Upaya menanamkan nilai-nilai sila kemanusiaan yang adil dan beradab kepada siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Kediri 3 / Asma'ul Mufida - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya menanamkan nilai-nilai sila kemanusiaan yang adil dan beradab kepada siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Kediri 3 / Asma'ul Mufida

Mufida, Asma'ul (2013) Upaya menanamkan nilai-nilai sila kemanusiaan yang adil dan beradab kepada siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Kediri 3 / Asma'ul Mufida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Sila Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Masyarakat Jawa telah mengajarkan banyak tauladan kepada bangsa Indonesia untuk dapat memanusiakan manusia diantaranya adalah tauladan tentang Tepo Sliro yang artinya mempertimbangkan perasaan orang lain Tat Twam Asi yang artinya aku adalah engkau engkau dan aku adalah sama Ojo Ngendak Gunaning Liyan yang artinya jangan menghina apa yang dimiliki orang lain dan Ojo Dumeh yang artinya jangan mentang-mentang. Hal ini sangat dijunjung tinggi oleh bangsa Indonesia agar terciptanya kehidupan yang rukun dan harmonis. Manakala seseorang sedang tertimpa masalah maka upaya penyelesaiannya adalah dengan pendekatan kemanusiaan yang adil dan beradab. Berakar pada kodrat manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa sebagai makhluk individu sekaligus makhluk sosial maka penghayatan dan pengamalan Pancasila akan ditentukan oleh manusia itu sendiri dalam mengendalikan diri dan kepentingannya agar dapat melaksanakan kewajibannya sebagai warga negara dan warga masyarakat serta mamperoleh apa yang telah menjadi haknya. Penghayatan dan pengamalan pancasila dapat dilakukan pada seluruh aspek lingkungan kehidupan. Di lingkungan sekolah misalnya penanaman nilai-nilai pancasila tidak hanya dapat diberikan melalui mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas namun juga dapat di maksimalkan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan pendidikan di luar jam pelajaran yang ditujukan untuk membantu perkembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan potensi bakat dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui (1) bentuk kegiatan ekstrakurikuler pramuka di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Kediri 3 dalam menanamkan nilai-nilai sila kemanusiaan yang adil dan beradab (2) cara menanamkan nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Kediri 3 (3) kendala dari kegiatan ekstrakurikuler pramuka di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Kediri 3 dalam menanamkan nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab pada siswa (4) upaya mengatasi kendala dalam menanamkan nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Kediri 3. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan (observasi) wawancara (interview) dan dokumentasi. Dipilihnya Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Kediri 3 sebagai ii tempat penelitian adalah karena Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Kediri 3 merupakan salah satu sekolah favorit di wilayah karesidenan Kediri yang terkenal dengan kegiatan ekstrakurikulernya. Salah satu ekstrakurikuler berkualitas dan telah memenangkan banyak lomba baik lokal regional maupun nasional adalah ekstrakurikuler pramuka. Hasil temuan dari penelitian ini adalah yang pertama bentuk kegiatan ekstrakurikuler pramuka di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Kediri 3 dalam menanamkan nilai-nilai sila kemanusiaan yang adil dan beradab adalah dengan bina diri dan bina masyarakat. Kegiatan bina diri kepada anggota pramuka di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Kediri 3 yaitu dikembangkan melalui kegiatan perkemahan perlombaan dan penyelenggaraan kegiatan-kegiatan lain. Bentuk kegiatan bina masyarakat yang dilakukan oleh ekstrakurikuler pramuka Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Kediri 3 adalah melalui kegiatan bakti sosial bedah rumah serta penyuluhan terhadap masyarakat. Kedua cara menanamkan nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Kediri 3 adalah dengan pendidikan kepramukaan dengan sistem among penanaman serta penerapan kode kehormatan pramuka yang terdiri dari Trisatya dan Dasadarma Ujian kepramukaan dan memberikan tauladan. Ketiga kendala-kendala yang dihadapi dalam upaya menanamkan nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Kediri 3 antara lain keadaan internal anggota yang tidak mau bersusah payah suka segala sesuatu yang bersifat instan ingin bebas manja sehingga tidak mau terikat dalam kepramukaan keaktivan anggota kesibukan anggota diluar pramuka baik di ekstrakurikuler lain maupun kesibukan akademis kurangnya penguasaan serta penyampaian materi Kurangnya kapasitas pembimbingan maupun pendampingan serta perbedaan kemampuan anak dalam menyerap materi. Dan keempat Upaya mengatasi kendala dalam menanamkan nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Kediri 3 antara lain dengan melakukan pendekatan keanggotaan memvariasi kegiatan agar tidak membosankan peningkatan kualitas pembina pemateri dan mengembangkan materi dan yang terakhir dengan memberikan motivasi dan pendampingan. Saran yang dapat peneliti berikan dalam penelitian ini adalah perlunya peningkatan perhatian terhadap ekstrakurikuler pramuka dari pihak Ketua Harian Mabigus beserta anggota dan Ketua Mabigus yang sebelumnya dirasa kurang maksimal penambahan jumlah pembina yang ahli dibidang kepramukaan serta menjadikan pramuka sebagai ekstrakurikuler yang tidak lagi menginduk kepada OSIS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51682

Actions (login required)

View Item View Item