Penerapan sistem among dalam pembelajaran PPKn pada siswa kelas X di SMA Taman Madya Kota Malang / Leojang - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan sistem among dalam pembelajaran PPKn pada siswa kelas X di SMA Taman Madya Kota Malang / Leojang

Leojang (2014) Penerapan sistem among dalam pembelajaran PPKn pada siswa kelas X di SMA Taman Madya Kota Malang / Leojang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Leojang. 2014. Penerapan Sistem Among Dalam Pembelajaran PPKn Pada Siswa Kelas X Di SMA Taman Madya Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kt. Diara Astawa S.H. M.Si (II) Rusdianto Umar S.H. M.Hum Kata kunci Sistem Among Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan 12288 12288 12288 12288 Pendidikan adalah suatu hal yang harus dipenuhi dalam upaya meningkatkan taraf hidup bangsa agar tidak sampai tertinggal dengan Negara lain. Karena itu sistem pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan peningkatan kualitas pendidikan serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tuntutan perubahan global. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia pemerintah sering kali mengganti sistem pendidikan. Sistem-sistem pendidikan yang diterapkan biasanya berasal dari luar negeri. Padahal di Indonesia mempunyai sistem pendidikan asli Indonesia disebut dengan sistem Among. Sistem Among merupakan gagasan dari Ki Hadjar Dewantara yang telah diterapkan melalui pendidikan Taman Siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan latar belakangi penerapan sistem pembelajaran Among di SMA Taman Madya kota Malang (2) mendeskripsikan pelaksanaan sistem Among dalam pembelajaran PPKn sebagai wahana peningkat prestasi belajar siswa kelas X di SMA Taman Madya kota Malang. (3) mendeskripsikan faktor kendala yang dihadapi dalam penerapan sistem Among dalam pembelajaran di SMA Taman Madya kota Malang.pelajaran PPKn di SMP Negeri 20 Malang (4) mendeskripsikan solusi yang digunakan dalam mengatasi kendala penerapan sistem Among dalam pembelajaranPPKn di SMA Taman Madya kota Malang (5) mendeskripsikan mendiskripsikan perubahan setelah guru memakai sistem Among dalam proses belajar mengajar mata pelajaran PPKn dalam prestasi belajar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah-langkah pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan. 12288 12288 12288 12288 Latar belakangi penerapan sistem pembelajaran Among di SMA Taman Madya Malang yaitu sistem ini faktor yang paling diutamakan yaitu hubungan antara guru pamong dengan siswa bersifat kekeluargaan dan SMA Taman Madya Kota Malang ingin membuat para siswanya memiliki kemampuan intelektual yang tinggi dengan diimbangi dengan aklaq yang berbudu luhur. Selain itu ada beberapa peraturan dari yayasan yang menaungi SMA ini untuk memakai sistem Among. 12288 12288 12288 12288 Pelaksanaan sistem pembelajaran Among sebagai wahana peningkat prestasi belajar siswa kelas X (PKn) di SMA Taman Madya Malang akan berjalan sesuai harapan apabila rancangan pembelajaran dibuat dengan terencana proses belajar mengajar sesuai dengan rancangan pembelajaran yang telah dibuat oleh guru pamong dan evaluasi yang berjalan baik. Dalam sistem Among suatu target diperlukan dan apabila beberapa siswa tidak bisa memenuhi target maka maka siswa yang bersangkutan akan mendapatkan perlakuan khusus dari pihak guru pamong. Di dalam sistem Among kunci keberhasilan dalam proses belajar mengajar adalah ketlatenan guru pamong itu sendiri. hal itu dikarenakan para siswa di SMA ini kemampuannya multikultural. 12288 12288 12288 12288 Kendala yang dihadapi dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X melalui sistem pembelajaran Among di SMA Taman Madya Malang sebagai berikut (a) kendala dalam menyusun rancangan pembelajaran yaitu pada media yang digunakan dan sumber materi pembelajaran dan (b) kendala dalam pelaksanaan pembelajaran terbagi menjadi 2 yaitu faktor intern yang meliputi IQ SQ dan EQ siswa keterbukaan yang dimiliki siswa dan kendala dari keluarga dan faktor eksternal yang meliputi hambatan dari lingkungan dan hambatan dari teman sekelas. 12288 12288 12288 12288 Solusi yang digunakan dalam menghadapi kendala dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X mata pelajaran PPKn di SMA Taman Madya Malang yaitu perhatian khusus ditujukan kepada masing-masing individu siswa. Hal itu karena penanganan secara individu lebih efektif. Selain itu komunikasi antara pihak wali murid dan guru pamong harus berjalan dengan baik. Hal itu digunakan untuk mengontrol tingkah laku siswa dirumah maupun di sekolah. 12288 12288 12288 12288 Perubahan yang dialami siswa setelah guru memakai sistem Among dalam proses belajarmengajar mata pelajaran PPKn dalam prestasi belajar ada. Hal itu terjadi apabila sistem Among akan dijalankan dengan semestinya dan berjalan dengan baik maka prestasi belajar siswa akan meningkat. Hal itu itu merupakan tujuan akhir dari suatu sistem yaitu progres yang meningkat. Dengan berjalannya sistem Among yang semestinya maka siswa akan memiliki intelektual yang tinggi dengan diimbangi perilaku luhur. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil temuan penelitian tersebut peneliti memberi beberapa saran kepada guru PPKn dan pihak sekolah sebagai berikut (1) pihak sekolah sebaiknya mencukupi fasilitas atau kebutuhan sarana dan prasarana khususnya media pembelajaran agar guru pamong (mata pelajaran PKn) bisa lebih berinovasi dalam pembelajaran (2) agar kemampuan siswa merata setelah jam pembelajaran selesai diadakan bimbingan belajar bagi semua siswa tanpa terkecuali. Dan bagi siswa yang memiliki kemampuan lebih diberi tugas untuk membantu teman yang kurang (3) hubungan antara pihak sekolah dengan wali murid sebaiknya dipererat yaitu dengan mengadakan pertemuan setiap 1 bulan sekali. Hal itu digunakan untuk mengawasi tingkah laku siswa di sekolah dan rumah (4) agar siswa tidak terpengaruh dengan lingkungan yang negatif maka kegiatan siswa pada saat di rumah ditambah yaitu dengan menambah tugas rumah dan menambah jam ekstrakulikuler (5) bagi siswa yang melanggar peraturan atau menggagu teman yang sedang konsen belajar sebaiknya konsekuensi dari hukumannya yaitu membuat makalah atau tugas yang berhubungan dengan materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51832

Actions (login required)

View Item View Item