Kompetensi kepribadian guru pendidikan kewarganegaraan yang menjadi suri teladan menurut siswa kelas XI di SMA Negeri 02 Batu / Debby Arieangga Gerry - Repositori Universitas Negeri Malang

Kompetensi kepribadian guru pendidikan kewarganegaraan yang menjadi suri teladan menurut siswa kelas XI di SMA Negeri 02 Batu / Debby Arieangga Gerry

Gerry, Novika (2013) Kompetensi kepribadian guru pendidikan kewarganegaraan yang menjadi suri teladan menurut siswa kelas XI di SMA Negeri 02 Batu / Debby Arieangga Gerry. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gerry Novika. 2013. Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Kewarganegaraan Yang Menjadi Suri Teladan Menurut Siswa Kelas XI di SMA Negeri 02 Kota Batu. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Drs. H. Suparman AW SH. M. Hum. (II) Dra. Sri Untari M.Si Kata Kunci Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Kewarganegaraan. 12288 12288 12288 12288 Seorang guru hendaknya memiliki kompetensi kepribadian yang baik karena guru memiliki andil besar dalam proses pendidikan. Guru yang memiliki kompetensi kepribadian baik akan banyak berpengaruh baik terhadap perkembangan siswa terutama mental dan spiritualnya. Apalagi jika menjadi seorang Guru Pendidikan Kewarganegaraan maka harus dapat memanfaatkan fungsinya sebagai penuntun moral sikap serta memberi dorongan kearah yang lebih baik agar dapat menjadi teladan bagi peserta didik. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pendapat siswa mengenai kompetensi kepribadian yang dimiliki oleh Guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 02 Batu. (2) Mendeskripsikan kompetensi kepribadian guru Pendidikan Kewarganegaraan yang diteladani oleh siswa kelas XI di SMA Negeri 02 Batu. (3) Mendeskripsikan penerapan kompetensi kepribadian guru Pendidikan Kewarganegaraan yang diteladani oleh siswa kelas XI di SMA Negeri 02 Batu. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrument manusia yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. 12288 12288 12288 12288 Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) Berdasarkan pendapat siswa kelas XI kompetensi kepribadian yang dimiliki oleh Guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 02 Batu yakni kepribadian disiplin demokratis penyabar tenggang rasa dan berwawasan luas. (2) Kompetensi kepribadian Guru Pendidikan Kewarganegaraan yang diteladani oleh siswa kelas XI di SMA Negeri 02 Batu yaitu disiplin dalam menjalankan kesepakatan yang telah diatur bersama demokratis ketika proses belajar mengajar sikap penyabar dalam membimbing siswa tenggang rasa dalam membina hubungan antara guru dan siswa serta guru yang wawasan luas di luar materi pelajaran. (3) Penerapan kompetensi kepribadian guru Pendidikan Kewarganegaraan yang diteladani oleh siswa kelas XI di SMA Negeri 02 Batu meliputi kepribadian disiplin dengan cara datang tepat waktu ketika kegiatan ekstrakurikuler demokratis dalam forum di kelas penyabar dalam mengerjakan soal-soal ulangan tenggang rasa dengan sesama teman dan berwawasan luas dengan cara menjadi tentor dalam kegiatan les privat. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan peneliti maka ada beberapa rekomendasi yang berhubungan dengan kompetensi kepribadian Guru Pendidikan Kewarganegaraan yang menjadi suri teladan bagi siswa. (1) Dalam kegiatan belajar mengajar dikelas Guru Pendidikan Kewarganegaraan seyogyanya mengimplementasikan beberapa indikator kompetensi kepribadian guru yang masih belum terlihat oleh siswa dalam pengelihatannya. Indikator tersebut meliputi beriman dan bertaqwa berakhlak mulia arif dan bijaksana mantap berwibawa stabil dewasa jujur sportif menjadi teladan bagi masyarakat secara obyektif mengevaluasi kinerja sendiri. (2) Guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 02 Batu seyogyanya mempertahankan kompetensi kepribadiannya yang terdapat pada indikator kompetensi kepribadian yakni kepribadian disiplin kepribadian demokratis kepribadian penyabar kepribadian tenggang rasa dan kepribadian berwawasan luas yang telah diteladani oleh siswa. (3) Guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 02 Batu seyogyanya senantiasa berusaha meningkatkan kompetensi kepribadiannya yang telah diteladani oleh siswa kearah indikator kompetensi kepribadian yang belum diteladani oleh siswa. Sehingga dengan demikian seorang Guru Pendidikan Kewarganegaraan akan memiliki ciri khas yang membedakan dengan guru mata pelajaran lain bahkan akan membedakannya dengan profesi lain diluar guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51687

Actions (login required)

View Item View Item