Konsep "Empat Pilar" sebagai revitalisasi nilai-nilai Pancasila di era reformasi / Andhika Yudha Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Konsep "Empat Pilar" sebagai revitalisasi nilai-nilai Pancasila di era reformasi / Andhika Yudha Pratama

Pratama, Andhika Yudha (2014) Konsep "Empat Pilar" sebagai revitalisasi nilai-nilai Pancasila di era reformasi / Andhika Yudha Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pratama Andhika Yudha. 2014. Konsep Empat Pilar Sebagai Revitalisasi Nilai-nilai Pancasila Di Era Reformasi. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suwarno Winarno. (II) Dra. Arbaiyah Priantiasih M. Si. Kata Kunci Empat Pilar Revitalisasi Pancasila Reformasi. 12288 12288 12288 Pancasila digali oleh para faounding fathers dengan landasan pemikiran dari kearifan lokal Indonesia. Pancasila adalah penggambaran asli dari sifat khas dari bangsa Indonesia. Fungsi dan kedudukan Pancasila dalam tata negara dan tata sosial begitu vital. Dalam hal tata negara Pancasila merupakan dasar negara yang salah satu fungsinya adalah menjadi sumber dari segala sumber hukum. Dalam tata sosial Pancasila dijadikan sebagai pandangan dan pedoman hidup bangsa Indonesia yang majemuk. 12288 12288 12288 Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana upaya revitalisasi nilai-nilai Pancasila di era Demokrasi Terpimpin (2) Bagaimana upaya revitalisasi nilai-nilai Pancasila di era Orde Baru (3) Bagaimana upaya revitalisasi nilai-nilai Pancasila di era Reformasi. 12288 12288 Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan upaya revitalisasi nilai-nilai Pancasila di era Demokrasi Terpimpin. (2) Untuk menjelaskan upaya revitalisasi nilai-nilai Pancasila di era orde baru.(3) Untuk menjelaskan upaya revitalisasi nilai-nilai Pancasila di era reformasi. 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan melakukan analisis terhadap data dan fakta yang diperoleh dari sumber pustaka dan dokumen. Dengan metode komparatif yang membandingkan berbagai data dan menggunakan metode kompilatif untuk menyusun berbagai data sehingga memperoleh suatu hasil analisis berupa argumentasi penulis. 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Revitalisasi nilai-nilai Pancasila di era Demokrasi Terpimpin dilaksanakan dengan berlandaskan Manipol-USDEK sebagai Garis-garis Besar Haluan Negara sesuai dengan apa yang telah ditetapkan melalui Penetapan Presiden No.1 tahun 1960. Upaya revitalisasi dibingkai dalam semangat revolusi yang terus digelorakan oleh Presiden Soekarno. Pelaksanaan Manipol-USDEK sebagai upaya untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan masyarakat dilakukan dengan cara indoktrinasi. Salah satu upaya indoktrinasi yang dilakukan oleh pemerintah adalah melaui media dan melalui bidang pendidikan yaitu di indoktrinasikan melalui mata pelajaran civics. (2) Upaya menanamkan nilai-nilai Pancasila di era Orde Baru dilakukan melalui konsep Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P-4) atau Ekaprasetia Pancakarsa yang telah ditetapkan melalui Ketetapan MPR Nomor II/ MPR/ 1978. Sebagai pelaksana konsep P-4 pemerintah melalui Instruksi Presiden No. 10 tahun 1978 untuk menyelenggarakan penataran P-4. Penataran P-4 wajib diikuti oleh masyarakat pada umumnya. Dalam rangka pelaksanaan dari P-4 khusunya bagi pelajar muatan P-4 dimasukkan kedalam mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP) dan Pelajaran Sejarah dan Pendidikan Sejarah Pendidikan (PSPB). (3) Revitalisasi nilai-nilai Pancasila di era Reformasi dilakukan melalui pelaksanaan dari konsep Empat Pilar . Konsep yang digagas oleh ketua MPR RI Taufiq Kiemas ini terdiri dari Pancasila UUD 1945 NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Konsep Empat Pilar dijalankan sebagai upaya untuk merevitalisasi nilai-nilai Pancasila di dalam kehidupan masyarakat melalui sosialisasi. Sosialisasi dari konsep Empat Pilar ini dilakukan melalui media masa bidang kesenia serta melalui bidang pendidikan. Berdasarkan temuan peneliti ini maka peneliti menyarankan agar konsep Empat Pilar sebagai upaya untuk merevitalisasi nilai-nilai Pancasila bisa menjadi program nasional. Hal tersebut secara otomatis menekankan bahwa pemerintah sebagai pembuat kebijakan harus serius dan sungguh-sungguh dalam mendukung pelaksanaan konsep Empat Pilar . Selain itu untuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan peneliti juga menyarankan konsep Empat Pilar bisa termuat dalam kurikulum pendidikan nasional. Dengan pelaksanaan konsep Empat Pilar melalui dunia pendidikan khususnya nilai-nilai Pancasila akan lebih mudah di tanamkan ke dalam masyarakat Indonesia khususnya untuk generasi muda. Sebagai upaya persiapan generasi emas Indonesia tentu generasi muda lah yang akan menjadi sosok-sosok pemimpin masa depan. Pemimpin masa depan adalah seseorang yang sadar dan paham akan karakter asli bangsa Indonesia yaitu Pancasila. Konsep Empat Pilar merupakan syarat minimal yang harus dipahami oleh setiap warga negara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51825

Actions (login required)

View Item View Item