Pengembangan media cd interaktif pada materi ajar subtansi konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X KPR SMK Negeri 11 Malang / Muhammad Sugiantoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media cd interaktif pada materi ajar subtansi konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X KPR SMK Negeri 11 Malang / Muhammad Sugiantoro

Sugiantoro, Muhammad (2014) Pengembangan media cd interaktif pada materi ajar subtansi konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X KPR SMK Negeri 11 Malang / Muhammad Sugiantoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan Media CD Interaktif pada Materi Ajar Substansi Konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X KPR di SMK Negeri 11 Malang. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Arbaiyah Prantiasih M.Si. dan (II) Hj. Yuni Astuti SH.M.Pd. Kata Kunci Media CD Interaktif Prestasi Belajar. Pendidikan sebagai salah satu bentuk perwujudan peradaban manusia yang penuh dengan perkembangan dan berlangsung seumur hidup mempunyai peranan yang penting dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Dalam pembelajaran guru harus mempersiapkan pendekatan atau model pembelajaran metode media materi dan alat penilaian yang sesuai dengan keterampilan proses dalam mata pelajaran PKn. Hal ini baik dilakukan agar tujuan pembelajaran PKn dapat tercapai dengan optimal aktivitas belajar dan hasil belajar siswa meningkat. Mata pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) merupakan salah satu mata pelajaran yang kegiatan belajar mengajarnya banyak didominasi dengan metode ceramah yang dianggap kurang menarik dan tidak jarang hal ini secara tidak langsung mengurangi minta belajar siswa. Faktanya banyak mayoritas siswa yang duduk dibangku depan yang lebih berkonsentrasi mendengarkan ceramah dari guru. Mengacu dari proses belajar mengajar yang dirasakan belum dapat meningkatkan minat belajar tersebut maka hal ini memerlukan suatu media yang didalamnya terdapat unsur-unsur praktis dan siswa dapat memvisualisasikan materi yang disampaikan oleh guru. Media CD Interaktif pembelajaran merupakan salah satu bentuk media multimedia yang mempunyai kelebihan dan juga keterbatasan. Kelebihan media CD Interaktif antara lain praktis menarik dalam menyampaikan pesannya dapat digunakan setiap waktu dan tempat terdapat komunikasi dua arah (antara pengguna dan media) dan dapat mendorong rasa ingin tahu serta motivasi lebih tinggi terhadap siswa. Adapun keterbatasan dalam media CD Interaktif adalah memerlukan sebuah komputer dalam hal penggunaannya dan memerlukan motivasi peserta didik dalam pembelajaran. Sehingga diperlukan rumusan yang tepat dalam mengembangkan media CD Interaktif dengan bentuk dan model yang menarik sehingga dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. Dalam suatu proses pembelajaran harus terdapat unsur yang menyenangkan sehingga peserta didik akan lebih rileks dan merasakan kenyamanan dalam kegiatan belajarnya. Tujuan penelitian ini sebagai berikut (1) Untuk mengukur tingkat kelayakan media pembelajaran CD Interaktif Materi Konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 11 Malang (2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa SMK Negeri 11 Malang kelas X KPR pembelajaran PKn setelah diterapkan media pembelajaran CD Interaktif Materi Konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Model pengembangan CD interaktif Materi Substansi Konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan prosedural. Model prosedural adalah model deskriptif yang menggambarkan alur langkah-langkah prosedural yang harus diikuti untuk menghasilkan suatu produk tertentu. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan menurut Borg Gall. Untuk keperluan pengembangan penelitian memodifikasi tahap-tahap model pengembangan media menurut Borg dan Gall (Setyosari 2010 208) menjadi 8 tahap yang disesuaikan dengan waktu dan keperluan pengembangan. Tahapan-tahapan tersebut terdiri dari (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal (2) perencanaan media (3) pengembangan produk awal (4) validasi uji ahli uji materi dan uji pembelajaran (5) analisis hasil validasi (6) revisi produk (7) uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar (8) revisi produk akhir. Hasil pengembangan media CD Interaktif dilakukan validasi media validasi materi validasi pembelajaran dan uji coba terbatas. Validator untuk validasi media adalah Dosen TEP FIP UM validator untuk validasi materi adalah Dosen HKn FIS UM validator untuk pembelajaran adalah Guru SMK. Validator untuk uji coba adalah 8 siswa SMK untuk kelompok kecil dan 36 siswa SMK untuk kelompok besar. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket/kuiseoner dengan skala rating scale 4 tingkatan dan lembaran saran. Data yang diperoleh berupa skor penilaian dan saran dari validator yang digunakan untuk menentukan validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Hasil penelitian pengembangan ini adalah hasil validasi media yang dikembangkan diperoleh persentase 91 25% validasi materi diperoleh persentase 76 31% dan validasi pembelajaran diperoleh persentase 90% yang menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan valid atau layak digunakan dalam pembelajaran disekolah. Hasil uji coba kelompok kecil mencapai validitas 98 54% dan hasil uji coba kelompok besar mencapai validitas 98 33% yang berarti sudah layak untuk digunakan dalam pembelajaran yang sesungguhnya. Hasil belajar yang diperoleh dari uji coba kelompok kecil hasil rata-rata pre-test 71 25 dan hasil rata-rata post-test 81 25 sehingga ada peningkatan dari pembelajaran menggunakan media CD Interaktif. Hasil belajar yang diperoleh dari uji coba kelompok besar hasil rata-rata pre-test 73 05 dan hasil rata-rata post-test 83 33 sehingga ada peningkatan dari pembelajaran menggunakan media CD Interaktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51806

Actions (login required)

View Item View Item