Penerapan lesson study dalam pembelajaran mata pelajaran PKn untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Animasi SMK Negeri 11 Malang / Nofian Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan lesson study dalam pembelajaran mata pelajaran PKn untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Animasi SMK Negeri 11 Malang / Nofian Wijaya

Wijaya, Nofian (2014) Penerapan lesson study dalam pembelajaran mata pelajaran PKn untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Animasi SMK Negeri 11 Malang / Nofian Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penerapan Lesson Study dalam Pembelajaran Mata Pelajaran PKn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Animasi SMK Negeri 11 Malang. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Dra. Arbaiyah Prantiasih M.Si (II) Dra. Sri Untari M.Si. Kata Kunci Lesson Study Hasil Belajar. Mutu pendidikan di Indonesia masih rendah pembelajaran pendidikan kewarganegaraan yang dilakukan masih menerapkan pembelajaran konvesional dalam mengajar siswapun cenderung malas dan bosan. Perlu diupayakan cara atau pendekatan yang layak untuk mengatasi masalah seputar pendidikan. Melalui Lesson Study sangat dimungkinkan untuk meningkatkan keprofesionalan guru khususnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Lesson Study merupakan suatu cara efektif yang dapat meningkatkan kualitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa. Lesson Study memiliki peran yang cukup besar dalam melakukan perubahan sistematik. Lesson Study dapat meningkatkan mutu pembelajaran dikelas karena guru mengembangkan Lesson Study berdasarkan sharing dan kolaborasi bersama guru lain serta melakukan perbaikan pembelajaran berdasarkan pada kondisi kelas yang nyata dan memfokuskan pada belajar siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini berkaitan dengan Penerapan Lesson Study dalam Pembelajaran Mata Pelajaran PKn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Animasi SMK Negeri 11 Malang adalah (1) bagaimana penerapan Lesson Study dalam pembelajaran mata pelajaran PKn pada siswa kelas X Animasi SMK Negeri 11 Malang (2) Apakah dengan diterapkan Lesson Study dalam pembelajaran mata pelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Animasi SMK Negeri 11 Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui penerapan Lesson Study dalam pembelajaran mata pelajaran PKn pada siswa kelas X Animasi SMK Negeri 11 Malang (2) mengetahui apakah dengan diterapkannya Lesson Study dalam pembelajaran mata pelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Animasi SMK Negeri 11 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Animasi SMK Negeri 11 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah data keterlaksanaan Lesson study dan data hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan Lesson Study dalam pembelajaran mata pelajaran PKn untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Animasi SMK Negeri11 Malang adalah mempersiapkan segala sesuatu misalnya RPP model pembelajaran dan media yang akan digunakan dalam PBM. Tahapan Lesson Study ada 3 yaitu Plan (Perencanaan) Do (Pelaksanaan) See (Refleksi) (2) hasil belajar siswa kelas X Animasi SMK Negeri 11 Malang setelah di terapkannya Lesson Study dalam pembelajaran mata pelajaran PKn adalah untuk pra tindakan memperoleh nilai rata-rata 61 85 sedangkan pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 68 82. Adapun prosentase keberhasilan klasikal dari 40 orang siswa terdapat 17 orang siswa yang tuntas pada pertemuan ke-2 atau 42 5%. Pada siklus II nilai rata-rata 83 65 adapun prosentase keberhasilan klasikal dari 40 siswa terdapat 35 orang siswa yang tuntas pada pertemuan ke-2 atau 87 5%. Berdasarkan temuan penelitian disarankan agar (1) guru model sebaiknya lebih menguasai materi dalam proses pembelajaran agar pembelajaran berjalan dengan maksimal (2) dalam mengajar sebaiknya guru model lebih bisa mengkondisikan kelas agar siswa yang ramai dapat terkendalikan sehingga pembelajaran bisa berjalan lancar dan siswa aktif dalam pembelajaran (3) guru model sebaiknya lebih bisa mengalokasikan waktu dengan baik agar alokasi waktu yang sudah tercantum di dalam RRP dapat digunakan dengan maksimal (4) bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melaksanakan penelitian sejenis yang bertujuan untuk memperbaiki hasil belajar PKn siswa dengan menerapkan Lesson Study dengan subjek dan materi yang berbeda jika diperlukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51805

Actions (login required)

View Item View Item