Pembelajaran PKN dengan menggunakan media VCD interaktif (BSE) sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX di SMPN 1 Pucanglaban Kabupaten Tulungagung / Sabrina Peggysari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran PKN dengan menggunakan media VCD interaktif (BSE) sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX di SMPN 1 Pucanglaban Kabupaten Tulungagung / Sabrina Peggysari

Peggysari, Sabrina (2013) Pembelajaran PKN dengan menggunakan media VCD interaktif (BSE) sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX di SMPN 1 Pucanglaban Kabupaten Tulungagung / Sabrina Peggysari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Media VCD Interaktif (BSE) PKn Upaya Meningkatkan Hasil Belajar. Sebagai suatu sistem pembelajaran melibatkan berbagai komponen proses pembelajaran yang semakin kompleks. Salah satu komponen tersebut adalah media. Media pembelajaran merupakan penyampai informasi dari guru kepada siswa. Media merupakan komponen integral dalam proses pembelajaran. VCD interaktif merupakan sebuah media yang berisikan format multimedia didalam satu rangkaian sistematis didalam hardwere berupa CD (Compac Disk) dengan tujuan interaktif didalamnya. Salah satu jenis VCD interaktif ini adalah Buku Sekolah Elektronik (BSE). Buku sekolah elektronik ini berisi materi animasi gambar dan musik. Fungsi dari media adalah menekan angka noise (gangguan tak terencana dalam komunikasi sebagai akibat diterimanya pesan lain dari komunikan yang berbeda dengan pesan yang disampaikan oleh komunikator kepadanya) dan Barries (penafsiran yang kurang berhasil atau yang tidak berhasil atau gagal disebabkan oleh adanya kekurang berhasilan atau kegagalan dalam memahami segala sesuatu yang didengar dibaca dilihat dan diamati) menciptakan situasi belajar yang kondusif dan memberikan motivasi kepada siswa agar lebih tertarik dengan pembelajaran PKn. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendiskripsikan beberapa hal yang mencakup kesesuaian Kompetensi Dasar dan Indikator langkah-langkah pemggunaan media VCD interaktif (BSE) pelaksanaan pembelajaran PKn menggunakan VCD Interaktif (BSE) penggunaan media VCD Interaktif (BSE) dapat meningkatkan hasil belajar kendala yang dihadapi saat menggunakan media VCD Interaktif (BSE) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam penggunaan media VCD Interaktif (BSE) pada kelas IX SMPN 1 Pucanglaban. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif untuk menjawab pertanyaan diatas. Dalam hal ini peneliti adalah instrumen utama. Data penelitian ini adalah berupa penjelasan dan pemaparan oleh guru mata pelajaran PKn dan siswa kelas IX di SMPN 1 Pucanglaban. Pengumpulan data dilaksanakan dengan dokumentasi pedoman wawancara dan catatan lapangan. Dalam penelitian ini triangulasi sumber data teori dan metodologi digunakan untuk mengecek keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajarn kompetensi dasar dan indikator yang disusun dalam Silabus dan RPP kurang ditaati namun pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan media VCD Interaktif (BSE) berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Dibuktikan dengan nilai siswa dari nilai sebelum menggunakan media VCD Interaktif (BSE) sampai nilai siswa setelah menggunakan media VCD Interaktif (BSE) mengalami peningkatan yang i siknifikan. Pembelajaran menggunakan media VCD interaktif (BSE) di SMPN 1 Pucanglaban memiliki kendala teknis dan nonteknis. Kendala teknis ini adalah kendala sarana dan prasarana yang belum memadai. Seperti kelas yang belum memiliki aliran listrik sehingga kelas harus dipindahkan ke laboratorium biologi. Ketersediaan LCD yang hanya berjumlah 2 unit menuntut guru untuk bergantian menggunkan multimedia. Upaya yang telah dilakukan sekolah adalah meminta bantuan kepada DIKNAS dan Kepada Komite sekolah. Pemerataan dalam hal sarana dan prasarana menjadi satu tugas penting bagi pemerintah. Agar penyelenggaraan pembelajaran berbasis IT dapat terselenggarakan dengan maksimal. Selain sarana dan prasarana hendaknya guru sebagai motivator manager dan fasilitator selalu belajar dan mengembangan dirinya. Agar pembelajaran bisa lebih menarik dan selalu menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/51678

Actions (login required)

View Item View Item