Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran PPKn melalui pendekatan scientific dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning di kelas 8.1 SMP Negeri 6 Malang / Arni Rizkiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran PPKn melalui pendekatan scientific dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning di kelas 8.1 SMP Negeri 6 Malang / Arni Rizkiyah

Rizkiyah, Arni (2015) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran PPKn melalui pendekatan scientific dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning di kelas 8.1 SMP Negeri 6 Malang / Arni Rizkiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rizkiyah Arni. 2014. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PPKn melalui Pendekatan Scientific dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di Kelas 8.1 SMP Negeri 6 Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Untari M. Si (II) Dra. Arbaiyah Prantiasih M. Si. Kata Kunci Berpikir Kritis Pendekatan Scientific Discovery Learning 12288 12288 12288 12288 Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang dirancang untuk menyiapkan peserta didik dalam menghadapi tantangan di masa depan mereka. Pendekatan yang dikembangkan dalam kurikulum 2013 adalah pendekatan berbasis ilmiah (scientific) yang bertujuan untuk mengembangkan ranah sikap keterampilan dan pengetahuan salah satu model yang digunakan dalam pendekatan scientific adalah model discovery learning yang dapat membantu siswa dalam berpikir kritis. Berdasarkan hasil observasi pratindakan yang dilakukan pada hari Senin tanggal 8 September 2014 dan Jumat 12 September 2014 di kelas 8.1 SMP Negeri 6 Malang diperoleh beberapa hal sebagai berikut (1) dalam pelaksanaan pembelajaran guru sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab (2) dari 33 jumlah siswa di kelas 8.1 hanya 12.1% siswa yang dikategorikan tuntas dalam berpikir kritis. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan model pembelajaran discovery learning sebagai upaya untuk meningkatkan berpikir kritis siswa pada pembelajaran PPKn di kelas 8.1 SMP Negeri 6 Malang (2) meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran PPKn melalui pendekatan scientific dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning di kelas 8.1 SMP Negeri 6 Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan selama 2x40 menit. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8.1 tahun ajaran 2014/2015 SMP Negeri 6 Malang dengan jumlah siswa 33 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menurut Mc Nabb yang terdiri dari pengorganisasian data pengelompokkan data berdasarkan kategori tema dan pola pengkodean data menerapkan ide-ide tema dan kategori mencari penjelasan alternatif menulis dan menyajikan laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran discovery learning dilaksanakan melalui 6 tahap yaitu stimulasi problem statement pengumpulan data pengolahan data pembuktian dan penarikan kesimpulan (2) model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa hal ini ditunjukkan dengan peningkatan persentase kemampuan berpikir kritis siswa pada observasi awal siklus I dan siklus II. Pada observasi awal jumlah siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis yang dikategorikan tuntas sebesar 12.1% kemudian pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 48.4% dan pada siklus II meningkat menjadi 81.9%. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti menyampaikan beberapa saran yaitu (a) bagi guru PPKn kelas 8.1 SMPN 6 Malang disarankan menerapkan model pembelajaran discovery learning karena terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa menerapkan pembelajaran dengan metode diskusi karena dengan adanya diskusi kelompok maka akan menumbuhkan sikap sosial seperti jujur peduli dan tanggungjawab pada diri setiap siswa mengkaitkan materi pembelajaran dengan keadaan dunia nyata karena hal tersebut dapat melatih siswa dalam mengenali kehidupan di sekitarnya dan dapat membantu mereka dalam memecahkan maasalah-masalah sosial menciptakan model-model pembelajaran yang kreatif dan inovatif lainnya untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa dan mendorong siswa agar lebih berpikir kritis (b) seharusnya siswa pada saat akan mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan sudah memiliki bekal terlebih dahulu terhadap materi pembelajaran yang akan disampaikan pada hari itu sehingga akan mempermudah proses pembelajaran (c) bagi peneliti selanjutnya model pembelajaran discovery learning hendaknya diterapkan untuk materi yang mempunyai keterkaitan dengan kehidupan sehari-hari sehingga dapat mendorong siswa untuk berpikir kritis dalam mengkaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51853

Actions (login required)

View Item View Item