Peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran koop[eratif card sort berbasis kontektual dalam mata pelajaran PKn di SMP Negeri 10 Malang / Yuni Sukro Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran koop[eratif card sort berbasis kontektual dalam mata pelajaran PKn di SMP Negeri 10 Malang / Yuni Sukro Rahayu

Rahayu, Yuni Sukro (2014) Peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran koop[eratif card sort berbasis kontektual dalam mata pelajaran PKn di SMP Negeri 10 Malang / Yuni Sukro Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Card Sort Berbasis Kontekstual dalam Mata Pelajaran PKn di SMP Negeri 10 Malang. Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sri Untari M.Si. (II) Siti Awaliyah S.Pd. SH. M.Hum. Kata kunci kooperatif card sort kontekstual hasil belajar PKn. Model kooperatif card sort berbasis kontekstual adalah model yang menggunakan kartu sebagai media untuk didiskusikan dan dipresentasikan. Model ini sesuai untuk diterapkan pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 10 Malang karena model ini dapat digunakan pendidik untuk mengajak peserta didik bekerjasama dan menemukan konsep dan fakta melalui klasifikasi materi yang dibahas dalam pembelajaran sehingga dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif card sort berbasis kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif card sort berbasis kontekstual di SMP Negeri 10 Malang (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar model pembelajaran kooperatif card sort berbasis kontekstual dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII D pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 10 Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Lokasi penelitian di SMP Negeri 10 Malang yang terletak di Jalan Mayjen Sungkono No. 57 Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang. Sumber data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu data primer diperoleh dari siswa kelas VIII D berjumlah 35 orang siswa dan data sekunder berupa dokumen yang diperoleh dari tata usaha SMP Negeri 10 Malang. Teknik pengumpulan data dengan observasi wawancara dokumentasi tes dan catatan lapangan. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase hasil belajar siswa pada kegiatan pra tindakan memperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 43% dengan rata-rata ketuntasan individual sebesar 77 03. Selanjutnya hasil test siklus I menujukkan kenaikan hasil belajar siswa sebesar 37% dari hasil belajar pada kegiatan pra tindakan dengan rata-rata ketuntasan belajar siswa secara individual sebesar 79 71 dan rata-rata ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 80 00%. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil belajar siswa pada test siklus II menunjukkan bahwa adanya peningkatan sebesar 11 43% dengan perolehan skor klasikal mencapai 91 43% dan skor ketuntasan individual sebesar 84 5. Pada siklus II terdapat peningkatan yang cukup signifikan apabila dibandingkan dengan siklus I dimana perolehan rata-rata belajar individu pada siklus I hanya mencapai 79 71 dengan perolehan skor klasikal sebesar 80 00%. Sedangkan ranah afektif diukur dari rubrik penilaian keaktifan siswa. Dari hasil pengamatan yang dilakukan pada siklus I menggunakan rubrik penilaian diperoleh hasil rata-rata keaktifan siswa meningkat pada siklus I dengan perolehan sebesar 58% dan kemudian mengalami peningkatan kembali pada siklus II menjadi 91% sehingga dari adanya penerapan model pembelajaran kooperatif card sort berbasis kontekstual dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VIII D. 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan (1) bagi para guru hendaknya menggunakan model pembelajaran kooperatif card sort berbasis kontekstual sebagai alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan atau diaplikasikan pada proses pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa (2) Penciptaan iklim belajar yang kondusif di kelas dalam penerapan model pembelajaran kooperatif card sort berbasis kontekstual sangat diperlukan dan pemberian media serta perangkat pembelajaran yang memadai dapat memperlancar dan mempermudah di dalam penerapan model pembelajaran penerapan model pembelajaran kooperatif card sort berbasis kontekstual (3) bagi penelitian selanjutnya hendaknya model ini dicoba untuk diterapakan pada mata pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51827

Actions (login required)

View Item View Item