Penerapan media pembelajaran proyektif dalam mata pelajaran PKn di SMPN 01 Poncokusumo Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang / Miftakus Saadah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media pembelajaran proyektif dalam mata pelajaran PKn di SMPN 01 Poncokusumo Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang / Miftakus Saadah

Saadah, Miftakus (2013) Penerapan media pembelajaran proyektif dalam mata pelajaran PKn di SMPN 01 Poncokusumo Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang / Miftakus Saadah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Penerapan Media Pembelajaran Proyektif Kendala dan Usaha Bekerja sebagai pengajar atau guru itu tidak semata-mata hanya sebagai penyalur antara materi yang dimiliki oleh guru kepada siswa. Guru juga dapat menggunakan media pembelajaran sebagai penyalur materi untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Media pembelajaran proyektif merupakan media yang menggunakan alat bantu seperti elektronik yang bisa digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui rancangan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran proyektif di SMPN 01 Poncokusumo Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran proyektif di SMPN 01 Poncokusumo Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. (3) Untuk mengetahui kendala yang dialami dalam penerapan media pembelajaran proyektif apabila digunakan dalam mata pelajaran PKn di SMPN 01 Poncokusumo Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. (4) Untuk mengetahui usaha dalam mengatasi kendala dalam menerapkan media pembelajaran proyektif di SMPN 01 Poncokusumo Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan deskriptif kualitatif ini didasarkan bahwa peneliti ingin memahami gambaran tentang penerapan media pembelajaran proyektif pada mata pelajaran PKn di SMPN 01 Poncokusumo. Sumber Data Utama yang dijadikan informan oleh peneliti adalah Guru PKn di SMPN 01 Poncokusumo. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara yang mendalam dan terbuka observasi langsung dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan menggunakan reduksi data penyajian data analisis perbandingan dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil temuan penelitian ditemukan bahwa (1) rancangan pembelajaran yang dilakukan oleh Guru PKn di SMPN 01 Poncokusumo dengan menggunakan media pembelajaran proyektif. Indikator yang akan dicapai tidak terlalu banyak sehingga waktu yang ada dapat dimanfaatkan dengan baik. Pemilihan media pembelajaran yang dilakukan oleh Ibu Sulis dalam penerapan media pembelajaran proyektif dalam proses belajar mengajar ini sesuai dengan materi menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat. (2) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran proyeksi dilakukan di dua tempat yeng berbeda. Pertama dilakukan di ruangan Multimedia pada kelas VII C dan yang kedua dilakukan di kelas IX A untuk proses belajar mengajar kelas VII D. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dilakukan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dibuat oleh Ibu Sulis selaku Guru PKn di SMPN 01 Poncokusumo. (3) kendala yang dihadapi yaitu ada dua faktor dari Guru dan faktor dari sarana dan prasarana. Fasilitas tidak dipergunakan secara maksimal sehingga tempat-tempat yang dilengkapi dengan media pembelajaran proyektif hanya sedikit. Selain itu kurang aktifnya guru dalam mencoba menggunakan media pembelajaran proyektif ini dikarenakan malas ketika proses belajar mengajar berlangsung. (4) Usaha yang dapat dilakukan untuk menanggulangi kendala mengenai fasilitas yang ada di SMPN 01 Poncokusumo yaitu memanfaatkan fasilitas sebaik-baiknya dengan melengkapi LCD setiap masing-masing kelas agar dalam proses belajar mengajar guru dapat memanfaatkan media tersebut dan bisa mengoperasikan tanpa harus disia-siakan keberadaannya. Berdasarkan temuan penelitian ada beberapa rekomendasi yang berhubungan dengan penerapan media pembelajaran proyektif pada mata pelajaran PKn di SMPN 01 Poncokusumo. (1) Seyogyanya Guru di SMPN 01 Poncokusumo yang kurang bisa mengoperasikan media LCD bisa belajar sedikit demi sedikit agar bisa menggunakan media pembelajaran proyektif sebagai inovasi baru dalam proses belajar mengajar. (2) Sebaiknya pihak sekolah yang menangani saran dan prasarana melengkapi media LCD disetiap kelas yang sudah disediakan oleh sekolah agar dapat dimanfaatkan oleh Guru-guru di SMPN 01 Poncokusumo. (3) Untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar sebaiknya Guru memanfaatkan fasilitas media LCD secara maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51707

Actions (login required)

View Item View Item