Strategi pembiasaan dalam meningkatkan kedisiplinan untuk membangun karakter siswa di SMK PGRI Singosari / Marshalita Debby Puji Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pembiasaan dalam meningkatkan kedisiplinan untuk membangun karakter siswa di SMK PGRI Singosari / Marshalita Debby Puji Astuti

Astuti, Marshalita Debby Puji (2013) Strategi pembiasaan dalam meningkatkan kedisiplinan untuk membangun karakter siswa di SMK PGRI Singosari / Marshalita Debby Puji Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Astuti Marshalita Debby Puji. 2013.Strategi Pembiasaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Untuk Membangun Karakter Siswa Di SMK PGRI Singosari Jurusan Hukum Dan Kewarganegaraan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H.A.Rosyid Al Atok M.Pd MH (II) Rusdianto Umar S.H M.Hum. Kata Kunci Strategi Pembiasaan Kedisiplinan Karakter siswa. Kedisiplinan merupakan sebuah tindakan yang harus dilakukan oleh para siswa agar tercipta kondisi yang aman nyaman dan tertib di lingkungan sekolah. Namun dalam melaksanakan kedisiplinan tidak luput dari kendala yang dihadapi. Utamanya berkaitan dengan kenakalan siswa misalnya membolos terlambat masuk sekolah malas belajar kluyuran disaat jam belajar berlangsung dan sebagainya. Oleh karena itu untuk menjawab permasalahan tersebut diperlukan suatu perencanaan (strategi) pembiasaan yang dilakukan oleh sekolah karena kedisiplinan pada seseorang tidak dapat tumbuh tanpa adanya campur tangan dari pendidik dilakukan secara bertahap terus-menerus dan sedikit demi sedikit. Selain itu diharapkan dengan adanya strategi pembiasaan ini dapat membentuk karakter siswa. Membicarakan pembentukan karakter pada hakekatnya berbicara tentang penanaman nilai dalam lingkungan baik lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah. Berpijak pada permasalahan yang ada maka permasalahan yang timbul adalah (1) Bagaimana rencana strategi pembiasaan dalam meningkatkan kedisiplinan untuk membangun karakter siswa di SMK PGRI Singosari (2) Bagaimana pelaksanaan strategi pembiasaan dalam meningkatkan kedisiplinan untuk membangun karakter siswa di SMK PGRI Singosari (3) Apa faktor pendukung pelaksanaan pembiasaan dalam meningkatkan kedisiplinan untuk membangun karakter siswa di SMK PGRI Singosari (4) Apa hambatan pelaksanaan strategipembiasaan dalam meningkatkan kedisiplinan untuk membangun karakter siswa di SMK PGRI Singosari (5) Bagaimana upaya sekolah untuk mengatasi hambatan saat melaksanakan strategi pembiasaan dalam meningkatkan kedisiplinan untuk membangun karakter siswa di SMK PGRI Singosari. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengandalkan peneliti sebagai instrumen kunci dan dengan cara mendeskripsikan dalam bentuk kata-kata. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat deskriptif yaitu pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan keadaan subyek atau obyek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Dari hasil penelitian ditemukan beberapa rencana strategi pembiasaan dalam meningkatkan kedisiplinan untuk membangun karakter siswa yang dilaksanakan oleh SMK PGRI Singosari melalui (a) Peraturan dapat membangun karakter siswa jujur tanggung jawab disiplin bersahabat cinta damai dan peduli lingkungan (b) Keteladanan guru keteladanan yang dicontohkan guru dapat membentuk karakter siswa menjadi disiplin baik berdisiplin dalam waktu berpakaian dan sikap (c) Sarana dan prasarana yang masuk dalam rencana stategi pembiasaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dan membangun karakter siswa yang pertama slogan dan tulisan yang dapat membentuk karakter siswa menjadi toleransi disiplin peduli lingkungan dan tanggung jawab. Kedua tempat sampah yang dapat membentuk karakter siswa menjadi peduli lingkungan dan tanggung jawab. Ketiga adalah Mushola yang dapat membentuk karakter siswa menjadi religus (d) Kegiatan sekolah yang termasuk dalam rencana strategi pembiasaan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa adalah upacara bendera yang dapat membentuk karakter siswa menjadi cinta tanah air semangat kebangsaan disiplin religius dan tanggung jawab dan LDK yang dapat membentuk karakter siswa menjadi kreatif mandiri disiplin kerja keras bersahabat dan toleransi (e) Reward dan Punishment yang berupa pemberian poin pada buku pribadi siswa yang dapat membentuk karakter siswa menjadi disiplin dan bertanggung jawab. Berdasaran hasil penelitian ini dapat disarankan agar diakukan penelitian lebih lanjut oleh peneliti lain agar dapat mengetahui lebih banyak tentang strategi pembiasaan yang dilakukan oleh sekolah-sekolah hendaknya peneliti lain melakukan penelitian pengembangan dengan memperdalam topik dan permasalahan dan kajian teori lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51754

Actions (login required)

View Item View Item