Adib, Muhammad Rohmatul (2013) Pengembangan nilai-nilai nasionalisme melalui mata pelajaran PKn di kelas VIII A SMP Negeri 1 Malang / Muhammad Rohmatul Adib. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pengembangan nilai-nilai nasionalisme mata pelajaran PKn Peranan sekolah sebagai lembaga pendidikan adalah mengembangkan potensi manusiawi yang dimiliki peserta didik agar mampu menjalankan tugas peran fungsi tujuan hidup dan kehidupan sebagai manusia baik manusia sebagai individual maupun sebagai anggota masyarakat bangsa dan warga negara. Usaha sadar untuk mengembangkan potensi itu harus dilakukan secara berencana terarah dan sistematik guna mencapai tujuan. Tujuan itu harus sejalan dengan nilai- nilai yang berakar pada kebudayaan bangsanya. Untuk itulah pendidikan formal (sekolah) di perlukan. Fungsi utama sekolah adalah meneruskan melestarikan dan mengembangkan kebudayaan sejalan dengan dinamika jaman. Dapat disimpulkan bahwa isi pendidikan adalah kebudayaan. Tugas sekolah tidak berhenti pada mencerdaskan bangsa tapi juga nation and character building. Karena itulah nilai-nilai nasionalisme tidak hanya penting mendesak melainkan strategis fundamental . Secara tegas itu terumus dalam sila Persatuan Indonesia. Nilai-nilai substansial nasionalisme bagaimana mengembangkannya secara khusus di SMP merupakan pokok hal penting dalam pembentukan watak bangsa. Dalam upaya mengkaji hal pokok itu maka memerlukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan strategi pengembangan nilai-nilai nasionalisme di kelas VIII A SMP Negeri 1 Malang (2) mendiskripsikan metode pembelajaran nilai nasionalisme di kelas VIII A SMP Negeri 1 Malang (3) mendiskripsikan apa saja kendala-kendala yang di hadapi dalam pengembangan nilia-nilai nasionalisme di kelas VIII A SMP Negeri 1 Malang (4) mendiskripsikan upaya mengatasi kendala-kendala yang ada dalam pengembangan nilai-nilai nasionalisme di kelas VIII A SMP Negeri 1 Malang (5) mendiskripsikan prospektif pengembangan nilai nasionalisme di SMP Negeri 1 Malang. Penelitian ini bersifat kualitatif berusaha mendapatkan informasi selengkap mungkin mengenai pengembangan nilai-nilai nasionalime melalui mata pelajaran Pkn di kelas VIII A SMP N 1 Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif diskriptif. sedangkan prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah-langkah pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa pengembangan nilai-nilai nasionalisme melalui mata pelajaran PKn yaitu pada perencanaan stategi pembelajaran dan metode pembelajaran. Langkah-langkah Pemilihan Strategi pengembangan nilai-nilai nasionalisme di kelas VIII A SMP Negeri 1 Malang yaitu melalui perencanaan pembelajaran yang terdiri dari menentukan strategi pembelajaran menyesuaikan materi dengan waktu pembelajaran dan merencanakan indikator pencapaian kompetensi setelah itu baru menyusun RPP sesuai dengan strategi yang telah dipilih. Selanjutnya cara menyisipkan nilai-nilai nasionalisme dalam proses belajar adalah dengan pemahaman siswa dibawa kepada contoh-contoh yang mencerminkan nilai-nilai nasionalisme Metode pembelajaran yang digunakan dalam menumbuh kembangkan nilai-nilai nasionalisme di SMPN 1 Malang adalah menggunakan metode pembelajaran sosio drama diskusi dan proplem solving. Prospektif pengembangan nilai-nilai nasionalisme di SMP Negeri 1 Malang ini sudah tercermin di dalam visi sekolah. Selain menerapkan metode-metode pembelajaran di dalam kelas SMP Negeri 1 Malang ini juga memiliki kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler yang juga mampu meningkatkan nilai-nilai nasionalisme pada diri siswa seperti ekstrakulikuler karawitan. Ekstrakulikuler karawitan ini bertujuan menanamkan nilai-nilai nasionalisme lewat melestarikan budaya bangsa. Ada juga ekstrakulikuler PMR Pramuka PASKIBRA yang lansung berhubungan dengan upacara bendara. Ada juga ekstrakulikuler paduan suara yang juga mampu menanamkan nilai nasionalisme siswa lewat kegiatannya menyayikan lagu-lagu wajib nasional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/51697 |
Actions (login required)
View Item |