Persepsi guru PPKn SMP dalam melaksanakan kurikulum 2013 di Kabupaten Bondowoso / Manik Nur Haq - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru PPKn SMP dalam melaksanakan kurikulum 2013 di Kabupaten Bondowoso / Manik Nur Haq

Haq, Manik Nur (2014) Persepsi guru PPKn SMP dalam melaksanakan kurikulum 2013 di Kabupaten Bondowoso / Manik Nur Haq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Haq Manik Nur. 2014. Persepsi Guru PPKn SMP dalam Melaksanakan Kurikulum 2013 di Kabupaten Bondowoso. Skripsi. Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Arbaiyah Prantiasih M.Si (II) Siti Awaliyah S.Pd M.Hum Kata Kunci Persepsi Guru Mata Pelajaran PPKn Kurikulum 2013 Pendidikan adalah proses dimana suatu bangsa mempersiapkan generasi mudanya untuk menjalankan kehidupan memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Dari sekian banyak unsur sumber daya pendidikan kurikulum merupakan salah satu unsur yang memberikan kontribusi yang signifikan untuk mewujudkan proses berkembangnya kualitas potensi peserta didik.Persepsi guru besar pengaruhnya dalam keberhasilan pelaksanaan Kurikulum 2013 karena pada Kurikulum 2013 guru bertindak sebagai tutor fasilitator serta pengendali kegiatan belajar mengajar. Persepsi guru yang baik tentunya akan berpengaruh positif dalam menunjang keterlaksanaan Kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui gambaran mengenai persepsi Guru PPKn SMP dalam melaksanakan Kurikulum 2013 di Kabupaten Bondowoso 2) mengetahui hambatan dan upaya Guru PPKn SMP untuk mengatasi hambatan dalam melaksanakan Kurikulum 2013 di Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini memakai metode deskriptif kuantitatif yaitu cara analisis dengan mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Guru PPKn SMP di Kabupaten Bondowoso yaitu sebanyak 156 guru. Sedangkan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 10 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik random sampling yang didasarkan pada letak geografis dan difokuskan pada guru yang telah menerapkan Kurikulum 2013. Teknik analisis datanya menggunakan model persentase sedangkan pengukurannya menggunakan skala likert yang sudah dimodifikasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) persepsi guru mengenai perencanaan pembelajaran dalam Kurikulum 2013 mencapai 75 71% dan dikategorikan sangat baik persepsi guru mengenai materi PPKn dalam Kurikulum 2013 mencapai 80 625% dikategorikan sangat baik persepsi guru mengenai KBM dalam Kurikulum 2013 sebesar 71 07% dikategorikan baik dan persepsi guru mengenai evaluasi pembelajaran dalam Kurikulum 2013 mencapai 55% dikategorikan baik. Secara umum persepsi guru PPKn SMP di Kabupaten Bondowoso dalam melaksanakan Kurikulum 2013 mencapai angka 71 2% sehingga dikategorikan baik 2) hambatan yang dialami guru dalam melaksanakan Kurikulum 2013 antara lain (a) indikator pada buku guru yang kadang tidak sesuai dengan kompetensi dasar (b) guru merasa kesulitan untuk merancang RPP yang mengacu pada pembelajaran proyek dan pembelajaran berbasis penemuan (c) guru kesulitan dalam menentukan media yang sesuai dengan KBM (d) koneksi internet yang sulit dijangkau sehingga menghambat guru untuk mendapatkan informasi serta materi tambahan (e) kurangnya dukungan masyarakat dalam penanaman sikap tanggung jawab dan disiplin (f) penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dan masalah dan penemuan terkendala waktu dan biaya (g) kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung KBM (h) penilaian yang dilakukan setiap hari sulit untuk direkapitulasi (i) penilaian yang harus dibuat guru meliputi aspek yang sangat banyak dan rumit. Sedangkan upaya-upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 yaitu (a) dengan melakukan diskusi/sharing antar sesama guru PPKn di tingkat Kabupaten melalui forum MGMP PPKn (b) bertanya pada instruktur Kurikulum 2013 (c) memanfaatkan dana BOS untuk penyediaan alat dan bahan yang diperlukan untuk pembelajaran (d) bekerjasama dengan orangtua murid dalam hal penanaman nilai imtaq akhlaq mulia disiplin dan sopan santun (e) lebih membuka diri pada perubahan serta belajar dari pengalaman pribadi maupun orang lain (f) melatih diri supaya dapat beradaptasi dengan Kurikulum 2013. Saran peneliti 1) bagi sekolah hendaknya menyediakan alat-alat praktikum maupun sarana prasarana yang memadai untuk mempermudah proses belajar mengajar 2) bagi guru sebaiknya guru berpartisipasi aktif dalam forum MGMP PPKn membangun komunikasi yang baik dengan orang tua murid dan lembaga masyarakat meningkatkan kompetensi siswa dengan penerapan model project based learning problem based learning dan discovery learning dalam KBM lebih membuka diri pada perubahan belajar dari pengalaman pribadi maupun orang lain dan terus melatih diri supaya dapat beradaptasi dengan Kurikulum 2013 3) bagi pemerintah hendaknya tetap memberikan bantuan berupa alat-alat praktikum penambahan koleksi buku perpustakaan dan perbaikan sarana prasarana sekolah dan terus mengadakan kegiatan pendampingan/evaluasi sepanjang pelaksanaan Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51838

Actions (login required)

View Item View Item