Implementasi nilai karakter dalam pembelajaran PKn tentang materi pemberantasan korupsi pada siswa kelas X SMK PGRI Singosari Malang Jawa Timur / Yuni Hindria Martini - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi nilai karakter dalam pembelajaran PKn tentang materi pemberantasan korupsi pada siswa kelas X SMK PGRI Singosari Malang Jawa Timur / Yuni Hindria Martini

Martini, Yuni Hindria (2014) Implementasi nilai karakter dalam pembelajaran PKn tentang materi pemberantasan korupsi pada siswa kelas X SMK PGRI Singosari Malang Jawa Timur / Yuni Hindria Martini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Martini Yuni Hindria. 2014. Implementasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran PKn tentang Materi Pemberantasan Korupsi pada Siswa Kelas XSMK PGRI Singosari Malang Jawa Timur. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suparlan Al Hakim M.Si. (II) Hj. Yuniastuti S.H M.Pd Kata Kunci Nilai Karakter Proses Pembelajaran Pemberantasan Korupsi Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang menanamkan dan mengembangkan karakter-karakter luhur kepada anak didik dengan adanya pendidikan karakter akan membentuk moral yang baik. Pendidikan karakter juga erat kaitannya dengan pemberantasan korupsi yang sekarang ini sedang digalang-galangnya untuk melawan tindakan tersebut. Dengan menanamkan nilai karakter kepada anak didik terutama dalam proses pembelajaran materi pemberantasan korupsi akan mengajarkan anak untuk tidak melakukan tindakan korupsi dan menjadikannya penerus bangsa yang bermoral baik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui rancangan yang dibuat guru PKn dalam mengimplementasikan nilai karakter (2) untuk mengetahui implementasi nilai karakter pada proses pelaksanaan pembelajaran dalam mata pelajaran PKn (3) untuk mengetahui faktor penunjang dan faktor penghambat dalam mengimplementasikan nilai karakter pada pembelajaran PKn (4) untuk mengatahui upaya-upaya guru untuk mengatasi faktor penghambat dalam mengimplementasikan nilai karakter tentang materi pemberantasan korupsi pada siswa kelas X SMK PGRI Singosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan deskriptif kualitatif ini didasarkan bahwa peneliti ingin memahami implementasi nilai karakter dalam pembelajaran PKn tentang materi pemberantasan korupsi pada siswa kelas X SMK PGRI Singosari Malang Jawa Timur. Sumber data primer yang dijadikan informan oleh peneliti adalah wawancara dengan kepala sekolah wakil kepala sekolah bidang kesiswaan guru mata pelajaran PKn dan siswa kelas X. Sumber sekuder merupakan sumber tidak langsung yang memberikan data kepada peneliti yaitu RPP dan Silabus pelaksanaan pembelajaran tentang materi pemberantasan korupsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dokumen observasi wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Rancangan yang dibuat guru PKn dalam mengimplementasikan nilai pendidikan karakter tentang materi pemberantasan korupsi di SMK PGRI Singosari dalam mengimplementasikan nilai pendidikan karakter dengan memasukkannya di silabus dan RPP pada setiap komponen dalam perangkat pembelajaran. Nilai pendidikan karakter dalam silabus diwujudkan dengan langkah yang dilakukan oleh guru mata pelajaran PKn dalam mengimplementasikan nilai pendidikan karakter pada silabus yaitu (1) Menganalisis SK KD untuk mengidentifikasi nilai pendidikan karakter (2) merelevankan nilai pendidikan karakter dengan kegiatan belajar materi indikator penilaian dan sumber belajar (3) memasukkan nilai karakter. Sedangkandalam RPP nilai pendidikan karakter diintergrasikan dalam indikator pencapaian kompetensi tujuan pembelajaran materi pembelajaran metode pembelajaran langkah pembelajaran dan evaluasi pembelajaran yang direlevankan dengan nilai karakter yang termuat dalam materi pemberantasan korupsi dan nilai karakter yang ingin dicapai. Implementasi nilai karakter pada proses pelaksanaan pembelajaran dalam mata pelajaram PKn tentang materi pemberantasan korupsi terlihat pada kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan akhir serta dalam pengelolaan kelas. Peneliti berkesimpulan bahwa implementasi nilai karakter dalam proses pembelajaran tentang materi pemberantasan korupsi sudah tercapai tetapi belum maksimal. Materi yang dijelaskan oleh guru dalam kegiatan inti juga sudah memuat nilai karakter yang diinginkan sesuai RPP. Hal yang membuat belum maksimalnya pengimplementasian nilai karakter yang termuat dalam pemberantasan korupsi dikarenakan pembelajarannya menggunakan metode diskusi kelompok yang kurang berhasil dengan keadaan kelas yang kurang kondusif. Selain itu dalam pemberian tugas masih ada beberapa siswa yang tidak mengerjakan. Pengelolaan kelas pada awal pembelajaran sudah kondusif tetapi saat guru sedang menjelaskan materi mulai lah kelas kurang kondusif jadi dalam pengelolaan kelas masih belum sepenuhnya berhasil. Faktor penghambat dan faktor penunjang dalam mengimplementasikan nilai karakter tentang materi pemberantasan korupsi meliputi beberapa faktor. Faktor penghambatnya yaitu kurangnya perhatian keluarga keadaan kelas dan kurangnya kesadaran siswa terhadap hal-hal positif. Faktor penunjang yaitu penerapan kedisiplinan dan pemberian reward dan panishmen. Upaya guru untuk mengatasi faktor penghambat dalam mengimplementasikan nilai karakter tentang materi pemberantasan korupsi yaitu mengajak orang tua memantau perilaku siswa memberi teladan yang baik kepada siswa memberi sosialisasi mengenai nilai karakter membiasakan siswa berperilaku positif dan pemberian point

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51796

Actions (login required)

View Item View Item