Efektivitas program adiwiyata sebagai upaya penanaman rasa cinta lingkungan di SMP Negeri 3 Malang / Tri Rismawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas program adiwiyata sebagai upaya penanaman rasa cinta lingkungan di SMP Negeri 3 Malang / Tri Rismawati

Rismawati, Tri (2013) Efektivitas program adiwiyata sebagai upaya penanaman rasa cinta lingkungan di SMP Negeri 3 Malang / Tri Rismawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Efektivitas Program Adiwiyata Rasa Cinta Lingkungan Adiwiyata mempunyai pengertian atau makna tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan huidup kita dan menuju cita-cita pembangunan berkelanjutan. Adiwiyata dicanangkan untuk mendorong dan membentuk sekolah-sekolah di Indonesia agar dapat turut melaksanakan upaya pemerintah menuju pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran kondisi lingkungan SMP Negeri 3 Malang sebelum adanya program Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan (SPBL) (2) program Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan (SPBL) di SMP Negeri 3 Malang (3) pelaksanaan program Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan (SPBL) di SMP Negeri 3 Malang (4) efektifitas program Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan (SPBL) di SMP Negeri 3 Malang (5) apa saja kendala dan usaha dalam mengatasi pelaksanaan program Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan (SPBL) di SMP Negeri 3 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Malang dengan objek penelitian adalah efektivitas pelaksanaan program adiwiyata (sekolah peduli dan berbudaya lingkungan). Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) kondisi lingkungan sekolah sebelum adanya program sekolah peduli dan berbudaya lingkungan dapat dilihat dari keadaan lingkungan yang ada didalam sekolah baik ruang kelas kantor kamar mandi halaman sekolah maupun lapangan sekolah. Sekolah banyak melakukan penghijauan dan menjaga kebersihan sekolah meskipun Adiwiyata masih belum diresmikan (2) Program sekolah peduli dan berbudaya lingkungan (SPBL) di SMP Negeri 3 Malang dapat dibedakan menjadi 4 (empat) bagian pertama program kebijakan sekolah antara lain visi misi dan tujuan sekolah penghematan SDA (listrik dan air) ATK dan peraturan sekolah yang mengatur kebersihan dan kesehatan program kurikulum berbasis lingkungan dapat ditemukan dalam silabus dan RPP sedangkan program kegiatan berbasis partisipatif yaitu pemberantasan sarang nyamuk (jumat bersih dan bakiak) dan Sekbid 9 dalam susunan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang terakhir adalah pengelolaan sarana prasarana sekolah berupa air bersih komposter paving block septictang tempat sampah terpisah (organik dan anorganik) biopori kebun toga dan wastafel (3) pelaksanaan SPBL di SMPN 3 Malang sebagian telah berjalan dengan baik dan membawa dampak yang positif bagi seluruh warga sekolah mengingat keberhasilan dari pelaksanaan program tidak dapat dilepaskan dari adanya dukungan dan partisipasi dari seluruh warga sekolah (4) efektivitas dari sebagian besar program telah berjalan dengan baik namun ada satu program yang masih belum dapat diefektifkan pemanfaatannya yakni komposter sekolah (5) Faktor sumber daya alam dan sumber daya manusia merupakan kendala yang dihadapi oleh sekolah dalam pelaksanaan program. Kurangnya lahan sekolah kurangnya tenaga pengurus dan kesadaran warga sekolah akan pentingnya menjaga lingkungan sekolah menjadi hal yang harus dihadapi sekolah. Hal itu telah disiasati sekolah dengan menanam tanaman dan bunga didalam pot serta memanfaatkan lahan yang ada dengan semaksimal mungkin. Kemudian menggunakan bantuan tenaga dari luar sekolah untuk merawat dan menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan juga menumbuhkan kesadaran warga sekolah akan pentingnya menjaga lingkungan sekolah. Dari penelitian ini saran-saran yang diajukan yaitu (1) agar pemanfaatan komposter dapat berjalan secara maksimal seyogyanya Kepala Sekolah lebih memperhatikan pelaksanaan program SPBL khususnya pengelolaan sarana dan prasarana sekolah (2) agar pengelolaan sarana dan prasarana sekolah dapat berjalan secara maksimal seyogyanya tenaga pendidik dan pegawai sekolah tidak menggantungkan seluruh pekerjaan kepada petugas kebersihan saja namun juga ikut berpartisipasi dalam merawat dan menjaga sarana dan prasarana sekolah dan yang terakhir agar kebersihan lingkungan sekolah dapat selalu terjaga seyogyanya seluruh warga sekolah dapat bekerja sama dalam hal menjaga lingkungan sekolah baik kebersihan maupun pengelolaan sarana dan prasarana sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51717

Actions (login required)

View Item View Item