Pelaksanaan pendidikan karakter melalui pengkondisian lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan Persatuan Guru Republik Indonesia (SMK PGRI) 3 Kota Malang / Karlina Murpratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pendidikan karakter melalui pengkondisian lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan Persatuan Guru Republik Indonesia (SMK PGRI) 3 Kota Malang / Karlina Murpratiwi

Murpratiwi, Karlina (2014) Pelaksanaan pendidikan karakter melalui pengkondisian lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan Persatuan Guru Republik Indonesia (SMK PGRI) 3 Kota Malang / Karlina Murpratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Murpratiwi Karlina. 2014. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Pengkondisian Lingkungan Sekolah Di SMK PGRI 3 Kota Malang. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaran Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) M. Yudhi Batubara (II) Arbaiyah Prantiasih. Kata Kunci Pendidikan Karakter Pengkondisian Lingkungan Sekolah Pemerintah sedang mengembangkan pendidikan karakter untuk meningkatkan kualitas karakter siswa. Strategi pelaksanaan pendidikan karakter di satuan pendidikan diwujudkan melalui kegiatan pembelajaran atau intra kurikuler kegiatan ko-kurikuler dan ekstrakurikuler dan kegiatan keseharian di rumah dan di masyarakat pengembangan budaya sekolah dan pusat kegiatan belajar. Pelaksanaan pendidikan karakter melalui budaya sekolah diantaranya dilakukan melalui pengkondisian lingkungan sekolah. Pengkondisian lingkungan sekolah merupakan penciptaan kondisi sekolah dalam mendukung keterlaksanaan pendidikan karakter sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah. Sejak tahun 2006 SMK PGRI 3 Kota Malang dinyatakan sebagai sekolah besar dan nasional dengan sertifikat ISO 9001 2000 telah berhasil menyelenggarakan pendidikan karakter dengan motto SUCCESS BY DICIPLINE . Pengkondisian lingkungan sekolah terhadap nilai kedisiplinan menjadi pedoman utama dalam mengembangkan nilai karakter lainnya. Pengkondisian lingkungan sekolah yang dilakukan oleh SMK PGRI 3 Kota Malang bertujuan untuk menguatkan karakter siswa siap menghadapi dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter di SMK PGRI 3 Kota Malang melalui pengkondisian lingkungan sekolah. (2) mendeskripsikan kendala yang dihadapi terhadap nilai karakter yang dikembangkan dalam pengkondisian lingkungan sekolah. (3) mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh sekolah untuk mengatasi kendala terhadap nilai karakter yang dikembangkan melalui pengkondisian lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan deskriptif kualitatif ini didasarkan bahwa peneliti ingin memahami keterlaksanaan pendidikan karakter yang dilakukan SMK PGRI 3 Kota Malang melalui pengkondisian lingkungan sekolah. Sumber data utama yaitu melakukan observasi dan wawancara dengan informan terpilih selanjutnya dilakukan analisis data dengan menggunakan cara mereduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan pendidikan karakter melalui pengkondisian lingkungan sekolah dilakukan dengan peraturan SMK PGRI 3 Kota Malang yang meliputi tampilan diri siswa siswa wajib datang tepat waktu ke sekolah disiplin dalam melakukan perijinan siswa wajib melaksanakan piket kelas siswa dikondisikan untuk meletakkan piring kotor pada tempat yang disediakan di kantin sekolah kegiatan kultum setiap Jumat pagi siswa wajib memakai kerudung pada saat pelajaran agama siswa melaksanakan sholat sunnah berjamaah saat pelajaran agama kegiatan konseling dengan guru wali budaya salaman setiap pagi dan siswa dibiasakan untuk membuang sampah pada tempatnya. (2) Kendala yang dihadapi terhadap nilai karakter yang dikembangkan dalam pengkondisian lingkungan sekolah diantaranya tampilan diri siswa yang tidak sesuai karena pengaruh lingkungan adanya siswa yang masih terlambat kurangnya dukungan orang tua dalam proses pendisiplinan siswa beberapa siswa lalai menjalankan piket kesadaran siswa untuk meletakkan piring kotor di tempatnya masih minim terbatasnya waktu dan siswa yang kurang antusias dalam mendengarkan kultum siswa tidak terbiasa mengenakan kerudung sulit dikondisikan untuk melaksanakan sholat sunnah berjamaah kurangnya waktu bagi guru wali untuk melakukan konseling pada siswa perwalian serta kurangnya kepedulian siswa terhadap kebersihan lingkungan sekolah. (3) Upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi kendala terhadap nilai karakter yang dikembangkan melalui adalah patroli berkeliling sekolah untuk mengingatkan siswa yang tampilan dirinya tidak sesuai peraturan dan dilakukan pengecekan saat salaman pagi hari siswa yang terlambat diingatkan dan diberlakukan surat peringatan untuk lebih mendisiplinkan siswa sosialisasi ulang terkait peraturan sekolah kepada orang tua dan adanya keringanan perijinan bagi orang tua yang sibuk atau jauh siswa yang tidak piket diberikan punishment dipasang poster tentang larangan meletakkan piring kotor sembarangan adanya buletin agama mingguan pendekatan personal untuk membiasakan siswa berkerudung pemberian tambahan nilai sikap bagi siswa yang rajin sholat sunnah berjamaah meningakatkan koordinasi dengan orang tua siswa perwaliaan serta menegur dan mengingatkan berulang-ulang agar tidak membuang sampah sembarangan. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka ada beberapa saran yang diajukan (1) Pengkondisian lingkungan sekolah terhadap keterlaksanaan nilai-nilai karakter di SMK PGRI 3 Kota Malang di samping nilai kedisiplinan perlu ditambahkan dengan adanya penguatan nilai karakter lainnya agar penguatan prinsip karakter siswa lebih maksimal. (2) Pelaksanaan pendidikan karakter yang dikondisikan oleh sekolah diharapkan dapat menjadi kebiasaan sehari-hari siswa bukan karena kendali aturan sekolah. (3) Bagi orang tua diharapkan memberikan respon positif berupa dukungan dan teladan pendidikan yang baik terhadap anak saat di rumah. (4) Bagi peneliti selanjutnya untuk lebih mendalami penelitian yang serupa agar referensi terhadap pengembangan pendidikan karakter melalui pengkondisian lingkungan sekolah lebih banyak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51829

Actions (login required)

View Item View Item