Ekawati, Renny (2013) Perilaku cheating pada siswa kelas X SMK Sriwedari / Renny Ekawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ekawati Renny. 2011. Perilaku Cheating Pada Siswa Kelas X SMK Sriwedari. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang (I) Dra. Sri Untari M.Si (II) Drs. Margono M.Pd M.Si Kata Kunci Perilaku Cheating SMK Sriwedari Perilaku cheating adalah sebuah fenomena pendidikan yang sudah menjadi kebiasaan di Indonesia. Survey dilakukan di sejumlah kota besar di Indonesia dan hasilnya 70% mengaku bahwa mereka pernah melakukan cheating. Cheating selalu diidentikan dengan kehidupan para siswa di sekolah. Perilaku cheating akan mempengaruhi dalam proses serta hasil akhir belajar siswa. Kurangnya perhatian mengenai perilaku cheating disebabkan karena sebagian orang menganggap cheating adalah hal sepele. Berkaitan dengan itu di perlukan pembahasan mengenai perilaku cheating tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup alasan-alasan para siswa melakukan cheating bentuk atau cara yang di lakukan siswa dalam perilaku cheating dampak yang terjadi akibat melakukan cheating dan cara penanggulangan perilaku cheatin. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa paparan pembahasan tentang perilaku cheating pada siswa kelas X SMK Sriwedari. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap penelahaan data tahap identifikasi data dan tahap evaluasi data. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan dari sebagai berikut. Pertama alasan para siswa melakukan cheating adalah materi pelajaran yang dianggap susah dan ingin mendapatkan nilai yang baik tanpa melakukan proses belajar. Kedua cara-cara yang dilakukan siswa dalam melakukan tindakan cheating adalah dengan merangkum materi dan menyembunyikannya di tempat yang mereka anggap aman memakai bantuan Hp dan juga bisa menggunakan kode jari tangan. Ketiga dampak yang terjadi akibat perilaku cheating adalah siswa akan merasa malas buat belajar karena mereka beranggapan akan mendapatkan nilai bagus tanpa harus lelah belajar Keempat cara-cara penanggulangan perilaku cheating dengan membangkitkan rasa percaya diri siswa dan bagi guru dengan mengubah metode mengajar yang pas buat siswa. Berdasarkan hasil kajian disarankan bagi siswa untuk membuat jadwal belajar kelompok dan juga bagi pihak sekolah hendaknya menambah jam pelajaran tambahan diluar jam sekolah. Bisa juga mendisiplinkan para siswa pada saat ujian dengan pengumpulan sumber dari jawaban.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/51741 |
Actions (login required)
View Item |