Pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka dalam membangun sikap nasionalisme siswa di SMP Negeri 1 Watulimo Kabupaten Trenggalek / Debrina Fajarwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka dalam membangun sikap nasionalisme siswa di SMP Negeri 1 Watulimo Kabupaten Trenggalek / Debrina Fajarwati

Fajarwati, Debrina (2013) Pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka dalam membangun sikap nasionalisme siswa di SMP Negeri 1 Watulimo Kabupaten Trenggalek / Debrina Fajarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Ekstrakurikuler Sikap Nasionalisme Pramuka. Semangat nasionalisme harus dimiliki oleh setiap warga negara khusunya oleh generasi muda sebagai penerus pembangunan bangsa namun dengan munculnya virus-virus perusak kedaulatan kemandirian serta kepribadian bangsa adalah masalah utama dalam membangun sikap nasionalisme siswa. SMP Negeri 1 Watulimo adalah salah satu sekolah berstandar nasional di wilayah Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Sekolah ini memiliki beragam kegiatan ekstrakurikuler yang dapat membantu siswa dalam membangun sikap nasionalisme siswa. Salah satunya adalah pramuka kegiatan pramuka di SMP Negeri 1 Watulimo tergolong maju terbukti dari setiap perlombaan yang diadakan baik ditingkat ranting cabang daerah maupun nasional mereka sering memperoleh juara selain itu anggota pramuka di gugus depan sering diikutkan sebagai anggota kontingen jambore yang dilaksanakan baik di cabang daerah maupun nasional. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan program ekstrakurikuler pramuka di SMP Negeri 1 Watulimo (2) mendiskripsikan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 1 Watulimo (3) mendiskripsikan kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam membangun sikap Nasionalisme melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 1 Watulimo (4) mendiskripsikan upaya mengatasi kendala dalam membangun sikap Nasionalisme melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 1 Watulimo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian yang dipilih adalah SMP Negeri 1 Watulimo. Sumber data dalam penelitian ini adalah Guru Pembina Pramuka Siswa dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah merupakan Metode analisis kualitatif. Hasil temuan penelitian menunjukkan rancangan program ekstrakurikuler pramuka adalah latihan rutin yang dilaksankan setiap hari Sabtu pukul 13.30-16.00 selain kegiatan rutin tersebut ekstrakurikuler memiliki program tambahan yaitu outbond bakti sosial dan pramuka peduli lingkungan. Pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka ini dilaksanakan sesuai dengan rancangan program yang dibuat oleh dewan penggalang dengan bimbingan pembina pramuka. Upaya yang dilakukandalam mendukung kegiatan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam rangka membangun sikap nasionalisme siswa ditunjukkan oleh pembina pramuka dengan memberikan rangkaian kegiatan yang menyenangkan selain itu untuk mendukung kegiatan di luar sekolah pembina pramuka melakukan kerjasama dengan beberapa pihak yang berhubungan dengan kegiatan kepramukaan seperti kwartir cabang Dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka mengalami beberapa kendala kendala tersebut berasala dari faktor intern maupun ekstern faktor intern yaitu siswa kurangnya minat dan motivasi siswa menjadi kendala utama karena siswa adalah subjek utama dalam kegiatan ini faktor ekstern yaitu pembina pramuka metode penyampaian materi yang kurang variatif yang didominasi dengan ceramah sehingga siswa menjadi jenuh selain itu dukungan sekolah kurang maksimal. Melihat berbagai kendala tersebut pembina pramuka dan sekolah berupaya untuk mengatasi kendala tersebut agar kegiatan ekstrakurikuler dapat mencapai tujuan yang diharapkan upaya tersebut ditunjukkan dengan memberikan sarana dan prasarana sebagai penunjang untuk pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Untuk membangun minat siswa guru dan pembina pramuka melakukan pendekatan guna memberikan arahan kepada siswa betapa pentingnya mengikuti kegiatan ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51718

Actions (login required)

View Item View Item