Pendidikan karakter melalui penerapan Dasa Dharma Paramuka di SMK Negeri 4 Malang / Romasdhona Zakaria - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendidikan karakter melalui penerapan Dasa Dharma Paramuka di SMK Negeri 4 Malang / Romasdhona Zakaria

Zakaria, Romasdhona (2014) Pendidikan karakter melalui penerapan Dasa Dharma Paramuka di SMK Negeri 4 Malang / Romasdhona Zakaria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Zakaria Romadhona. 2014. Pendidikan Karakter Melalui Penerapan Dasa Dharma Pramuka di SMK Negeri 4 Malang. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Margono M.Pd. M.Si (II) Rusdianto Umar S.H. M.Hum. Kata Kunci Pendidikan Karakter Penerapan Dasa Dharma Pramuka. Era globalisasi sekarang ini telah membawa dampak yang sangat besar di belahan bumi manapun tak terkecuali di negara Indonesia. Dampak yang ditimbulkan dari era globalsasi dan kemajuan teknologi tersebut tidak hanya dampak yang positif saja melainkan juga banyak dampak negatif yang telah ditimbulkan diantara dampak negatif yang ditimbulkan dari era globalisasi yaitu sering ditemuinya degradasi nilai atau moral yang terjadi sekarang ini. Hal ini disebabkan karena rendahnya kesadaran masyarakat untuk menerapkan nilai-nilai moral yang ada dalam kehidupan sehari-hari terutama rendahnya kesadaran akan nilai-nilai moral ini tercermin dalam kehidupan sehari-hari pada kalangan pemuda yang sudah melupakan nilai-nilai moral bangsa yang luhur. Maka dari itulah pentingnya penanaman pendidikan karakter bagi generasi muda bangsa Indonesia dikarenakan generasi muda bangsa Indonesia inilah yang akan membawa perubahan dan kemajuan bagi bangsa Indonesia. Penanaman pendidikan karakter di dunia pendidikan sekarang ini serasa lebih tepat apabila penanaman pendidikan karakter tersebut disalurkan melalui kegiatan-kegiatan ekstra kulikuler seperti kegiatan ekstra kulikuler pramuka dimana nantinya siswa akan dididik untuk menjadi insan-insan yang memiliki jiwa-jiwa nasionalisme dan kepribadian yang luhur sesuai dengan nilai-nilai yang terdapat dalam dasa darma pramuka. Dikarenakan isi dan makna yang terdapat di dalam dasa darma pramuka merupakan ketentuan-ketentuan moral yang harus dilaksanakan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui (1) nilai karakter yang terdapat di dalam Dasa Dharma Pramuka di SMK Negeri 4 Malang (2) proses pendidikan karakter pada penerapan Dasa Dharma Pramuka di SMK Negeri 4 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan (observasi) wawancara (interview) dan dokumentasi. Dipilihnya SMK Negeri 4 Malang sebagai tempat penelitian adalah karena SMK Negeri 4 Malang merupakan sekolah unggulan di Kota Malang yang memiliki program full day ekskul yang dilaksanakan setiap hari Sabtu. Hasil temuan dari penelitian ini adalah yang pertama nilai karakter yang terdapat di dalam Dasa Dharma Pramuka di SMK Negeri 4 Malang adalah seluruh nilai karakter dari delapan belas nilai karakter yang telah dicanangkan oleh pemerintah. Selain itu terdapat pula tiga nilai karakter tambahan di dalam Dasa Dharma Pramuka tiga nilai karakter tambahan tersebut yaitu nilai tabah nilai gembira dan nilai hemat. Kedua proses pendidikan karakter pada penerapan Dasa Dharma Pramuka di SMK Negeri 4 Malang dilakukan dengan selalu membiasakan untuk membaca menghafal menghayati dan mengamalkan butir-butir Dasa Dharma Pramuka dalam setiap kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan. Setiap nilai karakter memiliki proses sendiri-sendiri di dalam membentuk nilai karakter tersebut ke dalam diri seorang Pramuka. Pada proses pembentukan nilai karakter religius dilakukan dengan membiasakan berdo a sebelum dan sesudah kegiatan kepramukaan pada proses pembentukan nilai karakter jujur dilakukan dengan memberi kepercayaan kepada anggota Pramuka untuk menjalankan kegiatan kepramukaan pada proses pembentukan nilai karakter toleransi dilakukan dengan membiasakan sikap saling menghargai dan menghormati sesama anggota Pramuka yang sedang menjalankan ibadah pada proses pembentukan nilai karakter disiplin dilakukan dengan datang tepat waktu pada saat kegiatan kepramukaan pada proses pembentukan nilai karakter kerja keras dilakukan dengan mengadakan latihan rutin kepramukaan yang tidak pernah ada hentinya untuk mencapai suatu tujuan pada proses pembentukan nilai karakter kreatif dilakukan dengan latihan tali-temali dan pionering pada proses pembentukan nilai karakter mandiri dilakukan dengan menjalankan kegiatan kepramukaan oleh anggota Pramuka itu sendiri pada proses pembentukan nilai karakter demokratis dilakukan dengan kegiatan musyawarah ambalan pada proses pembentukan nilai karakter rasa ingin tahu dilakukan dengan kegiatan pengembaraan alam pada proses pembentukan nilai karakter semangat kebangsaan dilakukan dengan latihan upacara bendera di Gugus depan pada proses pembentukan nilai karakter cinta tanah air dilakukan dengan mengikuti upacara bendera pada saat peringatan hari besar Nasional pada proses pembentukan nilai karakter menghargai prestasi dilakukan dengan memberikan pembinaan kepada anggota Pramuka untuk menghargai keberhasilan orang lain pada proses pembentukan nilai karakter bersahabat dan komunikatif dilakukan dengan memberikan materi tata krama pada proses pembentukan nilai karakter cinta damai dilakukan dengan membiasakan sikap saling menghargai dan menghormati sesama anggota Pramuka pada proses pembentukan nilai karakter gemar membaca dilakukan dengan memberikan perintah kepada anggota Pramuka untuk membaca berbagai macam sumber bacaan mengenai materi kepramukaan pada proses pembentukan nilai karakter peduli lingkungan dilakukan dengan mengadakan kegiatan bersih-bersih lingkungan pada proses pembentukan nilai karakter peduli sosial dilakukan dengan mengadakan kegiatan bakti sosial pada proses pembentukan nilai karkater tangung jawab dilakukan dengan melalui kegiatan serah terima jabatan pada proses pembentukan nilai karakter tabah dapat dilakukan melalui ujian mental pada proses pembentukan nilai karakter gembira dilakukan dengan menyanyikan yel-yel Pramuka pada proses pembentukan nilai karakter hemat dilakukan dengan membayar iuran rutin kepada Gugus depan. Saran yang dapat peneliti berikan dalam penelitian ini adalah penambahan jumlah tenaga pembina Pramuka yang berkompeten terhadap pendidikan kepramukaan kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan harus lebih bervariasi lagi perlengkapan dan alat-alat latihan kepramukaan yang dimiliki perlu ditambah lagi agar kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan efektif dan dapat meraih hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51831

Actions (login required)

View Item View Item