Hubungan motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar PKn di SMP Negeri 1 Singosari / Yustinus Hendry Adi

Adi, Yustinus Hendry (2014) Hubungan motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar PKn di SMP Negeri 1 Singosari / Yustinus Hendry Adi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Adi, Yustinus Hendry. 2013. Hubungan Motivasi Belajar Dan Lingkungan keluarga terhadap Hasil Belajar PKN DI SMP Negeri 1 Singosari. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum Dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Suparlan Al Hakim, M.Si. (II) Siti Awaliyah, S.Pd, M.hum. Kata kunci: motivasi belajar, lingkungan keluarga, hasil belajar Motivasi berfungsi sebagai pendorong usaha dan pencapaian prestasi. Seseorang melakukan suatu usaha karena ada motivasi. Adanya motivasi yang kuat dalam belajar akan menunjukkan hasil yang baik. Dan adanya lingkungan keluarga yang baik akan berdampak pada hasil belajar. Motivasi siswa dan lingkungan keluarga akan sangat menentukan tingkat pencapaian hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)motivasi belajar pada siswa siswi , 2) lingkungan keluarga pada siswa siswi, 3) ada tidaknya hubungan antara motivasi elajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar PKN di SMP Negeri 1 Singosari Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan korelasional. Desain deskriptif untuk mendeskripsikan variabel motivasi belajar, lingkungan keluarga dan hasil belajar. Sedangkan desain korelasional untuk mengetahui adanya korelasi antara motivasi belajar, dan lingkungan keluarga dengan hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelasVIII sebanyak 262 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling populasi sebanyak 72 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar, dan lingkungan keluarga. Sedangkan data hasil belajar diambil dari nilai ujian tengah semester. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) motivasi belajar siswa-siswi kelas VIII cukup tinggi, 2) lingkungan keluarga siswa-siswi kelas VIII SMPN 1 Singosari tergolong sangat sejahtera, 3) terdapat hubungan yang positif pada variabel motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar. Berdasarkan kesimpulan di atas, maka diajukan saran-saran yaitu :1) kepada Kepala Sekolah agar lebih meningkatkan pengadaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan siswa guna menunjang proses belajar siswa sehingga siswa dapat mencapai hasil yang maksimal dalam belajar dan selalu memotivasi siswa agar memiliki dan meningkatkan minat belajar siswa sehingga hasil belajar yang optimal dapat dicapai.2) disarankan kepada guru agar lebih meningkatkan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa sehingga siswa menjadi lebih tertarik pada pelajaran, selain itu guru dapat lebih meningkatkan pemberian motivasi kepada siswa sehingga siswa lebih giat untuk belajar, dan juga guru dapat lebih meningkatkan media pembelajaran agar siswa menjadi tertarik dan bersemangat dalam belajar , 3) untuk siswa disarankan agar dapat membiasakan diri untuk giat belajar baik dirumah maupun berdiskusi dengan teman, orang tua dan pihak lain yang bisa mendukung proses belajar siswa sehingga wawasan siswa menjadi semakin luas dan diharapkan hasil belajar siswa akan tercapai secara optimal. Selain itu, disarankan agar siswa dapat menyadari dan menumbuhkan motivasi dalam diri masing-masing untuk belajar dengan rajin, lebih fokus terhadap mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan, 4) kepada para peneliti selanjutnya yang tertarik dengan tema, disarankan melakukan penelitian dengan menambahkan variabel bebas lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51787

Actions (login required)

View Item View Item