Penerapan pendidikan inklusi sebagai upaya penegakan hak asasi manusia di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Putri Wahyu Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendidikan inklusi sebagai upaya penegakan hak asasi manusia di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Putri Wahyu Kurniawati

Kurniawati, Putri Wahyu (2013) Penerapan pendidikan inklusi sebagai upaya penegakan hak asasi manusia di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Putri Wahyu Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pendidikan Inklusi Hak Asasi Manusia Pendidikan merupakan hal yang penting bagi setiap orang untuk menjamin keberlangsungan hidupnya agar lebih bermartabat dan bermanfaat. Karena itu pemerintah memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu kepada setiap warganya tanpa terkecuali termasuk mereka yang memiliki perbedaan dalam kemampuan. Seperti yang kita ketahui bahwa di dalam pendidikan inklusi termuat nilai kemanusiaan dan penegakan hak asasi manusia. Inti dari pendidikan inklusi yaitu sistem pendidikan yang terbuka menerima keberagaman dan menghargai suatu perbedaan. Secara formal menurut undang-undang dan peraturan pemerintah dapat dikatakan bahwa pendidikan inklusi merupakan suatu penegakan hak asasi manusia. Namun yang terpenting adalah bagaimana implementasi sikap pihak-pihak yang mengelola sekolah inklusi itu sendiri apakah semua pihak memiliki sikap yang postitif ramah dan tidak mendeskriminasi. SMP Laboratorium UM merupakan tujuan peneliti melakukan penelitian tentang pendidikan inklusi karena SMP laboratorium UM merupakan salah satu sekolah yang menyediakan pelayanan pendidikan inklusi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui latar belakang penerapan pendidikan inklusi di SMP Laboratorium UM (2) Mengetahui implementasi pengelola sekolah inklusi dalam upaya penegakan HAM di SMP Laboratorium UM (3) Mengetahui kendala-kendala pengelola sekolah dalam penerapan inklusi sebagai upaya penegakan HAM di SMP Laboratorium UM (4) Mengetahui upaya untuk mengatasi kendala-kendala pengelola sekolah dalam penerapan inklusi sebagai upaya penegakan HAM di SMP Laboratorium UM. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dan jenis penelitian kualitatif. Sedangkan Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisi model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa (1) latar belakang dari pendidikan inklusi di SMP Laboratorium UM awalnya merupakan ketidaksengajaan (2) Implementasi pengelola sekolah inklusi dalam upaya penegakkan hak asasi manusia dapat dilakukan di dalam kelas maupun di luar kelas inklusi (3) Kendala-Kendala Pengelola Sekolah dalam Penerapan Inklusi sebagai Upaya Penegakan HAM di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang antara lain Kendala yang Bersumber dari dapat dilihat dari 2 aspek yang pertama asek kurikulum dan yang kedua aspek saat pembelajaran berlangsung kendala yang bersumber dari siswa Kendala yang bersumber dari siswa ABK kendala yang bersumber dari Guru (4) Upaya untuk mengatasi kendala-kendala pengelola sekolah dalam penerapan inklusi sebagai upaya penegakan HAM di SMP Laboratorium UM yaitu dengan mengadakan jam pelajaran tambahan (JPT) dan perlakuan yang sama untuk semua siswa Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) Sekolah hendaknya lebih memahami lagi tentang sekolah inklusi (2) guru harus tetap sabar bila ada kendala yang dialami saat pembelajaran. Guru juga sebaiknya lebih sering memberikan pemahaman tentang perbedaan (3) siswa lebih harus saling menghormati dan tolong menolong satu sama lainnya (4) Ada baiknya bila pemerintah menambah jumlah sekolah inklusi yang ada di kota malang 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51719

Actions (login required)

View Item View Item