Pelaksanaan pendidikan moral bagi anak jalanan oleh lembaga pemberdayaana anak jalanan griya baca Kota Malang / Titik Nurhayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pendidikan moral bagi anak jalanan oleh lembaga pemberdayaana anak jalanan griya baca Kota Malang / Titik Nurhayati

Nurhayati, Titik (2014) Pelaksanaan pendidikan moral bagi anak jalanan oleh lembaga pemberdayaana anak jalanan griya baca Kota Malang / Titik Nurhayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurhayati Titik. 2013.Pelaksanaan Pendidikan Moral bagi Anak Jalanan oleh Lembaga Pemberdayaan Anak Jalanan Griya Baca Kota Malang. Skripsi Prodi PPKn Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Margono MPd. M.Si. (II) Drs. H .Moch. Yuhdi Batubara S.H M.H Kata Kunci Pendidikan Moral Anak jalanan Griya Baca. Pendidikan moral adalah usaha sadar yang dilakukan dalam rangka menanamkan nilai-nilai moral kepada seseorang. Nilai-nilai moral wajib diajarkan kepada seseorang agar dalam bertingkahlaku sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku di masyarakat. Pendidikan moral wajib diberikan kepada setiap orang tidak terkecuali kepada mereka yaitu anak jalanan. Anak jalanan yang setiap harinya menghabiskan waktu di jalan secara tidak langsung tingkah laku mereka akan terpengaruh dengan lingkungan sekitar dan orang-orang yang hidup di jalanan. Sedangkan kehidupan di jalanan adalah kehidupan dibawah garis keras yang sudah terkontaminasi dengan hal-hal yang negative. Anak jalanan perlu mendapatkan pendidikan moral yang sesuai dengan budi pekerti yang luhur. Banyak langkah-langkah pemerintah dalam menanggulangi masalah anak jalanan diantaranya dengan membangun yayasan dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat. Hal ini seperti yang telah dilakukan oleh Lembaga Pemberdayaan Anak Jalanan Griya Baca. Melalui LPAJ Griya Baca anak jalanan akan mendapatkan pendidikan moral melalui program-program kegiatan yang telah dibuat oleh lembaga Griya Baca. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui latar belakang berdirinya Lembaga Pemberdayaan Anak Jalanan Griya Baca kota Malang (2) mengetahui nilai-nilai moral yang dididikan di Lembaga Pemberdayaan Anak Jalanan Griya Baca kota Malang (3) mengetahui model pendidikan moral di Lembaga Pemberdayaan Anak Jalanan Griya Baca kota Malang dan (4) mengetahu hasil pendidikan moral di Lembaga Pemberdayaan Anak Jalanan Griya Baca kota Malang. Penelitian ini dilakukan di Lembaga Pemberdayaan Anak Jalanan Griya Baca kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data penyajian data dan mengambil kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan data dilakukan dengan kreadibilitas dan dependabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa latar belakang berdirinya Griya Baca bermula dari kepedulian para mahasiswa di berbagai universitas di kota Malang akan nasib anak jalanan nilai-nilai yang dididikan adalah keimanan ketaqwaan sopan santun kejujuran keteladanan kebersihan ketertiban kebersamaan dan kepedulian. Model pendidikan moral diajarakan melalui kegiatan program ayo sekolah pembinaan hari Selasa dan Sabtu pesantren kilat bulan berbagi dan pelatihan bakat minat berupa pelatihan tari dan pelatihan musik. Hasil dari pendidikan moral di Griya Baca berupa perubahan pada cara mereka berhubungan dengan Tuhan cara berbicara cara bersikap dan cara merawat diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51779

Actions (login required)

View Item View Item