Pengembangan modul berbasis kecakapan sosial (social skills) sebagai alternasi pembelajaran PPKn dalam mengoptimalkan potensi peserta didik di kelas VII SMPN 2 Sumobito Kabupaten Jombang / Zulis Mariastutik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul berbasis kecakapan sosial (social skills) sebagai alternasi pembelajaran PPKn dalam mengoptimalkan potensi peserta didik di kelas VII SMPN 2 Sumobito Kabupaten Jombang / Zulis Mariastutik

Mariastutik, Zulis (2014) Pengembangan modul berbasis kecakapan sosial (social skills) sebagai alternasi pembelajaran PPKn dalam mengoptimalkan potensi peserta didik di kelas VII SMPN 2 Sumobito Kabupaten Jombang / Zulis Mariastutik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mariastutik Zulis. 2013. PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KECAKAPAN SOSIAL (SOCIAL SKILLS) SEBAGAI ALTERNASI PEMBELAJARAN PPKn DALAM MENGOPTIMALISASIKAN POTENSI PESERTA DIDIK DI KELAS VII SMPN 2 SUMOBITO KABUPATEN JOMBANG. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Arbaiyah Prantiasih. M.Si (2) Drs. Suwarno Winarno. Kata Kunci Modul berbasis kecakapan sosial Kecakapan sosial (Social skills) Optimalisasi potensi peserta didik. 12288 12288 12288 12288 Upaya meningkatkan kualitas manusia pendidikan menempatkan pilihan utama dan faktor dominan untuk mewujudkannya. Penyelenggaraan pendidikan didasarkan filsafat hidup suatu bangsa yang mencerminkan cara hidup dan kehidupan bangsa. Perhatian terhadap peserta didik yang memiliki kemampuan lebih dari yang lain juga harus ditingkatkan. Penanaman nilai dan sikap dianggap penting untuk setiap individu. Maka dari itu pada penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah modul berbasis kecakapan sosial (social skills) sebagai alternasi pelajaran PPKn dalam mengoptimalisasi potensi peserta didik. Modul berbasis kecakapan sosial digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran tentunya materi yang relevan dengan materi norma. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural mengikuti metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/R D. Pengembangan yang dihasilkan adalah modul berbasis kecakapan sosial (social skills) dengan isi materi norma sosial dan perilaku yang sesuai dengan norma sosial. Nilai karakter yang ditanamkan adalah nilai religious hidup bersama orang lain jujur disiplin dan tanggung jawab. Modul berbasis kecakapan sosial bersifat fleksibel atau dapat disesuaikan dan menyesuaikan kondisi materi norma yang relevan potensi peserta didik dan kompetensi yang dimiliki oleh guru. Hasil penelitian produk modul berbasis kecakapan sosial menunjukkan baik pada uji coba ahli materi media peserta didik dan guru. Atas saran dari validator maka dilakukan revisi untuk menghasilkan produk modul berbasis kecakapan sosial yang sangat baik atau sempurna. Dengan demikian produk modul berbasis kecakapan sosial (social skills) dapat dikategorikan layak dan bisa digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51783

Actions (login required)

View Item View Item