Implementasi budaya sadar hukum dalam rangka pendidikan karakter siswa di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Ananda Wahyu Satria - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi budaya sadar hukum dalam rangka pendidikan karakter siswa di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Ananda Wahyu Satria

Satria, Ananda Wahyu (2013) Implementasi budaya sadar hukum dalam rangka pendidikan karakter siswa di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Ananda Wahyu Satria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Budaya Sadar Hukum Pendidikan Karakter. Budaya sadar hukum adalah adanya kepedulian masyarakat dalam penegakan supremasi hukum dimana hal tersebut diterapkan dalam perilaku-perilaku keseharian masyarakat untuk menjunjung tinggi hukum dalam kehidupan. Kesadaran masyarakat atas hukum akan mewujudkan suatu kepatuhan hukum atau ketaatan hukum yang akan diiringi dengan terciptanya suatu ketertiban umum. Budaya sadar hukum harus mulai ditumbuhkan sejak dini dalam diri setiap siswa. Pendidikan Karakter adalah suatu usaha sadar dalam mengembangkan potensi siswa agar mampu menghayati nilai-nilai yang menjadi kepribadian siswa dalam bergaul di sekolah masyarakat dan mengembangkan kehidupan bangsa yang mencerminkan perilaku yang berbudi pekerti luhur. Berdasarkan hal tersebut maka perlu diadakan penelitian mengenai implementasi budaya sadar hukum dalam rangka pendidikan karakter siswa tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui (1) upaya-upaya yang dilaksanakan oleh SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang dalam menanamkan budaya sadar hukum dalam rangka pendidikan karakter siswa (2) dampak dari upaya SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang dalam menumbuhkan budaya sadar hukum dalam rangka pendidikan karakter siswa serta (3) hambatan-hambatan yang dialami oleh pihak sekolah serta upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam mengatasi berbagai hambatan yang muncul dalam penanaman budaya sadar hukum dalam rangka pendidikan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pada penelitian deskriptif ini peneliti berusaha untuk menggambarkan bagaimana penerapan budaya sadar hukum bagi pendidikan karakter siswa. Melalui jenis penelitian ini data yang telah terkumpul baik berupa kata-kata gambar wawancara atau dokumentasi akan disusun secara sistematis akurat dan faktual. Hal tersebut untuk memberikan penjelasan secara terperinci dan sesuai dengan realita yang ada tanpa adanya rekayasa. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa Upaya SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang dalam menanamkan budaya sadar hukum dalam rangka pendidikan karakter siswa dilaksanakan melalui beberapa cara yaitu (1) peraturan tata tertib siswa dan (2) kegiatan-kegiatan sekolah yang wajib diikuti siswa seperti shalat Dhuhur berjamaah (3) shalat Jumat serta (4) ekstrakurikuler khususnya Pramuka. Dampak dari upaya SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang dalam menumbuhkan budaya sadar hukum dalam rangka pendidikan karakter siswa dapat dibagi menjadi beberapa hal yaitu (1) terciptanya kedisiplinan dalam diri siswa (2) semakin tegaknya peraturan tata tertib siswa yang berlaku (3) terwujudnya suasana belajar yang kondusif serta (4) meningkatnya prestasi belajar siswa. Hambatan yang dihadapi SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang dalam menumbuhkan budaya sadar hukum dalam rangka pendidikan karakter siswa ada beberapa hal antara lain yaitu (1) kurangnya pemahaman siswa akan pentingnya peraturan tata tertib sekolah (2) peraturan tata tertib yang kurang tegas (3) kurangnya perhatian orang tua pada siswa dan (4) lingkungan pergaulan siswa yang kurang baik. Adapun upaya-upaya yang dilakukan SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang untuk mengatasi hambatan yang muncul antara lain yaitu (1) pelaksanaan upacara bendera (2) bimbingan wali kelas (3) program bimbingan dan konseling (4) pertemuan orang tua siswa serta (5) pendidikan karakter dalam kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51685

Actions (login required)

View Item View Item