Perencanaan pelatihan guru SMA/SMK untuk implementasi kurikulum 2013 di PPPPTK PKn dan IPS Batu Jawa Timur / Aziz Mustaqim - Repositori Universitas Negeri Malang

Perencanaan pelatihan guru SMA/SMK untuk implementasi kurikulum 2013 di PPPPTK PKn dan IPS Batu Jawa Timur / Aziz Mustaqim

Mustaqim, Aziz (2016) Perencanaan pelatihan guru SMA/SMK untuk implementasi kurikulum 2013 di PPPPTK PKn dan IPS Batu Jawa Timur / Aziz Mustaqim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mustaqim Aziz. 2016. Perencanaan Pelatihan Guru SMA/SMK Untuk Implementasi Kurikulum 2013 di PPPPTK PKn dan IPS Batu. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. M. Djauzi Moedzakir MA. (2) Drs. H. Nurhadi M.Pd Kata kunci perencanaan pelatihan implementasi kurikulum 2013. Pelatihan Guru SMA/SMK untuk Implementasi Kurikulum 2013 yang dilaksanakan serentak se Jawa Timur guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (guru) sangat menarik untuk dikaji. Pelaksanaan pelatihan di beberapa daerah masih mengalami beberapa kendala antara lain masih adanya peserta pengganti keterlambatan surat pemanggilan peserta ketidakhadiran peserta kurang optimalnya peran panitia lokal dan kurangnya koordinasi antar panitia. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggambarkan ruang lingkup perencanaan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 bagi guru-guru SMA/SMK se Jawa Timur secara rinci (2) mengetahui kendala dan hambatan dalam perencanaan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 bagi guru-guru SMA/SMK se Jawa Timur. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) perencanaan pada pelatihan ini telah dilakukan dengan beberapa komponen yaitu persiapan materi peserta instruktur sarana dan prasarana kepanitiaan anggaran dan koordinasi panitia pelatihan (2) ditemukan beberapa kendala dan hambatan dalam perencanaan pelatihan yaitu keterbatasan waktu keterbatasan SDM keterbatasan instruktur pelatihan dan permasalahan koordinasi dengan dinas pendidikan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perencanaan pelatihan masih belum berjalan secara optimal. Kelemahan ini terlihat pada 1) perencanaan materi dengan pendistribusian materi yang kurang sesuai 2) perekrutan peserta yang hanya berdasar pada guru yang mempunyai NUPTK 3) persiapan panitia masih kurang maksimal dengan hanya dilakukan pembekalan sehari 4) peren-canaan waktu dan jadwal pelatihan penggunaan waktu pelatihan tidak sesuai dengan jadwal 5) pengorganisasian panitia masih belum optimal. Dari simpulan di atas dikemukakan rekomendasi yang penting yaitu 1) perlu meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam perencanaan dan manajemen pelatihan 2) rekapitulasi calon peserta agar dilakukan secara cermat dan teliti dan dilakukan pengecekan peserta secara terus-menerus 3) pihak penyelenggara hendaknya menyusun jadwal dan waktu kegiatan dengan matang agar tidak terjadi pemotongan jam pembelajaran 4) dilakukan pembekalan kepada seluruh panitia secara optimal 5) pengorganisasian pelatihan antarpanitia hendaknya dimantapkan melalui kerjasama dengan prinsip keterbukaan dan kedisiplinan guna menciptakan teamwork yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5182

Actions (login required)

View Item View Item