Penerapan metode pembelajaran sosiodrama pada mata pelajaran PKn untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII A di MTs Nurul Ulum Malang / M. januar Ibnu Adham - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran sosiodrama pada mata pelajaran PKn untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII A di MTs Nurul Ulum Malang / M. januar Ibnu Adham

Adham, M. Januar Ibnu (2013) Penerapan metode pembelajaran sosiodrama pada mata pelajaran PKn untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII A di MTs Nurul Ulum Malang / M. januar Ibnu Adham. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

M. Januar Ibnu Adham. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Sosiodrama Pada Mata Pelajaran PPKn Untuk Meningkatkan Keaktifan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 20 Malang. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Untari M.Si. (II) Siti Awaliyah S.Pd M. Hum. Kata Kunci Penerapan Metode Sosiodrama Meningkatkan Keaktifan Siswa. Fenomena rendahnya partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar juga nampak di kelas VIII A di MTs Nurul Ulum Malang. Berdasarkan observasi awal yang di lakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa masih banyaknya masalah-masalah rendahnya tingkat partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar di dalam kelas diantaranya adalah 1) Masih banyak siswa yang bercanda dan bergurau sama temennya saat guru sedang menyampaikan materi pelajaran 2) Masih banyak siswa yang takut bertanya pada guru tentang materi pelajaran karena kurangnya rasa percaya diri siswa 3) Kurang aktifnya siswa dalam proses belajar mengajar karena siswa itu cenderung menyimpan ide-ide gagasannya dalam hati saja dengan tidak berani mengungkapkannya di dalam kelas 4) Proses pembelajaran dalam kelas yang masih monoton diamana guru masih menerapakan metode ceramah yang menyebabkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran PKn rendah serta menyebabkan kebosanan pada siswa. Oleh sebab itu perlunya tindakan dari guru untuk melakukan inovasi dan peningkatan mutu belajar siswa terkait dengan masalah belajar diatas agar partisipasi dan prestasi siswa dapat meningkat dari sebelumnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yaitu penelitian di dalam konteks kelas yang bertujuan memperbaiki praktek pembelajaran di kelas dengan menggunakan prinsip kolaboratif dan siklus action dalam memcahkan sebuah masalah sehingga dapat meningkatkan keterampilan proses dan keaktifan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Sosiodrama. Tahapan penelitian tindakan kelas berupa suatu siklus yang yang meliputi kegiatan observasi awal perencanaan (planning) tindakan (action) pengamatan(observation) dan refleksi (reflection).Tahap-tahap tersebut membentuk siklus demi siklus hingga penelitian ini tuntas. Temuan hasil analisis adalah temuan penelitian setelah dilakukan analisis data yang dalam penelitian ini yaitu membandingkan skor keaktifan belajar siswa pada siklus I dan siklus II. keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 13 29% dari siklus I ke siklus II. Pada siklus satu rata-rata skor keaktifan siswa sebesar 66 2 dengan kualifikasi cukup meningkat pada siklus II menjadi 75 dengan kualifikasi tinggi. Untuk itu peneliti mencoba memberikan saran terhadap hasil dalam penelitian ini yaitu (1)Bagi sekolah Pihak sekolah dalam hal ini adalah kepala sekolah diharapkan dapat berperan sebagai motor dan inisiator kepada guru untuk memakai model pembelajaran Sosiodrama pada saat mengajar terutama pada materi yang memiliki ruang lingkup cukup luas. (2) Bagi Guru Diharapkan kepada semua guru terutama pada guru mata pelajaran PKn agar dapat menerapkan model pembelajaran yang menarik yang bisa mendorong siswa untuk ikut aktif dalam kegiatan pembelajaran sebagai alternatif dalam praktek pembelajaran. (3)Bagi Peneliti Selanjutnya Bagi peneliti selanjutnya untuk tetap berkarya menerapkan dan mengembangkan model-model pembelajaran yang menarik dan menyenagkan. Karena sesuai dengan perkembangan zaman diman IPTEK yang semakin canggih menciptakan model dan media pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk semangat belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51763

Actions (login required)

View Item View Item