Pembinaan nilai-nilai kebudayaan Jawa melalui Lembaga Pendidikan Pranatacara Permadani di Kabupaten Tulungagung / Sabrina Siqtaliya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembinaan nilai-nilai kebudayaan Jawa melalui Lembaga Pendidikan Pranatacara Permadani di Kabupaten Tulungagung / Sabrina Siqtaliya

Siqtaliya, Sabrina (2013) Pembinaan nilai-nilai kebudayaan Jawa melalui Lembaga Pendidikan Pranatacara Permadani di Kabupaten Tulungagung / Sabrina Siqtaliya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pranatacara nilai-nilai kebudayaan Jawa Tulungagung Permadani (Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia) adalah organisasi sosial kemasyarakatan yang bergerak di bidang kebudayaan yang berpusat di Semarang. Permadani di Kabupaten Tulungagung merupakan cabang dari Permadani pusat yang menyelenggarakan pendidikan pranatacara di Kabupaten Tulungagung. Pranatacara merupakan pembawa acara dalam upacara adat Jawa seperti acara pernikahan yang tugas pokoknya menghantarkan memandu atau melaporkan jalannya suatu acara yang telah dirancang sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pembinaan nilai-nilai kebudayaan Jawa melalui lembaga pendidikan pranatacara di Permadani yang meliputi (1) program yang diterapkan dalam pelaksanaan pembelajaran di Permadani (2) metode yang diterapkan dalam proses pembelajaran (3) media yang digunakan dalam membentuk seorang pranatacara (4) kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran (5) upaya dalam mengatasi kendala. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dan jenis penelitiannya berupa studi kasus dalam mencari data dari informan yang terdiri dari guru dan murid di Permadani Kabupaten Tulungagung. Pengumpulan data tersebut dilakukan dengan 3 (tiga) metode yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara Reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Untuk menjamin keabsahan data yang diperoleh peneliti melakukan pengecekan data sebagai berikut perpanjangan keikutsertaan ketekunan/keajegan pengamatan triangulasi analisis kasus negatif. Berdasarkan analisis data tersebut diperoleh kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama program yang diterapkan dalam proses pembelajaran di Permadani yaitu diberikan materi yang meliputi kepermadian (hal ikhwal tentang Permadani) budi pekerti dan tata krama bahasa dan sastra Jawa kepanatacaraan renggeping wicara adat tata cara Jawa sekar lan gendhing ngedi busana lan ngadi sarira pandhuwungan sekar setaman gladhen muatan lokal. Kedua metode yang diterapkan dalam proses pembelajaran yaitu (1) metode ceramah bervariatif yaitu metode dimana seorang guru menyampaikan materi dengan ceramah dan adanya tanya jawab dan siswa antara guru (2) metode praktik. Ketiga media yang digunakan dalam proses pembelajaran bertujuan untuk mempermudah menyampaikan materi meliputi (1) buku (2) laptop dan LCD (3) sound system (4) busana lengkap adat Jawa. Keempat kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran berlangsung yaitu kendala yang dialami oleh guru meliputi (1) tidak mengerti mengenai bahasa Kawi (2) cara mengucapkan kata oleh siswa masih banyak yang salah (3) banyak siswa yang tidak masuk pada saat materi yang disampaikan dirasa cukup berat. Serta kendala yang dihadapi siswa meliputi (1) Sulit memahami bahasa Kawi (2) menghafalkan teks (3) pengaturan kecepatan berbicara sesuai dengan gendhing yang mengiringi. Kelima upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala yaitu (1) seorang guru menerangkan arti per kata dari bahasa kawi yang tidak dimengerti oleh siswa (2) guru memberikan support atau motivasi kepada siswa (3) guru langsung membenarkan kata yang salah diucapkan oleh siswa ketika materi renggeping wicara (4) saling berdiskusi dan bertukar pikiran antar guru (5) adanya penataran untuk meningkatkan profesionalitas seorang guru. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat disarankan bahwa haruslah ada dukungan atau perhatian dari pemerintah Kabupaten Tulungagung terhadap Permadani pembinaan nilai-nilai kebudayaan Jawa melalui lembaga pendidikan Pranatacara akan tetap dilaksanakan karena salah satu cara melestarikan kebudayaan Jawa serta sebagai wadah para generasi muda untuk mempelajari adat Jawa melalui kegiatan tersebut

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51698

Actions (login required)

View Item View Item