Pembentukan karakter siswa melalui ekstrakurikuler pencak silat Persaudaraan Setia Hati (PSHT) di SMAN 1 Garum Kab. Blitar / Rika WijayaTeratai - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembentukan karakter siswa melalui ekstrakurikuler pencak silat Persaudaraan Setia Hati (PSHT) di SMAN 1 Garum Kab. Blitar / Rika WijayaTeratai

Wijaya, Rika (2014) Pembentukan karakter siswa melalui ekstrakurikuler pencak silat Persaudaraan Setia Hati (PSHT) di SMAN 1 Garum Kab. Blitar / Rika WijayaTeratai. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wijaya Rika. 2014. Pembentukan Karakter Siswa Melalui Ekstrakurikler Pencak Silat PSHT di SMAN 1 Garum Kab. Blitar Skripsi. Progam Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Margono M.Pd. M.Si (2) Drs. Suwarno Winarno. Kata Kunci Pembentukan Karakter Ekstrakurikuler Pencak Silat PSHT Bangsa Indonesia adalah bangsa yang berasaskan ideologi Pancasila maka sikap dan tidakan seseorang harus berdasarkan nilai-nilai Pancasila pendidikan karakter merupakan pendidikan yang memuat nilai-nilai pancasila didalamnya. Strategi untuk menerapan nilai karakter bangsa yaitu menggunakan pendidikan budi pekerti karena melalui pendidikan budi pekerti siswa akan diajarkan hal-hal positif mengenai nilai-nilai perilaku manusia melalui norma hukum norma agama tata krama dam sopan santun. Pembentukan karakter merupakan suatu proses yang terus menerus dilakukan untuk membentuk tabiat watak dan sifat-sifat kejiwaan yang berlandaskan kepada semangat pengabdian dan kebersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui progam kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat PSHT yang mencerminkan penanaman nilai karakter (2) Pelaksanaan progam kegiatan ekstrakurikuler PSHT yang mencerminkan pembentukan karakter (3) mengetahui apa kendala pembentukan karakter siswa melalui kegiatan Ekstrakurikuler Pencak Silat PSHT (4) mengetahui apa upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam pembentukan karakter melalui ekstrakurikuler Pencak Silat PSHT di SMAN 1 Garum. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data primer yang dijadikan informan oleh peneliti adalah hasil observasi kegiatan wawancara mendalam dengan Waka Kesiswaan pembina eksrakurkuler PSHT Pelatih ekstrakurikuler PSHT Ketua ekstrakurikuler PSHT Siswa ekstrakurikuler PSHT. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah karakter yang ditanamkan pada siswa melalui ekstrakurikuler Pencak Silat PSHT di SMAN 1 Garum adalah Progam kegiatan kstrakurikuler Pencak Silat PSHT yang mencerminkan penanaman nilai karakter adalah (a) kegiatan rutin (b) kenaikan sabuk (c) SMANEGA CUP (d) pemilihan atlit (e) latihan tambahan dan (f) pertandingan tingkat proinsi dan nasional. Pelaksanaan Progam kegiatan ekstrakurikuler Pencak Silat PSHT yang mencerminkan penanaman nilai karakter adalah (a) kegiatan rutin nilai karakter Religius disiplin (b) kenaikan sabuk nilai karakter religius mandiri peduli lingkungan (c) SMANEGA CUP nilai karakter displin dan menghargai prestasi (d) pemilihan atlit nilai karakter kerja keras dan menghargai prestasi (e) latihan tambahan nilai karakter kerja keras dan tanggung jawab dan (f) pertandingan tingkat proinsi dan nasional nilai karater religius menghargai prestasi dan tanggung jawab . Kendala pembentukan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Pencak Silat PSHT adalah (a) kurang kompaknya guru (b) keterlambatan siswa dan (c) sarana dan Prasarana. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam pembentukan karakter melalui ekstrakurikuler Pencak Silat PSHT di SMAN 1 Garum adalah (a) membentuk kekompakan guru (b) melatih kedisiplinan siswa dan (c) melengkapi sarana dan prasarana. 12288 12288 Dari penelitian ini saran-saran yang di ajukan yaitu Perlunya dukungan dari guru-guru yang lain kepada siswa ekstrakurikuler PSHT agar siswa dapat memperoleh prestasi yang lebih membanggakan. Adanya pembekalan tentang pembelajaran yang komprehensif (manajemen waktu) agar peserta ekstrakurikuler PSHT dapat memanajemen waktunya dengan baik karena jadwal kegiatan di SMA Negeri 1 Garum sangat padat. Mengembangkan talenta kemampuan siswa ekstrakurikuler PSHT yang berprestasi ke arah yang lebih positif. Meningkatkan proses pembinaan pada saat latihan siswa ekstrakurikuler PSHT agar siswa lebih serius dan semangat dalam mengikuti ekstrakurikuler PSHT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51814

Actions (login required)

View Item View Item