Pemanfaatan video Bang One sebagai sumber belajar PKn pada materi kasus korupsi dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia kelas VIII SMP Negeri 3 Malang / Danang Ferianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan video Bang One sebagai sumber belajar PKn pada materi kasus korupsi dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia kelas VIII SMP Negeri 3 Malang / Danang Ferianto

Ferianto, Danang (2013) Pemanfaatan video Bang One sebagai sumber belajar PKn pada materi kasus korupsi dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia kelas VIII SMP Negeri 3 Malang / Danang Ferianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci video Bang One sumber belajar PKn. Video Bang One merupakan video kartun karikatur yang memiliki tema reaksi terhadap peristiwa atau kejadian sosial politik. Video Bang One ditayangkan oleh stasiun TV swasta yaitu TVOne pada segmen apa kabar Bang One yang masuk pada sajian berita. Dengan demikian materi yang terkandung pada video Bang One mengenai suatu peristiwa sosial politik video Bang One dapat digunakan sebagai sumber belajar PKn yang berhubungan dengan analisis suatu peristiwa atau kejadian hal ini sesuai dengan dimensi pengetahuan (civic knowledge) bidang studi pendidikan kewarganegaraan yang mencakup politik hukum dan moral. Sumber belajar dapat berupa apa saja dan dimana saja asal memenuhi kriteria sumber belajar tersebut bermanfaat untuk mencapai sasaran belajar dan dapat digunakan pada pokok bahasan tertentu. Dengan demikian video Bang One dapat dikategorikan sebagai sumber belajar karena video Bang One memiliki materi yang dapat digunakan pada pokok bahasan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan alasan mengapa video Bang One dapat dimanfaatkan sebagi sumber belajar PKn pada materi kasus korupsi dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia kelas VIII SMP Negeri 3 Malang 2) mendeskripsikan rancangan pembelajaran dengan memanfaatkan video Bang One sebagai sumber belajar PKn pada materi kasus korupsi dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia kelas VIII SMP Negeri 3 Malang 3) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan video Bang One sebagai sumber belajar PKn pada materi kasus korupsi dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia kelas VIII SMP Negeri 3 Malang 4) mendeskripsikan kendala yang ditemui dalam pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan video Bang one sebagai sumber belajar PKn pada materi kasus korupsi dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia kelas VIII SMP Negeri 3 Malang dan 5) mendeskripsikan cara mengatasi kendala dalam pemanfaatan video Bang One sebagai sumber belajar PKn pada materi kasus korupsi dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia kelas VIII SMP Negeri 3 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Kehadiran peneliti di lapangan adalah untuk mengumpulkan data setepat-tepatnya dari kasus yang diangkat dengan menggunakan prosedur pengumpulan data yaitu metode wawancara observasi dan dokumentasi. Lokasi Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Malang yang terletak di Jl. Dr. Cipto No.20 Telp. (0341) 362612 Malang 65111. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru PKn dan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Malang. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Sedangkan tahap-tahap penelitian meliputi tiga tahap yaitu tahap persiapan pelaksanaan dan pelaporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Alasan video Bang One dimanfaatkan sebagai sumber belajar karena tema (isi) dari video Bang One dirasa sesuai dengan SK dan KD 2). Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dibuat 2 kali pertemuan sesuai dengan SK dan KD 3). Pada pertemuan pertama video Bang One yang ditayangkan guru ada 2 buah video ditayangkan setelah guru menerangkan 2 pokok bahasan materi. Pada pertemuan kedua guru melanjutkan materi dari minggu lalu dan menayangakan 2 video Bang One kegiatan pembelajaran dimulai dari kegiatan pendahuluan-inti-penutup 4). ada 2 faktor kendala yang ditemui dalam pelaksanaan pemanfaatan video Bang One sebagai sumber belajar PKn 3 kendala dari faktor dari guru yaitu a). video Bang One memiliki beragam tema sehingga perlu pemilihan dan perumusan yang tepat mengenai tema dan materi pelajaran b). alat bantu pemutar video harus tersedia lengkap untuk itu guru harus mampu mepersiapkan dengan baik c) karakteristik video Bang One belum mampu dimanfaatkan pada semua materi pelajaran guru mencari kesesuaian karakteristik materi dengan karakteristik tema video Bang One sehingga ada hubungan tema yang diangkat video Bang One dengan materi yang dipelajari dan 2 faktor dari siswa yaitu a). durasi video yang singkat dan gambar yang lucu siswa kurang memperhatikan isi (pesan) dari video Bang One guru melakukan pengulangan pada saat penayangan video Bang One b). beberapa siswa menuliskan komentar secara asal pada pertemuan ke-dua guru menunjuk siswa secara acak untuk maju ke depan kelas membacakan komentarnya mengenai video Bang One yang telah ditayangkan dari sini diharapkan siswa tidak lagi menuliskan komentarnya secara acak. Peneliti memberi saran kepada guru PKn sebagai berikut 1). guru seyogyanya lebih kreatif dan inovatif dalam menentukan sumber belajar dengan memperhatikan karakteristik siswa 2). guru seyogyanya mempersiapkan dan memeriksa fungsi dari masing-masing peralatan yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar 3). guru seyogyanya mampu merumuskan materi pelajaran dengan karakteristik sumber belajar yang tepat dan menarik agar siswa merasa senang terhadap mata pelajaran PKn. Sedangkan untuk siswa 1). Harus bisa berdaptasi terhadap hal baru yang digunakan demi kelancaran kelangsungan proses belajar-mengajar di kelas 2). Siswa harus menjalankan tugas yang diberikan guru dengan sebaik mungkin demi tercapainya tujuan pembelajaran. Bagi pihak sekolah harus mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga proses pembelajaran dapat mecapai tujuan belajar dengan optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51720

Actions (login required)

View Item View Item