Pelaksanaan ekstrakurikuler Hizbul Wathan dalam meningkatkan rasa nasionalisme siswa SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo / Yunita Cahayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan ekstrakurikuler Hizbul Wathan dalam meningkatkan rasa nasionalisme siswa SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo / Yunita Cahayani

Cahayani, Yunita (2013) Pelaksanaan ekstrakurikuler Hizbul Wathan dalam meningkatkan rasa nasionalisme siswa SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo / Yunita Cahayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Cahayani Yunita. 2013. Pelaksanaan Ekstrakurikuler Hizbul Wathan dalam Meningkatkan Rasa Nasionalisme Siswa SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Dr.H. A Rosyid Al Atok M.Pd M.H (II) Siti Awaliyah S.Pd M.Hum. Kata Kunci Ekstrakurikuler Hizbul Wathan Nasioanalisme Dalam lingkungan Pendidikan Muhammadiyah terdapat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) yang bisa digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan rasa nasionalisme karena Hizbul Wathan sendiri merupakan organisasi otonom di lingkungan Muhammadiyahyang khusus dalam bidang kepanduan yang bertujuan untuk pembela tanah air. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui (1) program ekstrakurikuler Hizbul Wathan dalam meningkatkan rasa nasionalisme siswa di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo (2) pelaksanaan program ekstrakurikuler Hizbul Wathan dalam meningkatkan rasa nasionalisme siswa di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo (3)kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam meningkatkan rasa nasionalisme melalui pelaksanaan ekstrakurikuler Hizbul Wathan di SMP muhammadiyah 1 Sidoarjo (4) upaya mengatasi kendala dalam meningkatkan rasa nasionalisme melalui pelaksanaan ekstrakurikuler Hizbul Wathan di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Untuk mencapai tujuan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif sumber peneliti terdiri dari pembina ekstrakurikuler Hizbul Wathan guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan 3 (tiga) metode yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan cara reduksi data penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi data. Untuk menjamin keabsahan data yang ditemukan peneliti melakukan pengecekan keabsahan temuan dengan perpanjangan kehadiran ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil peneliti menyatakan (1) program ektrakurikuler Hizbul Wathan terdiri dari latihan rutin persami outboun survival camp dan ujian persami.(2) pelaksanaan ekstrakurikuler Hizbul Wathan dilaksanakan setiap hari sabtu jam 8.30 WIB dengan kegiatan latihan rutin. Untuk mengembangkan ekstrakurikuler Hizbul Wathan peran beberapa pihak sangat diperlukan dalam meningkatkan rasa nasionalisme siswa seperti kepala sekolah gurudan pelatih Hizbul Wathan. Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan rasa nasionalisme siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan pembina merencanakan kegiatan dengan menarik sehingga meningkatkan minat siswa untuk mengikuti beberapa kegiatan yang ada di ekstrakurikuler Hizbul Wathan dan pembina sering mengikut sertakan siswa anggota Hizbul Wathan dalam jambore sedagkan dari pihak sekolah mengupayakan untuk memfasilitasi semua kegiatan Hizbul Wathan mulai dari kegiatan di dalam kelas dan diluar kelas dan juga memberikan anggaran dana untuk melaksanakan kegiatan (3) kendala yang dihadapi dalam meningkatkan rasa nasionalisme dialami oleh pihak pembina dan siswa yaitu dari keputusan kepala sekolah hanya mewajibkan anggota Ikatan Remaja Muhammadiyah (IPM) saja dan kurangnya dukungan dari pihak guru selain itu juga terkendala oleh benturan jadwal kegiatan ekstrakurikuler (4) untuk mengatasi kendala yang dialami tersebut berbagai upaya dilakukan yaitu dengan mengadakan rapat seluruh guru dan pembina ekstrakurikuler yang ada di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo menghasilkan keputusan yaitu kepala sekolah menghimbau agar semua guru berperan aktif dalam segala bentuk kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan dan mengusahakan untuk mengatur jadwal ektrakurikuler sehingga tidak terjadinya benturan jadwal. Berdasarkan dari penelitian ini dapat disarankan bahwa kegiatan ektrakurikuler Hizbul Wathan merupakan kegiatn yang dapat meningkatkan rasa nasionalisme siswa dengan begitu seharusnya dari pihak guru bisa lebih memperhatikan dengan memberikan dukungan dari semua kegiatan yang dilakukan dalam ekstraurikuler Hizbul Wathan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51731

Actions (login required)

View Item View Item