Upaya Lembaga Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT) dalam menanamkan pendidikan karakter bagi anak jalanan di Kecamatan Lowokwaru - Kota Malang / Lutfi Andriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya Lembaga Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT) dalam menanamkan pendidikan karakter bagi anak jalanan di Kecamatan Lowokwaru - Kota Malang / Lutfi Andriani

Andriani, Lutfi (2014) Upaya Lembaga Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT) dalam menanamkan pendidikan karakter bagi anak jalanan di Kecamatan Lowokwaru - Kota Malang / Lutfi Andriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Andriani Lutfi. 2014.Upaya Lembaga Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT) dalam menanamkan Pendidikan Karakter bagi Anak Jalanan di Kecamatan Lowokwaru-Kota Malang.Skripsi Prodi PPKn Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan.Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Dr. H.Yudi Batubara SH. M.H (II) Dr. H. A. Rosyid Al Atok M.Pd. M.H Kata Kunci Pendidikan Karakter Anak Jalanan Lembaga Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT) Lembaga Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT) merupakan lembaga independen yang bergerak dalam bidang kemanusiaan. Lembaga JKJT sebagai salah satu lembaga pendidikan non formal turut memiliki andil dalam memperjuangkan hak pendidikan bagi anak khususnya anak jalanan. Pendidikan yang diberikan di JKJT terbilang sangat unik karena sebelumnya JKJT harus masuk sepenuhnya dalam dunia anak jalanan agar lembaga tersebut dapat melakukan intervensi atau suatu tindakan tertentu untuk menanamkan pendidikan karakter. Lembaga Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT) dikatakan unik karena dalam menanamkan pendidikan karakter bagi anak jalanan JKJT melakukan pengenalan yang lebih mendalam terlebih dulu pada anak binaan termasuk benar-benar terjun langsung dalam dunia anak jalanan sebelum anak tersebut resmi menjadi anak binaan lembaga Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT). Penanaman pendidikan karakter bagi anak jalanan jauh lebih sulit dibandingkan dengan penanaman pendidikan karakter bagi anak-anak biasa pada umumnya mengingat keterbatasan dan lingkungan sosial anak jalanan yang cenderung keras. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui bentuk upaya Lembaga JKJT dalam menanamkan pendidikan karakter bagi anak jalanan di kecamatan Lowokwaru-Kota Malang (2) mengetahui nilai-nilai karakter yang dibentuk Lembaga JKJT dalam menanamkan pendidikan karakter bagi anak jalanan di kecamatan Lowokwaru-Kota Malang (3) mengetahui kendala Lembaga JKJT dalam menanamkan pendidikan karakter bagi anak jalanan di kecamatan Lowokwaru-Kota Malang dan (4) mengetahui cara mengatasi kendala lembaga Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT) dalam menanamkan pendidikan karakter bagi anak jalanan di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Penelitian ini dilakukan di lembaga JKJT Kecamatan.Lowokwaru-Kota kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data penyajian data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk upaya lembaga JKJT dalam menanamkan pendidikan karakter bagi anak jalanan adalah (a) Melakukan pembinaan melalui pendekatan adjustment yaitu pembinaan melalui pendekatan penyesuaian dengan traumatik.anak binaan (b) Melaksanakan kegiatan yang dapat menumbuhkan nilai karakter. Disamping kegiatan tersebut JKJT juga punya kegiatan khusus untuk pembentukan karakter bagi anak binaan yaitu kegiatan refresh (c) Mempersiapkan faktor pendukung dalam pengembangan nilai karakter (tenaga pengajar dan fasilitas atau sarana dan prasarana pendukung kegiatan pembinaan ) dan (d) Melakukan pengawasan terhadap anak binaan. (2) Nilai-nilai karakter yang dibentuk oleh lembaga JKJT ada tiga yaitu a) nilai budi pekerti b) sosial komunikasi dan c) kreatif. (3) Dalam proses menanamkan pendidikan karakter bagi anak jalanan di Kecamatan Lowokwaru- Kota Malang lembaga JKJT masih menemui beberapa kendala yaitu penyesuaian dengan traumatik mereka berhenti berjuang mudah terpengaruh dan kesibukan dari masing-masing volunteer. (4) Untuk mengatasi masalah yang ada setiap hari JKJT melakukan koordinasi dan melakukan pengembangan kasus untuk dievaluasi agar mudah dalam melakukan intervensi yang tentunya disesuaikan dengan latar belakang traumatik yang dialami anak binaan memberi motivasi pada anak binaan agar mereka tetap semangat dalam menghadapi kerasnya kehidupan misalnya mengajak mereka berperan serta dalam kegiatan kemanusiaan dalam menghadapi anak binaan yang mudah terpengaruh dengan teman dan lingkungan lembaga JKJT menggunakan metode tarik ulur. Selain itu para volunter harus siap di sosial. Volunter atau relawan kakak pembina atau pendamping dan pengurus JKJT harus punya komitmen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51839

Actions (login required)

View Item View Item