Safutra, Roni Ari (2015) Pengembangan media pembelajaran interaktif "Bersyukur Atas Keberagaman" untuk siswa tunarungukelas VII SMP Luar Biasa "B" Yayasan Pendidikan Tunas Bangsa Malang / Roni Ari Safutra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Safutra Roni Ari. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Bersyukur Atas Keberagaman Pada Siswa Tunarungu Kelas VII SMP Luar Biasa B Yayasan Pendidikan Tunas Bangsa Malang. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. A.J.E. Toenlioe M.Pd (II) Dr. Agus Wedi M.Pd. Kata kunci Pengembangan Media Interaktif Anak Tunarungu Pembelajaran Tematik Perkembangan ilmu dan teknologi yang sangat pesat telah mempengaruhi kehidupan manusia dalam bidang pendidikan. Pada sekolah umumnya pemanfaatan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar mungkin sudah banyak digunakan namun berbeda dengan sekolahan untuk anak berkebutuhan khusus yang masih sedikit memanfaatkannya. Sebenarnya dengan pemanfaatan teknologi untuk kegiatan belajar mengajar anak berkebutuhan khusus sangatlah diperlukan termasuk untuk anak berkebutuhan khusus bagian B atau biasa disebut dengan kelompok anak tunarungu. SMPLB B YPTB Malang adalah salah satu dari sekian sekolah untuk anak berkebutuhan khusus tunarungu. Selain itu SMPLB B YPTB Malang juga telah mengimplementasikan kurikulum 2013 dalam proses belajar mengajar. Dari hasil observasi di sekolah menunjukkan bahwa siswa masih sulit dalam menerima materi pembelajaran tematik karena materi yang disampaikan masih dianggap membingungkan bagi siswa. Maka dibutuhkanlah alat bantu mengajar yang dapat mempermudah proses pembelajaran serta dapat menarik minat siswa pada saat mengikuti proses belajar mengajar di kelas. Oleh sebab itu dikembangkanlah media pembelajaran interaktif pada materi pembelajaran Bersyukur Atas Keberagaman. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadopsi dari model pengembangan Borg dan Gall (1983) sebagai dasar pengembangan media pembelajaran interaktif. Terdapat tujuh tahapan dalam pengembangan media pembelajaran interaktif ini yaitu (1) research and information colletion (penelitian dan pengumpulan data) (2) planning (perencanaan) (3) develop preliminary form of product (pengembangan draft produk awal) (4) preliminary field testing (uji coba awal) (5) main product revision (revisi hasil uji coba) (6) main field testing (uji lapangan produk utama) dan (7) operational product revision (revisi pemakaian produk). Hasil pengembangan media pembelajaran interaktif ini dinyatakan dalam kualifikasi valid/layak berdasarkan analisis sebagai berikut validasi ahli media 81 25% ahli materi 83 3% uji coba perorangan 88 7% dan uji coba Kelompok besar 93% Serta untuk tes evaluasi pembelajaran yang terdapat pada media pembelajaran interaktif seluruh sisea mencapai ketuntasan dalam belajar dan mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Dengan demikian media pembelajaran interaktif untuk materi pelajaran tema Bersyukur Atas Keberagaman menunjukan bahwa produk yang dikembangkan dinyatakan valid dan efektif digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran. Saran yang diajukan berdasarkan hasil pengembangan adalah sebagai berikut (1) bagi guru dan siswa hendaknya saling berkomunikasi dalam kegiatan pembelajaran serta sebelum menggunakan media pembelajaran interaktif terlebih dahulu merujuk buku petunjuk pemanfaatan media. (2) bagi sekolah hendaknya memberikan fasilitas media pembelajaran interaktif kepada siswa agar pembelajaran lebih menyenangkan (3) bagi pengembang berikutnya sebaiknya dapat mengembangkan media pembelajaran interaktif yang lebih inovatif dan menarik perhatian siswa ketika kegiatan pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Mar 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/517 |
Actions (login required)
View Item |