Pembiasaan nilai-nilai moral pada siswa SMP Negeri 1 Malang / Naning Febriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembiasaan nilai-nilai moral pada siswa SMP Negeri 1 Malang / Naning Febriana

Febriana, Naning (2013) Pembiasaan nilai-nilai moral pada siswa SMP Negeri 1 Malang / Naning Febriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Febriana Naning. 2013. Pembiasaan Nilai-nilai Moral Pada Siswa SMP Negeri 1 Malang. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Margono M.Pd. M.Si. (II) Rusdianto Umar S.H. M.Hum. Kata Kunci Pembiasaan Nilai-nilai moral. 12288 12288 12288 12288 12288 Pembiasaan yang baik berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku yang ditampakkan oleh peserta didik. Hal ini dikarenakan pembiasaan merupakan salah satu alat pendidikan. Dalam dunia pendidikan yang dimaksud dengan alat pendidikan yakni usaha-usaha atau perbuatan yang ditujukan dalam pelaksanaan pendidikan guna pencapaian tujuan pendidikan. Dalam memberikan pembiasaan kepada peserta didik juga diperlukan pengawasan. Sejak dini anak harus dibiasakan untuk mengenal perilaku-perilaku yang baik. Pembiasaan perilaku yang baik membawa pembentukan pada karakter anak dimasa yang akan datang. Memberikan pembiasaan baik kepada anak akan lebih baik dibandingkan dengan membiarkan anak untuk membiasakan dirinya untuk berbuat tidak baik. Dalam pembiasaan dibutuhkan suatu kerjasama yang baik antara orang tua lembaga pendidikan yang ditempuh anak serta lingkungan sekitar hidup anak. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) nilai-nilai moral yang dibiasakan pada siswa SMP Negeri 1 Malang (2) bentuk pembiasaan yang dilakukan untuk menumbuhkan nilai-nilai moral di SMP Negeri 1 Malang (3) faktor-faktor penghambat dalam pembiasaan nilai-nilai moral di SMP Negeri 1 Malang (4) dan upaya mengatasi hambatan dalam pembiasaan nilai-nilai moral di SMP Negeri 1 Malang. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dimaksudkan untuk memperoleh keaslian dan kealamian data yang diperoleh dengan subyek SMP Negeri 1 Malang. Dalam pendekatan ini peneliti diwajibkan untuk secara langsung dalam pengumpulan data karena dalam penelitian kualitatif peneliti tidak dapat terpisahkan dengan subyek yang akan diteliti. Sumber data penelitian ini menggunakan sumber data primer yakni Kepala SMP Negeri 1 Malang Wakil Kepala SMP Negeri 1 Malang Bidang Kesiswaan Guru dan siswa sendiri. Dalam penelitian ini juga menggunakan dokumentasi sebagai sumber data sekunder. Adapun prosedur pengumpulan data antara lain observasi wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif dan penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Malang. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Nilai-nilai yang dibiasakan pada siswa di SMP Negeri 1 Malang antara lain (a) nilai religius (b) nilai kejujuran (c) nilai toleransi (d) nilai disiplin (e) nilai kerja keras (f) nilai kreatif (g) nilai demokratis (h) nilai cinta tanah air (i) nilai semangat berprestasi (j) nilai kepedulian dan (k) nilai tanggung jawab. (2) Bentuk pembiasaan yang dilakukan untuk menumbuhkan nilai-nilai moral pada siswa SMP Negeri 1 Malang antara lain (a) dengan keteladanan seluruh warga sekolah (b) menyediakan wadah untuk menyalurkan bakat dan minat siswa dengan kegiatan intra ataupun ekstrakulikuler (c) menjalin kerjasama dengan semua lini pendidikan (d) mengintegrasikan nilai-nilai moral ke dalam setiap mata pelajaran yang diajarkan. (3) Faktor-faktor penghambat dalam pembiasaan nilai-nilai moral di SMP Negeri 1 Malang antara lain (a) kurangnya kesadaran terhadap peraturan sekolah (b) kurangnya rasa kepedulian terhadap lingkungan di kalangan siswa (c) belum adanya patokan baku mengenai penilaian moral pada siswa di SMP Negeri 1 Malang. (4) Upaya dalam mengatasi hambatan dalam pembiasaan nilai-nilai moral di SMP Negeri 1 Malang antara lain (a) konsistensi terhadap peraturan sekolah bagi seluruh warga SMP Negeri 1 Malang (b) pemberian pembinaan kepada siswa (c) dan dengan penanganan langsung permasalahan yang timbul sedini mungkin. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat diberikan antara lain (1) Untuk lebih memberikan pemahaman terhadap nilai-nilai moral kepada siswa diperlukan suatu kerja keras bagi guru dalam setiap pengajaran yang dilakukan baik di dalam ataupun di luar kelas dengan bentuk keteladanan yang baik. Setiap guru khususnya guru PKn dapat memilih media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dalam pembelajaran sehingga dapat diselipkan nilai-nilai moral yang harus dipahami oleh siswa (2) Pemberian hadiah atau penguatan kepada perilaku siswa yang bertindak baik untuk lebih diperhatikan dengan pemberian penilaian moral di buku rapor siswa sehingga siswa dapat merasa bangga karena berbuat baik sehingga akan mengulang perbuatan baik tersebut (3) Sekolah lebih memperhatikan pengkondisian lingkungan untuk menciptakan suasana nyaman dan menyenangkan bagi siswa dalam berperilaku yang menunjukkan nilai-nilai moral dan (4) Setiap siswa harus selalu patuh dan taat kepada peraturan yang telah ditetapkan sekolah dan dengan sadar menerapkan nilai-nilai moral di setiap perilaku yang diperbuat untuk mencapai kemandirian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51733

Actions (login required)

View Item View Item