Makna penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran membaca anak usia dini di KB-TK Islam Terpadu Robbani Singosari Malang / Deris Eka Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Makna penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran membaca anak usia dini di KB-TK Islam Terpadu Robbani Singosari Malang / Deris Eka Putri

Putri, Deris Eka (2016) Makna penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran membaca anak usia dini di KB-TK Islam Terpadu Robbani Singosari Malang / Deris Eka Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Deris Eka. 2016. Makna Penggunaan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Membaca Anak Usia Dini di KB-TK Islam Terpadu Robbani Singosari Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ahmad Mutadzakir M.Pd (2) Drs. Lasi Purwito M.S Kata kunci metode demonstrasi membaca anak usia dini. Metode demonstrasi merupakan salah satu metode pembelajaran anak usia dini yang sangat disukai dan sangat erat kaitannya dengan peserta didik. Demonstrasi yang dilakukan dalam kelas membuat suasana pembelajar menjadi kondusif dan bersemangat sehingga perkembangan anak dapat di stimulasi secara optimal. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran membaca anak usia dini di KB-TK Islam Terpadu Robbani dan mendeskripsiskan alasan menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Sumber data dari penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik dengan melakukan prosedur pengumpulan data berupa observasi wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data yang dilakukan adalah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan serta melakukan pengecekan keabsahan data dengan cara perpanjangan pengamatan meningkatkan ketetentuan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membaca yang dilakukan di KB-TK Islam Terpadu Robbani berdasarkan kriteria-kriteria yang telah disesuaikan oleh lembaga yang berbasis islam dalam pembelajaran kemampuan dasar. Kriteria yang disebutkan adalah sesuai dengan tingkat perkembangan anak dan usia pembelajaran membaca diberikan melalui demonstrasi dan disesuaikan dengan aspek bahasa. Pembelajaran yang diberikan lebih banyak menggunakan metode demonstras. Demonstrasi akan menciptakan suasana belajar yang kondusif sehingga peserta didik akan antusias dalam menerima pembelajaran yang akan disampikan. Makna dari penggunaan metode demonstrasi dilakukan secara individu dan bersama-sama yaitu berdasarkan tiga unsur utama antara lain tempat waktu dan macam-macam tema pembelajaran. Alasan menggunakan metode demonstrasi karena materi pembelajaran lebih mudah disampaikan dan lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Dari hasil pembahasan saran yang diberikan untuk lembaga pendidikan KB-TK Islam Terpadu Robbani yaitu metode demonstrasi dilakukan dalam pembelajaran membaca anak usia dini ada kalanya saat proses demonstrasi berlangsung pendidik membagi perkelompok agar saat proses demonstrasi berlangsung peserta didik lebih jelas untuk melihat dan pendidik tidak mengulang-ulang demonstrasi secara terus menerus. Sebaiknya penyampaian demonstrasi dibantu dengan media untuk mempermudah pendidik dalam menyampaikan isi pembelajaran. Dari kegiatan tersebut peserta didik akan mendapatkan suasana pembelajaran yang baru dan akan lebih bersemangat lagi dalam menerima pembelajaran yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5176

Actions (login required)

View Item View Item