Program community service sebagai upaya pengalaman pendidikan karakter bangsa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 10 Kota Malang / Desta Dian Permadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Program community service sebagai upaya pengalaman pendidikan karakter bangsa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 10 Kota Malang / Desta Dian Permadi

Permadi, Desta Dian (2014) Program community service sebagai upaya pengalaman pendidikan karakter bangsa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 10 Kota Malang / Desta Dian Permadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permadi Desta Dian. 2014. Program Community Service sebagai Upaya Pengamalan Pendidikan Karakter Bangsa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 10 Kota Malang. Skripsi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Untari M.Si. (II) Dra. Arbaiyah Prantiasih M.Si. Kata Kunci Pendidikan karakter Community Service. Globalisasi yang ada di hadapan kita sebagai sebuah fakta yang tidak bisa diingkari. Hal ini ini tidak hanya membawa dampak positif tapi juga negatif. Untuk dapat bertahan dalam kompetisi era globalisasi diperlukan sumberdaya manusia berkualitas yang cerdas terampil dan berkarakter. Di sinilah pentingnya pendidikan karakter digaungkan agar lahir kesadaran bersama untuk membangun karakter generasi muda bangsa yang siap untukberkompetisi di era globalisasi. Pendidian karakter hendaknya ditanamkan sejak dini. Oleh sebab itu konsep pendidikan karakter sangat cocok diterapkan dalam pendidikan formal. SMA Negeri 10 Kota Malang mempunyai suatu program sekolah yaitu Community Service. Program ini memberikan kesempatan kepada siswa di SMA Negeri 10 Kota Malang untuk memberikan pelayanan sosial kepada masyarakat. Dengan program community service ini diharapkan dapat melatih ketrampilan dan membentuk karakter siswa yang sesuai dengan kepribadian Bangsa Indonesia. Oleh sebab itu perlu penelitian lebih lanjut mengenai program community service di SMA Negeri 10 Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pelaksanaan program Community Service di SMA Negeri 10 Kota Malang. (2) Mendeskripsikan hambatan dan solusi dalam pelaksanaan program Community Service di SMA Negeri 10 Kota Malang. (3) Mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang ada dalam Program Community Service di SMA Negeri 10 Kota Malang. (4) Mendeskripsikan peran program Community Service dalam upaya Pendidikan Karakter di SMA Negeri 10 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan deskriptif kualitatif ini didasarkan bahwa peneliti ingin memahami gambaran peran program community service di SMA Negeri 10 Kota Malang. Sumber data primer yang dijadikan informan oleh peneliti adalah wawancara mendalam dengan Wakil Kepala Sekolah Sekolah SMA Negeri 10 Kota Malang Pembina program community service di SMA Negeri 10 Kota Malang pendamping dan beberapa murid SMA Negeri 10 Kota Malang serta sumber data yang diperoleh dari observasi kegiatan community service dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) Program community service di SMA Negeri 10 Kota Malang dilaksanakan pada hari sabtu selama 2-4 jam di tempat mitra community service. Program ini berfungsi sebagai sarana untuk menanamkan nilai-nilai karakter bangsa kepada siswa SMA Negeri 10 Kota Malang. Tahun ajaran 2013-2014 program community service di SMA Negeri 10 Kota Malang dilaksanakan dengan memberikan pelayanan kepada sekolah-sekolah di kota Malang dengan program berupa pola hidup lingkungan bersih pola hidup sehat UKS SMA Negeri 10 Kota Malang bimbingan ketrampilan hasta karya bimbingan cara belajar dan bimbingan dalam kepemimpinan. (2) Hambatan dalam Pelaksanaan Program Community Service SMA Negeri 10 Kota Malang adalah faktor idividu siswa faktor sarana dan prasarana serta kurangnya korelasi antara program community service ini dengan akademik. Solusi untuk menanggulangi hambatan sarana dan prasarana dalam pelaksannan program ini berupa rencana untuk mengadakan program community service tidak hanya keluar sekolah tetapi juga di dalam sekolah. Untuk beberapa hambatan faktor individu siswa dan kurangnya korelasi akademik yang masih dalam proses pencarian solusi yang tepat. (3) Nilai yang muncul dari proses kegiatan community service sebagai berikut Melalui pola hidup lingkungan bersih akan memunculkan karakter Bergaya Hidup Sehat Peduli Sosial dan Lingkungan Berjiwa Wirausaha. Melalui Pola Hidup Sehat UKS akan memunculkan karakter peduli Bergaya Hidup Sehat Mandiri Patuh pada Aturan-aturan Sosial Peduli Sosial dan Lingkungan. Melalui bimbingan ketrampilan hasta karya memunculkan karakter Menghargai Karya dan Prestasi Orang Lain Berfikir Logis Kritis Kreatif dan Inovatif Rasa Ingin Tahu Berjiwa Wirausaha. Melalui bimbingan cara belajar memunculkan nilai karakter Jujur Disiplin Percaya Diri Mandiri Cinta Ilmu. Melalui bimbingan dalam kepemimpinan memunculkan karakter Nasionalis Demokratis Sadar Hak dan Kewajiban Diri dan Orang Lain Mandiri Percaya Diri Disiplin. (4) Peran program community service dalam upaya pendidikan karakter di SMA Negeri 10 Kota Malang bagi sekolah adalah sebagai sarana yang sangat efektif dalam upaya pendidikan karakter dan bagi siswa community service berperan sebagai sarana yang sangat efektif dalam pembiasaan nilai-nilai karakter pada diri siswa sehingga siswa terbiasa berperilaku sesuai nilai karakter bangsa. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka ada beberapa saran yang berhubungan dengan peran program community service di SMA Negeri 10 Kota Malang yaitu (1) Perlu adanya ketegasan dalam pemberian reward dan sanksi program yang community service ini sehingga tercapai tujuan dalam upaya pendidikan karakter bangsa di SMA Negeri 10 Kota Malang. (2) Perlunya evaluasi dan perbaikan dalam pelaksanaan program community service pendidikan terutama dalam sarana prasarana sehingga proses belajar sehingga pendidikan karakter di SMA Negeri 10 Kota Malang dapat berjalan maksimal.. (3) Perlunya kesadaran pendamping agar dapat melakukan tugas yang dibebankan dengan baik sehingga proses program community service berjalan dengan baik. (4) Perlunya penelitian lanjutan untuk mengetahui bagaimana program Community Service kedepan. Selain itu dengan memperdalam fokus penelitian dan kajian teorinya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51828

Actions (login required)

View Item View Item