Pola asuh orangtua yang bekerja di luar negeri pada anak kelas VII di SMPN 1 Kalidawir Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2013-2014 semester genap dalam membentuk karakter disiplin / Rina Jauharatun Nisak - Repositori Universitas Negeri Malang

Pola asuh orangtua yang bekerja di luar negeri pada anak kelas VII di SMPN 1 Kalidawir Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2013-2014 semester genap dalam membentuk karakter disiplin / Rina Jauharatun Nisak

Nisak, Rina Jauharatun (2014) Pola asuh orangtua yang bekerja di luar negeri pada anak kelas VII di SMPN 1 Kalidawir Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2013-2014 semester genap dalam membentuk karakter disiplin / Rina Jauharatun Nisak. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jauharatun Nisak Rina. 2014. Pola Asuh Orangtua yang Bekerja di Luar Negeri pada Anak Kelas VII di SMPN 1 Kalidawir Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2013-2014 Semester Genap dalam Membentuk Karakter Disiplin. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Arbaiyah Prantiasih M.Si. (II) Dr.Yuhdi Batubara S.H. M.H. Kata Kunci Pola asuh orangtua bekerja di luar negeri karakter disiplin Pola asuh orangtua adalah suatu sikap yang dilakukan orangtua yaitu ayah dan ibu dalam berinteraksi dengan anaknya. Bagaimana cara ayah dan ibu memberikan disiplin hadiah hukuman pemberian perhatian dan tanggapan-tanggapan lain berpengaruh pada pembentukan kepribadian anak ini karena ayah dan ibu merupakan model awal bagi anak dalam berhubungan dengan oranglain. Namun jika salah satu orangtua bekerja diluar negeri model pengasuhan anak akan berbeda dengan anak yang kedua orangtuanya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup bagaimana pola asuh orangtua yang bekerja di luar negeri dalam membentuk karakter disiplin pada anak kelas VII di SMPN 1 Kalidawir peran guru kesiswaan dalam mengembangkan karakter disiplin pada anak kelas VII di SMPN 1 Kalidawir peran guru kelas dalam mengembangkan karakter disiplin pada anak kelas VII di SMPN 1 Kalidawir serta peran guru Bimbingan Konseling dalam mengembangkan karakter disiplin pada anak kelas VII di SMPN 1 Kalidawir. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa data-data dan hasil wawancara dengan narasumber yang bersangkutan. Pengumpulan data dilakukan dengan dengan teknik wawancara. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap penelaahan data tahap identifikasi dan klarifikasi data dan tahap evaluasi data. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama bagaimana pola asuh orangtua yang bekerja di luar negeri pada anak kelas VII di SMPN 1 Kalidawir pola asuh orangtua yang bekerja di SMPN 1 Kalidawir adalah pola asuh permisif dan demokratis. Dalam membentuk karakter disiplin pada anak kelas VII di SMPN 1 Kalidawir orangtua mengasuh anak dengan pola asuh demokratis (1) dalam menerapkan disiplin pada anak kelas VII di SMPN 1 Kalidawir orangtua menerapkan pola asuh disiplin afirmatif (2) Orangtua juga membiasakan anak untuk rajin belajar dan beribadah jika di rumah. Kedua Peran guru kesiswaan dalam mengembangkan karakter disiplin pada anak sangat mempengaruhi kedisiplinan siswa di sekolah dengan adanya guru kesiswaan dapat mengembangkan siswa untuk disiplin tata tertib sekolah. Jika anak melakukan pelanggaran di sekolah maka guru kesiswaan akan memberikan sanksi kepada anak yang bersangkutan. Sanksi tersebut berupa hukuman langsung dan sanksi point. Ketiga Guru Bimbingan Konseling mempunyai peran yang cukup besar dalam mengembangkan karakter disiplin siswa. Guru Konseling membantu siswa menyelesaikan masalah yang dihadapi baik masalah pribadi sosial maupun masalah belajar. Pada guru konseling diperoleh masalah apa saja yang dialami oleh anak kelas VII di SMPN 1 Kalidawir. Kebanyakan dari mereka mengalami masalah keluarga banyak dari mereka yang ditinggal pergi oleh orangtuanya ke luar negeri namun tidak semua anak yang ditinggal orangtuanya ke luar negeri mengalami masalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51845

Actions (login required)

View Item View Item