Suryansya, Rizky (2015) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Malang / Rizky Suryansya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Suryansya Rizky 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Malang. Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd (II) Saidah Ulfa M.Edu. Ph.D Kata kunci pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ilmu pengetahuan alam Kata media berasal dari bahasa latin medius yang secara harfiah berarti tengah perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan. Sedangkan multimedia pembelajaran interaktif terbentuk dari beberapa media yang sesuai dengan definisi multimedia pembelajaran interaktif itu sendiri yaitu teks image animasi audio video dan interaktif link. SMP Negeri 2 Malang menggunakan 2 media yaitu media tiruan berupa organ dalam manusia serta buku cetak. Kelemahan dari kedua media tersebut adalah kurang mampu memberikan pemahaman tentang proses dari sistem pencernaan makanan sehingga pemahaman siswa tentang proses pencernaan makanan bervariasi. Sehingga diperlukan media baru yang mampu mengatasi hal tersebut. Selain itu media yang diperlukan juga harus mampu dioperasikan secara mendiri oleh siswa. Media pembelajaran tersebut adalah multimedia pembelajaran interaktif. Pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif yang telah melalui proses validasi pada mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 2 Malang. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Research Develompment (R D). langkah langkah dalam pengembangan ini adalah 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) desain produk 4) validasi desain 5) revisi desain 6) ujicoba produk dan 7) revisi produk. 12288 12288 12288 12288 Hasil pengembangan media pembelajaran interaktif ini telah diuji cobakan dengan hasil ahli media 78.3% dinyatakan cukup valid ahli materi 83.3% dinyatakan valid hasil uji coba perorangan 86.2% dinyatakan valid hasil uji coba kelompok kecil 87.5% dinyatakan valid dan hasil uji coba kelompok besar 83% dinyatakan valid. Dengan demikian media pembelajaran interaktif dikatakan efektif dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.Saran yang diajukan kepada guru mata pelajaran IPA adalah hendaknya media pembelajaran interaktif ini dikembangkan sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan untuk siswa meningkatkan kebiasaan belajar secara mandiri dengan memanfaatkan kemajuan teknologi seperti komputer. Multimedia pembelajaran interaktif ini sebagai salah sumber pengetahuan untuk siswa dalam mempelajari mata pelajaran IPA sistem pencernaan makanan. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Mar 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/518 |
Actions (login required)
View Item |