Efektivitas pemberian Surat Peringatan (SP) untuk membentuk karakter disiplin siswa di SMK PGRI 3 Malang / Danar Dwi Ayu Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pemberian Surat Peringatan (SP) untuk membentuk karakter disiplin siswa di SMK PGRI 3 Malang / Danar Dwi Ayu Lestari

Lestari, Danar Dwi Ayu (2014) Efektivitas pemberian Surat Peringatan (SP) untuk membentuk karakter disiplin siswa di SMK PGRI 3 Malang / Danar Dwi Ayu Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lestari Danar Dwi Ayu. 2010. Efektivitas Pemberian Surat Peringatan untuk Membentuk Karakter Disiplin Siswa Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan FakultasIlmuSosial (FIS) UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Margono M.Pd M.Si (II) SitiAwaliyah S.Pd M.Hum Kata Kunci SuratPeringatan KarakterDisiplinSiswa Pendidikan merupakan kebutuhan utama setiap orang di masa sekarang dan yang akan datang. Pendidikan juga merupakan sebuah proses untuk mengubah jati diri peserta didik untuk lebih maju.Nilai-nilai pendidikan sendiri adalah suatu makna serta ukuran yang tepat dan akurat yang mempengaruhi adanya pendidikan itu sendiri.Terkait dengan pendidikan karakter disiplin dewasa ini mulai banyak dibicarakan bentuk-bentuk alternatif pemecahannya. Salah satu topik yang menarik untuk dibahas adalah mengenai surat peringatan yang muncul sebagai bentuk alternatif pemecahan untuk membentuk karakter disiplin siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuksuratperingatan (2)mendeskripsikan pemberianSuratPeringatan (3) mendeskripsikan efektivitaspemberianSuratPeringatanuntukmembentukkarakterdisiplinsiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa guru kepala sekolah di SMK PGRI 3 Malang.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dandokumentasi.Data yang telah terkumpul dan disusun selanjutnya dianalisis secara bertingkat yaitu pada waktu peneliti masih ditempat penelitian atau pun sesudahnya dan dilakukan secara berulang-ulang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bentuk surat peringatan di SMK PGRI 3 Malang ada 3 yaitu (a) SP 1diberikanjika siswa tidak masuk sekolah tanpa ijin 9 sampai dengan 17 jam pelajaran tergantungperbuatan lain setaradenganperbuatanitu misalnyasiswaramai di dalamkelas tidakpiketkelas terlambat tidakmembawabukupaket. SP 1 keluar diterimakan kepada siswa dan orang tua. Pemberian SP 1 berlaku dalamsatu semester sejak diberikan.(b) SP 2diberikanjika siswa tidak masuk sekolah tanpa ijin 18 sampai dengan 35 jam pelajaran. SP 2 keluar diterimakan kepada siswa dan orang tua disertai pemanggilan kepada orang tua untuk menghadap guru wali. Pemberian SP 2 apabila setelah SP 1 diberikan kemudian siswa masih melanggar peraturan.(c) SP 3diberikanjika siswa tidak masuk sekolah tanpa ijin 36 sampai dengan 59 jam pelajaran. SP 3 keluar diberikan kepada siswa disertai pemanggilan orang tua untuk menghadap guru wali dan membuatsuratpernyataanpenegasan kepada siswa dan orang tua apabila tidak ada perbaikan kehadiran sehingga alpa mencapai 60 jam pelajaran dalam satu semester maka akan dikeluarkan surat pemutusan studi. Pemberian SP 3 merupakan tahapan akhir apabila sudah mendapat SP1 dan SP 2. Dalam hal ini tergantung nilai perilaku dan akademik siswa jika baik maka akan perlu dipertimbangkan kembali sebelum pemutusan studi dilakukan. Prosedurpemberiansuratperingatan di SMK PGRI 3 Malang yaitumempunyai ketentuan yang sudah diatur dalam peraturan SMK PGRI 3 Malang yaitu (a) tidak masuk sekolah tanpa ijin 9 sampai dengan 17 jam pelajaran keluar SP 1. Diberikanolehkesiswaankepada guru walidansiswa (b) tidak masuk sekolah tanpa ijin 18 sampai dengan 35 jam pelajaran keluar SP 2. Diberikanolehkesiswaansertapemanggilan orang tua (c) tidak masuk sekolah tanpa ijin 36 sampai dengan 59 jam pelajaran keluar SP 3. Diberikankepada guru wali orang tuadansiswa (d) tidak masuk sekolah tanpa ijin 60 jam pelajaran surat keputusan tentang pemutusan studi keluar secara otomatis tanpa melalui proses pemanggilan orang tua (e) keterangan (1) Satu jam untuk kelas X dan XII 45 menit (2) Satu jam untuk siswa PRAKERIN 60 menit (kelas XI). Efektivitaspemberiansuratperingatanuntukmembentukkarakterdisiplinsiswa. Pemberian surat peringatan efektif dalam membentuk karakter disiplin siswa. Salah satu tindakan untuk menetertibkan bebarapa siswa mengupayakan membuat surat peringatan yang jelas. Kepala sekolah yang disiplin dan teguh harus mampu mengarahkan dan mengkoordinasi para guru dan siswa agar bersikap tertib dan taat pada peraturan yang berlaku. Namun sebagian dari beberapa siswa ada yang setuju dan tidak setuju dengan diterapkannya Surat Peringatan di SMK PGRI 3 Malang. Keefektifan Surat Peringatan di sekolah SMK PGRI 3 Malang tentunya tidak terpisahkan dari dukungan dan bantuan dari berbagai pihak sekolah. Misalnya kepala sekolah wakil kepala sekolah staf kesiswaan guru siswa dan orang tua murid. Semuanya diperlukan kerjasama yang baik guna untuk menciptakan kedisiplinan siswa. Saran agar pemberianSuratPeringatantetapdilaksanakanseefektifmungkin serta kendala-kendala yang dihadapi terutama yang berkaitan dengan Surat Peringatan dapat dihindari dengan memberikan pembinaan atau sosialisasi kepada guru-guru dan orang tua.Bagi guru untuk kedepan hendaknya meningkatkan kedisiplinan dan menjadi contoh yang baik untuk siswa.Bagi siswa diharapkan untuk lebih disiplin dengan adanya pemberian Surat Peringatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51803

Actions (login required)

View Item View Item