Implementasi building learning commitment di UPT Pelatihan Kesehatan Masyarakat Murnajati Lawang / Iftitah Amadea Fahrudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi building learning commitment di UPT Pelatihan Kesehatan Masyarakat Murnajati Lawang / Iftitah Amadea Fahrudi

Fahrudi, Iftitah Amadea (2016) Implementasi building learning commitment di UPT Pelatihan Kesehatan Masyarakat Murnajati Lawang / Iftitah Amadea Fahrudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fahrudi Iftitah Amadea. 2016. Implementasi Building Learning Commitment di UPT Pelatihan Kesehatan MasyarakatMurnajati Lawang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hardika M.Pd (II) Sopingi S.Sos M.Pd. Kata Kunci Building Learning Commitment Implementasi Keefektifan BLC Building Learning Commitment (BLC) merupakan salah satu metode bina suasana yang digunakan untuk menciptakan suasana kondusif dan nyaman dalam pelatihan agar kegiatan pelatihan dapat berjalan lebih efektif. Mengingat pentingnya BLC dalam pelatihan maka penelitian ini dilakukan dengantujuan untuk (1) mendeskripsikan hakekat BLC (2) mendeskripsikan proses BLC dalam meningkatkan kinerja kelompok dan (3) mendeskripsikan keefektifan BLCdalam meningkatkan kinerja kelompok dalam pelatihan.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus dan lokasi penelitian di UPT Latkesmas Murnajati Lawang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui analisis interaktif dengan mengikuti model yang dikembangkan Miles dan Huberman. Hasilpenelitian ini adalah(1) hakekat BLC adalah kegiatan yang dilakukan sebelum proses pembelajaran untuk mencairkan suasana agar peserta menjadi kompak dan akrab serta membangun komitmen bersama dalam proses pembelajaran (2) proses BLC dalam meningkatkan kinerja kelompok dimulai dari peninjauan kurikulum untuk melihat materi yang disajikan selanjutnya melihat tujuan pembelajaran itu seperti apa sehingga dapat mendesain apa yang akan diberikan untuk menunjang tujuan pembelajaran tersebut. Pelaksanaan BLC dilakukan melalui proses ice breaking games dan lain sebagainya sebagai selingan untuk menghindari kebosanan peserta latih saat pelatihan berlangsung (3) keefektifan BLC dalam meningkatkan kinerja kelompok dapat dirasakan oleh peserta apabila mereka bisa enjoy happy mengikuti pelatihan sampai akhir mengerjakan tugas dengan baik terbuka kompak dengan kelompok dapat bekerja sama dan menghilangkan keegoisan dalam diri mereka selama mengikuti pelatihan. Berdasarkan hasil pembahasan diatas peneliti dapat memberikan saran kepada UPT Pelatihan Kesehatan Masyarakat Murnajati Lawang agar mempertahankan BLC dikarenakan keberadaannya terbukti efektif untuk membangun suasana pelatihan. Selain itu bagi fasilitator UPT Latkesmas Murnajati diharapkan dapat memberikan inovasi yang beragam tentang permainan kekompakan dalam BLC untuk menghindari permainan yang sama dikarenakan banyak peserta yang sudah berkali-kali mengikuti pelatihan di UPT Latkesmas Murnajati Lawang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5170

Actions (login required)

View Item View Item