment (r). Sampel dari penelitian ini berjumlah 40 responden dari 270 siswa dengan menggunaka teknik simple random sampling. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menghasilkan data tentang interaksi kelompok teman sebaya yang cukup baik (71 4%) yang dihitung melalui rata-rata persentase indikator interaksi kelompok teman sebaya macam-macam teman sebaya kemampuan berkomunikasi partisipasi sosial empati prestasi akademik kesamaan minat kepribadian. Hasil data tentang motivasi belajar siswa menunjukan dalam kategori baik (86 5%) dihitung melalui rata-rata persentase indikator konsep motivasi belajar jenis dan sifat motivasi belajar unsur-unsur yang mempengaruhi motivasi belajar. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil uji koefisien korelasi dalam rumus product moment yaitu (r) 0 949 termasuk kategori sangat kuat yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kelompok teman sebaya dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMKN 12 Malang sehingga dapat disimpulkan semakin tinggi interaksi kelompok teman sebaya maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa. Sebaliknya semakin rendah interaksi kelompok teman sebaya maka semakin rendah pula motivasi belajar siswa. Hasil penelitian tentang hubungan antara kelompok teman sebaya dengan motivasi belajar siswa pada matapelajaran PPKN jurusan TKJ di SMKN 12 Malang masih masuk kategori baik dalam beberapa lingkup sekolah diharapkan guru beserta staff karyawan membuat suatu inovasi untuk mendorong motivasi belajar siswa untuk menunjang prestasi siswa yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51868

Actions (login required)

View Item View Item