Rizky, Diah (2013) Penerapan pendidikan karakter bagi siswa melalui kegiatan "Jum'at Sejati" di MTS Negeri Prigen Kabupaten Pasuruan / Diah Rizky. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci penerapan pendidikan karakter kegiatan Jum at Sejati Penerapan pendidikan karakter di sekolah merupakan suatu solusi untuk meminimalisir terjadinya perilaku menyimpang pada diri seseorang. Hal tersebut mendorong MTs Negeri Prigen Kabupaten Pasuruan berupaya untuk mewujudkan penerapan pendidikan karakter bagi siswa melalui kegiatan Jum at Sejati . Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan pembahasan lebih lanjut mengenai kegiatan Jum at Sejati di MTs Negeri Prigen tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup (1) perencanaan program Jum at Sejati di MTs Negeri Prigen (2) pelaksanaan program Jum at Sejati di MTs Negeri Prigen (3) proses penerapan pendidikan karakter bagi siswa melalui program Jum at Sejati di MTs Negeri Prigen (4) faktor penghambat dalam pelaksanaan program Jum at Sejati di MTs Negeri Prigen (5) cara mengatasi hambatan dalam pelaksanaan program Jum at Sejati di MTs Negeri Prigen. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui pengamatan (observation) dokumentasi (documentation) dan wawancara. Subjek penelitian adalah kepala sekolah guru dan siswa. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data display data (penyajian data) kemudian penarikan kesimpulan/verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil sebagai berikut Pertama perencanaan kegiatan Jum at Sejati dilakukan dengan membuat jadwal pelaksanaan dan jadwal piket guru pembimbing. Kedua pelaksanaan kegiatan Jum at Sejati diawali dengan kegiatan keagamaan berupa sholat dhuha berjamaah doa bersama dan kultum serta Qur anisasi dilanjutkan kegiatan ekstrakurikuler dan yang terakhir adalah kegiatan pendidikan LSBM (Lesson Study Berbasis Madrasah). Pelaksanaan kegiatan Jum at Sejati dilakukan rutin setiap hari Jum at yang dikhususkan untuk kegiatan pengembangan diri. Ketiga proses penerapan pendidikan karakter bagi siswa melalui kegiatan Jum at Sejati dilakukan dengan menyisipkan nilai-nilai pendidikan karakter pada setiap kegiatan life skills. Keempat faktor penghambat dalam pelaksanaan kegiatan Jum at Sejati diantaranya adalah keterbatasan sarana prasarana waktu pelaksanaan pembimbing kegiatan dan partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan Jum at Sejati . Kelima upaya yang dilakukan pihak madrasah dalam menangani hambatan tersebut diantaranya adalah (1) melakukan kerjasama dengan berbagai pihak baik dari dalam madrasah maupun dari luar madrasah (2) menambah jam pelaksanaan (3) merekrut pelatih dari luar madrasah dan (4) madrasah membuat kegiatan yang menarik untuk memotivasi keikutsertaan siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/51684 |
Actions (login required)
View Item |