Mastuti, Probohayu Pertiwi Kusumaning (2013) Nilai-nilai karakter bangsa pada buku siswa mata pelajaran pendidikan Pancsila dan kewarganegaraan kelas VII SMP berdasarkan kurikulum 2013 / Probohayu Pertiwi Kusumaning Mastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Mastuti Probohayu Pertiwi Kusumaning. 2013. Nilai-Nilai Karakter Bangsa pada Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII SMP Berdasarkan Kurikulum 2013. Progam Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Margono M.Pd M.Si (II) Hj.Yuni Astuti S.H M.Pd. Kata kuci buku teks pelajaran PPKn nilai-nilai karakter bangsa kelas VII SMP Buku teks pelajaran merupakan buku acuan wajib untuk digunakan di sekolah yang memuat materi pembelajaran. Materi yang disajikan dalam buku teks pelajaran harus mengandung nilai-nilai karakter bangsa dalam peningkatan dan pembentukan kepribadian baik dalam diri siswa. Dalam hal tersebut pengembangan nilai-nilai yang menjadi landasan dari karakter merupakan proses yang berkelanjutan dan dapat diberikan melalui berbagai mata pelajaran dalam kurikulum salah satunya adalah pembelajaran dalam mata pelajaran PPKn. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter bangsa yang terkandung dalam buku teks pelajaran PPKn serta wujud dari nilai karakter bangsa tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui teknik analisis isi (content analysis) karena yang menjadi objek kajian dalam penelitian ini adalah buku teks pelajaran. Sumber data penelitian ini adalah buku siswa mata pelajaran PPKn kelas VII SMP terbitan Kemdikbud Republik Indonesia tahun 2013 dengan kontributor naskah Lukman Surya Saputra dan Wahyu Nugroho. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis isi mengenai nilai-nilai karakter bangsa yang terkandung dalam buku siswa mata pelajaran PPKn serta wujud dari nilai karakter bangsa tersebut. Untuk menjaga keabsahan data triangulasi sumber digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik wawancara dengan guru mata pelajaran PPKn dan siswa kelas VII SMP terkait kandungan dan wujud nilai-nilai karakter bangsa pada buku teks PPKn. Kegiatan analisis data dimulai dari mempelajari data menandai dengan kata-kata kunci mempelajari kata-kata kunci menuliskan model yang ditemukan serta melakukan analisis data melalui koding terhadap data terkait delapan belas nilai karakter yang ditemukan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh dua hasil penelitian sebagai berikut. Pertama delapan belas nilai-nilai karakter bangsa sudah terkandung dalam buku teks pelajaran PPKn kelas VII SMP kurikulum 2013. Kedua nilai-nilai karakter bangsa yang terkandung dalam buku teks pelajaran sudah diwujudkan penulis dalam seluruh bagian yaitu bagian pendahuluan bagian inti dan bagian penutup. Sesuai data yang sudah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa buku teks pelajaran PPKn kelas VII SMP berdasarkan kurikulum 2013 sudah mengandung delapan belas nilai karakter bangsa di seluruh bagian buku pelajaran sesuai dengan rintisan dari Kemendiknas tahun 2010. Dari hasil penelitian maka saran yang dapat diberikan peneliti kepada penulis buku berikutnya supaya menyesuaiakan pengembangan kurikulum 2013 dengan pembelajaran dan kepada guru mata pelajaran PPKn supaya lebih berkreasi lagi dalam menggunakan model pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Dec 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/51766 |
Actions (login required)
View Item |