Septiani, Restisa Indah (2013) Pelaksanaan program pengembangan diri sebagai upaya menumbuhkan jiwa nasionalisme di SMA Negeri 1 Lawang / Restisa Indah Septiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Septiani Restisa Indah. 2013. Pelaksanaan Program Pengembangan Diri sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme di SMA Negeri 1 Lawang . Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H A Rosyid Al Atok M.Pd MH. (2) Rusdianto Umar SH.M.Hum. Kata Kunci Pengembangan diri Nasionalisme. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan diri merupakan kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran sebagai bagian integral dari kurikulum sekolah. Kegiatan pengembangan diri merupakan upaya pembentukan watak dan kepribadian peserta didik yang dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling berkenaan dengan kehidupan sosial kegiatan belajar dan pengembangan karir serta kegiatan ekstrakurikuler. Sedangkan seiring dengan semakin kompleksnya permasalahan yang sedang dihadapi saat ini terlihat rasa nasionalisme khususnya di kalangan siswa semakin memudar. Sehingga penulis tertarik untuk menjadikan SMA Negeri 1 Lawang sebagai objek penelitian mengenai Pelaksanaan Program Pengembangan Diri sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme di SMA Negeri 1 Lawang . 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui (1) Program pengembangan diri yang dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme di SMA Negeri I Lawang (2) Pelaksanaan program pengembangan diri sebagai upaya menumbuhkan jiwa nasionalisme di SMA Negeri I Lawang (3) Faktor pendukung dalam pelaksanaan program pengembangan diri sebagai upaya menumbuhkan jiwa nasionalisme di SMA Negeri I Lawang (4) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program pengembangan diri sebagai upaya menumbuhkan jiwa nasionalisme di SMA Negeri I Lawang (5) Upaya yang dilakukan dari pihak sekolah dalam mengatasi kendala guna menumbuhkan jiwa nasionalisme di SMA Negeri I Lawang. 12288 12288 12288 12288 Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian yang dipilih adalah di SMA Negeri 1 Lawang. Sumber data dalam penelitian ini adalah wakil kepala sekolah guru karyawan dan siswa dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan model analisis interaktif. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian diperoleh lima simpulan sebagai berikut (1) Program pengembangan diri yang dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme adalah kegiatan terprogram dan kegiatan tidak terprogram. Kegiatan terprogram melalui beberapa kegiatan ekstrakurikuler. Sedangkan kegiatan tidak terprogram melalui kegiatan rutin kegiatan spontan dan kegiatan keteladanan (2) Pelaksanaan program pengembangan diri yang dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme salah satunya adalah pada pelaksanaan kegiatan terprogram melalui beberapa kegiatan ekstrakurikuler yaitu Paskibra Pramuka PMR Kesenian Keolahragaan yang dilaksanakan pada setiap hari Sabtu dan wajib diikuti oleh semua siswa kelas X dan kelas XI (3) Faktor pendukung dalam pelaksanaan program pengembangan diri berasal pada kegiatan terprogram dan kegiatan tidak terprogram. Faktor pendukung pada kegiatan terprogram yaitu (a) adanya kesadaran dari dalam diri siswa (b) adanya motivasi dari pembimbing ekstrakurikuler (c) adanya sarana dan prasarana yang memadai pada beberapa bidang ekstrakurikuler Sedangkan faktor pendukung dalam kegiatan tidak terprogram yaitu (a) adanya kesadaran siswa (b) adanya motivasi guru (c) adanya aturan yang tegas (4) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program pengembangan diri ada pada kegiatan terprogram dan kegiatan tidak terprogram. Kendala pada kegiatan terprogram yaitu (a) keterbatasan tempat pada beberapa pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler (b) keterbatasan dana (c) kurangnya motivasi dari orang tua (d) pada beberapa guru kurang bisa memotivasi siswa. Sedangkan kendala kegiatan tidak terprogram yaitu (a) adanya pengaruh pergaulan siswa yang kurang baik (b) kurangnya kesadaran dari beberapa siswa (5) Upaya sekolah yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan program pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan terprogram dan kegiatan tidak terprogram. Upaya yang diberikan pada kegiatan terprogram adalah (a) adanya suatu bimbingan khusus dari pihak sekolah untuk mengarahkan siswa (b) sekolah berusaha untuk memberikan dana secara rutin kepada setiap kegiatan ekstrakurikuler (c) pihak sekolah telah berupaya untuk memberikan sosialisasi kepada orang tua siswa. Sedangkan upaya sekolah dalam kegiatan tidak terprogram yaitu (a) adanya pembuatan aturan tata tertib penghargaan (reward) dan hukuman (punishment) (b) guru senantiasa memberikan contoh dan tauladan serta memberikan motivasi yang baik kepada siwanya (c) adanya bimbingan khusus dari guru BK. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan temuan penelitian di atas saran yang diajukan yaitu (a) disarankan kepada Kepala Sekolah untuk selalu memberikan motivasi dan dukungan baik dalam segi material maupun non material kepada semua warga sekolah demi kelancaran dalam pelaksanaan program pengembangan diri guna menumbuhkan jiwa nasionalisme siswa (b) disarankan kepada Guru untuk mampu mengintegrasikan dan bisa memotivasi siswanya akan begitu pentingnya keikutkesrtaan siswa dalam pengembangan diri (c) disarankan kepada siswa untuk selalu mengembangkan dan mengindahkan sikap nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari seperti apa yang telah didapat siswa dalam pelaksanaan program pengembangan diri di sekolah (d) disarankan kepada pihak orang tua agar bisa mendorong dan memotivasi siswa untuk mengembangkan jiwa nasionalisme melalui program pengembangan diri (e) disarankan pada mahasiswa jurusan Hkn untuk meneliti lebih lanjut atau lebih dalam mengenai pengaruh pelaksanaan program pengembangan diri bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/51701 |
Actions (login required)
View Item |