Afirmasi nilai-nilai identitas bangsa melalui kegiatan Javanese Day di SMP Negeri 1 Lamongan / Eka Rahmadani - Repositori Universitas Negeri Malang

Afirmasi nilai-nilai identitas bangsa melalui kegiatan Javanese Day di SMP Negeri 1 Lamongan / Eka Rahmadani

Rahmadani, Eka (2013) Afirmasi nilai-nilai identitas bangsa melalui kegiatan Javanese Day di SMP Negeri 1 Lamongan / Eka Rahmadani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahmadani Eka. 2013. Afirmasi Nilai-Nilai Identitas Bangsa melalui Kegiatan Javanese Day di SMP Negeri 1 Lamongan. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suparlan Al Hakim M.Si (II) Siti Awaliyah S.Pd M.Hum. Kata Kunci afirmasi identitas bangsa Javanese Penegasan suatu identitas bangsa bisa dilakukan dalam bentuk afirmasi (penegasan peneguhan atau pengakuan) melalui budaya lokal. Proses pembudayaan dilakukan melalui tahap demi tahapan baik melalui proses pembelajaran maupun gaya hidup lambat laun akan terbentuk menjadi masyarakat berkebudayaan. Identitas tidak mungkin bisa dipisahkan dari tindakan atau (action) para pelakunya melalui ekspresinya di tingkat action (tindakan) simbol (termasuk identitas) memperoleh pemaknaannyasekaligus perwujudan konkretnya. Diera globalisasi ini menurunnya kesadaran generasi muda terhadap kebudayaan Jawa. Sehingga diperlukan suatu kegiatan sebagai upaya melestarikan kebudayaan Jawa melalui berbagai macam kegiatan memang banyak dilakukan dalam lingkungan masyarakat. Namun pada lingkungan formal seperti sekolah sangat jarang adanya pengembangn karakter budaya Jawa. Berkaitan dengan permasalahan diatas diperlukan pembahasan mengenai afirmasi nilai-nilai identitas bangsa melalui kegiatan Javanese Day tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan (1) program afirmasi nilai-nilai identitas bangsa melalui kegiatan Javanese Day (2) gambaran pelaksanaan program afirmasi nilai-nilai identitas bangsa melalui kegiatan Javanese Day (3) faktor-faktor pendukung pelaksanaan kegiatan Javanese Day (4) hambatan-hambatan dalam pelaksanaan kegiatan Javanese Day. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Sehingga data yang diperoleh oleh peneliti menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrument manusia yaitu peneliti sendiri. Sedangkan kegiatan analisis data dimulai dari reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya pengecekan keabsahan data melalui trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) program afirmasi nilai-nilai identitas bangsa melalui kegiatan Javanese Day. Program Javanese Day ini dalam pelaksanaannya melibatkan seluruh siswa. Program ini mengacu pada 8 standar mutu dari sekolah antara lain adanya standar isi standar proses standar kompetensi lulusan standar pendidik dan tenaga kependidikan standar sarana dan prasarana standar pengelolaan standar pembiayaan dan standar penilaian pendidikan. Diera globalisasi juga telah banyakmenghancurkan nilai- nilai tradisional Jawa yang adiluhung yang tentu masih relevan dengan kehidupan masyarakat (2) pelaksanaan program afirmasi nilai-nilai identitas bangsa melalui kegiatan Javanese Day. Penyambutan yang dilaksanakan oleh siswa tersebut mempunyai makna memberikan ucapan selamat datang. Penyambutan dengan mengucapkan kalimat sugeng enjing yang mempunyai arti dalam bahasa Indonesia adalah selamat pagi. Tentunya kegiatan ini diiringi dengan penggunaan bahasa-bahasa sederhana selain membawa siswa untuk dapat memberikan rasa hormat dengan menempatkan bahasa Jawa yang terdiri dari 3 jenis antara lain krama ngoko krama alus dan krama inggil. Bahasa Jawa tersebut digunakan sesuai dengan dimana dan dengan siapa berbicara. bahasa Jawa dikenalkan pada siswa tidak hanya saat menyambut. Bahasa Jawa juga terdapat pada cindera mata yang diberikan kepada siswa atau setiap orang yang datang lebih awal dengan ditempeli kata-kata yang bahasa Jawa (3) faktor-faktor pendukung dalam pelaksanaan program afirmasi nilai-nilai identitas bangsa melalui kegiatan Javanese Day. Dukungan terhadap pelaksanaann kegiatan Javanese Day Pertama dalam bentuk moril yang diberikan dengan senantiasa membuat skedjul program sosialisasi dan manfaat. Kedua memberikan fasilitas kepada siswa. Ketiga reward dengan penilaian yang dimasukkan dalam pelajaran bahasa Jawa. Pelaksanaan kegiatan Javanese Day ini secara terus menerus sebagai pengenalan dan pelestarian identitas bangsa pada siswa-siswi di sekolah juga dengan diberikan poster-poster parikan bahasa Jawa pada setiap kelas dan saat ini adanya mading Jawa (4) hambatan-hambatan dalam pelaksanaan program afirmasi nilai-nilai identitas bangsa melalui kegiatan Javanese Day. Hambatan yang banyak dirasakan oleh siswa ini cenderung dalam penggunaan bahasa Jawa pada penulisan ungkapan dan penulisan aksara Jawa sesuai bahasa ungkapan yang digunakan. Sehingga dibutuhkan bimbingan pebelajaran dari guru bahasa Jawa. Namun saat pelaksanaan terkadang adanya hambatan-hambatan baik dari siswa yang menyambut atau yang disambut dan bapak/ibu guru. Hambatan-hambatan yang terjadi saat pelaksanaan kegiatan Javanese Day memang tidak berpengaruh besar terhadap jalannya kegiatan. Berdasarkan dari hasil penelitian ini saran-saran yang diajukan oleh penulis yaitu (1) agar pengenalan terhadap identitas budaya Jawa melalui bidang formal lebih efektif dapat dikenal oleh siswa. Seyogyanya Kepala Sekolah sebagai pengordinir dari semua program-program yang ada di SMP Negeri 1 Lamongan mempertahankan kegiatan Javanese Day sebagai program sekolah (2) agar saat pelaksanaan penyambutan dalam kegiatan Javanese Day dapat berjalan efektif dibutuhkan keterlibatan bapak dan ibu guru sebagai pendamping juga antusias dari siswa yang bertugas menyambut maupun siswa yang disambut seyogyanya saling menghargai dengan mengucapkan sugeng enjing bersalaman dan rasa terima kasih saat memperoleh cindera mata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51771

Actions (login required)

View Item View Item