Pararuk, Eva Yuliana (2013) Pembinaan nilai-nilai moralitas pasa narapidana anak di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang / Eva Yuliana Pararuk. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pararuk Eva Yuliana. 2013. Pembinaan Nilai-Nilai Moralitas Pada Narapidana Anak di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang. Skripsi. Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Suko Wiyono SH .MH (II) Drs. Suwarno Winarno. Kata Kunci nilai moral narapidana anak lembaga pemasyarakatan 12288 12288 12288 12288 Pembinaan nilai moral penting untuk membentuk karakter yang lebih baik yaitu pribadi yang memiliki pengetahuan moral peranan perasaan moral dan tindakan atau perilaku moral. Sehingga dengan pembinaan nilai moral diharapkan bisa memperbaiki moral generasi muda yang terlanjur buruk. Hal inilah yang menjadi tantangan apabila pembinaan nilai moral ini diterapkan dilingkungan anak-anak atau remaja yang memiliki permasalahan moral seperti di Lembaga Pemasyarakatan. Pembinaan nilai moral bertujuan untuk memantapkan kembali harga diri dan kepercayaan diri seseorang serta bersikap optimis akan masa depannya dan untuk menjadikan manusia yang patuh hukum yang tercermin pada sikap dan perilakunya yang tertib disiplin serta mampu menggalang rasa kesetiakawanan sosial. Pembinaan nilai moral di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Malang diharapkan dapat mengembalikan narapidana anak menjadi manusia seutuhnya meninggalkan masa lalunya yang kurang baik menyadarai kesalahan sehingga dapat diterima kembali oleh masyarakat. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembinaan nilai-nilai moralitas pada narapidana anak di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Malang yang mencakup berbagai nilai-nilai moralitas yang diberikan kepada narapidana anak-anak langkah-langkah dalam memberikan pembinaan nilai-nilai moralitas pada narapidana anak persepsi narapidana anak terhadap pembinaan nilai-nilai moralitas hambatan dalam pelaksaan pembinaan nilai-nilai moralitas dan upaya mengatasi hambatannya serta prospek dalam pembinaan nilai-nilai moralitas di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian yang berupa dokumentasi dan hasil wawancara dengan beberapa informan kunci seperti narapidana anak petugas dan pengajar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Beberapa simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama pembinaan nilai-nilai moralitas tersebut dibagi menjadi beberapa pembinaan yaitu pembinaan nilai kedisiplinan pembinaan keagamaan/kerohanian pembinaan melalui pendidikan dan pembinaan tanggung jawab. Kedua langkah-langkah yang dilakukan dalam memberikan pembinaan nilai-nilai moralitas pada narapidana anak di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Malang adalah mula-mula dilakukan pembinaan kedisiplinan kemudian dilanjutkan dengan pembinaan keagamaan dan selanjutnya melalui pembinaan kependidikan. Pembinaan dilakukan secara terus-menerus dari awal masuknya narapidana sampai nanti kembali ke masyarakat. Ketiga persepsi yang diungkapakan oleh narapidana anak terkait dengan pelaksanaan pembinaan nilai-nilai moralitas di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Malang mayoritas beranggapan sudah berjalan dengan baik namun ada beberapa narapidana anak yang masih berpendapat pelaksanaan belum berjalan dengan baik dan maksimal. Keempat hambatan atau kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan nilai-nilai moralitas di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Malang antara lain (a) motivasi belajar yang rendah (b) jumlah tenaga pengajar yang terbatas (c) pengajar kurang berkompeten (d) minimnya waktu yang diberikan untuk memberikan pembinaan pendidikan dan (e) keterbatasan fasilitas. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Malang untuk mengatasi hambatan atau kendala diatas yaitu antara lain dengan (a) memberikan motivasi secara terus-menerus (b) menyediakan tambahan tenaga pengajar yang benar-benar berkompeten di bidangnya (c) memberikan tambahan jam dalam pelaksanaan pembinaan sedikit lebih lama lagi sehingga pembinaan yang diberikan pun dapat lebih banyak dan (d) memperbaiki fasilitas yang ada untuk membuat para narapidana anak merasa lebih nyaman dalam menerima pembinaan. Kelima prospek pembinaan nilai-nilai moralitas pada narapidana anak di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Malang meningkatkan kualitas pembinaan dan mengharapkan bantuan dan perhatian dari pihak luar untuk lebih memaksimalkan kegiatan pelaksanaan pembinaan nilai-nilai moralitas di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/51743 |
Actions (login required)
View Item |